Himtara UMN Mengadakan Studi Banding Bersama SMF Perakaunan UiTM Malaysia
April 10, 2021DQLab Universitas Multimedia Nusantara Memberikan Beasiswa Belajar Data Science Gratis Melalui Program Bootcamp selama 7 Hari
April 12, 2021TANGERANG – PR and IDEAS Universitas Multimedia Nusantara (PRIDE UMN) menggelar webinar bertajuk “Create Brand Communication Strategy” via Zoom, Senin (12/4/21). Terkait tema ini, PRIDE UMN mengundang Associate Planner Director di Hakuhodo Indonesia, Rian Prabana sebagai narasumber. Dalam kesempatan ini, Rian membagikan pengalamannya untuk membangun strategi komunikasi dalam sebuah penjenamaan dan membuat Intergrated Marketing Campaign (IMC).
Menurut Rian, hal dasar yang harus diketahui saat ingin membuat strategi komunikasi jenama adalah apa yang ingin diubah. Rian menjelaskan yang diubah dalam konteks ini biasanya adalah perilaku – dari yang tidak melakukan sesuatu, akhirnya dapat mendorong masyarakat untuk melakukan sesuatu.
Meskipun demikian, Rian mengaku ada tantangan dalam menciptakan strategi komunikasi jenama ini. Ia mengatakan masyarakat cenderung tidak peduli tentang jenama dan komunikasi yang dilakukan.
“Kalau lo mau membuat mereka peduli, jangan memberikan informasi atau trying to educate them. Karena mereka merasa, ‘Gua enggak peduli. Ngapain lo ngasih info itu dan ngapain lo trying to educate gua’. Yang bisa kalian lakukan adalah reframing, persuade, and do a storytelling,” papar Rian.
Terkait itu, Rian menjelaskan pentingnya untuk mengenali target audiensnya terlebih dahulu. Dalam hal ini, khalayak tidak dipandang sebagai konsumen, tetapi dipandang sebagai manusia yang memiliki berbagai motivasi dan keinginan di kehidupannya. Karena itu, Rian juga mengungkapkan pentingnya untuk mengetahui keinginan terdalam dari audiens yang ditargetkan. Ia pun mencontohkan beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti melakukan riset, memperbanyak sosialisasi, melakukan social media listening, dan lain sebagainya.
“You can do whatever things, but you need to find what is the deepest desire orang-orang yang mau lo targetin. Dan lo harus addressing to make them notice and put attention to your communication and your brand gitu,” jelas Rian.
Baca juga Webinar FIKOM UMN: Kekuatan Komunikasi Persuasif dan Tipsnya
Selain itu, Rian juga menjelaskan cara menurunkan ide besar ke dalam sebuah kampanye yang lebih terintegrasi. Secara umum, Rian menyarankan untuk menentukan ide atau narasinya terlebih dahulu. Kemudian, tahap selanjutnya adalah menentukan target audiens dan memilih medium yang tepat untuk menjangkau target yang diinginkan. Beberapa medium yang dapat digunakan, seperti menggunakan jasa influencer, agensi media, dan lain sebagainya.
Di akhir sesi webinar, Rian juga memaparkan beberapa pola pikir yang dapat dibangun saat membuat strategi komunikasi ataupun kampanye terintegrasi. Pola pikir itu mulai dari berorientasi pada motivasi khalayak yang ditargetkan, menjadi pemecah masalah, berpikir unik, memperluas perspektif, mengikuti tren, dan lain sebagainya.
“Dan yang terakhir, yang paling penting adalah don’t grow up, ya, Guys. Yang masih muda di sini. It’s a trap. Karena menurut gua ketika lo udah grow up, mindset lu akan menjadi sangat sistematis dan lo tidak liar lagi,” tutup Rian.
Sebagai informasi, PRIDE UMN adalah acara tahunan yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara sejak 2015. Tujuan PRIDE UMN diselenggarakan adalah membangun ikatan antarmahasiswa di Prodi Komunikasi Strategis UMN. Selain itu, PRIDE UMN juga selalu berkolaborasi dengan agensi-agensi ternama sehingga juga membuka peluang magang bagi mahasiswa UMN di semester enam.
Adapun pada 2021 ini, PRIDE UMN mengusung tema “New Normal, New Ideas”. Melalui tema ini, PRIDE UMN juga menyelenggarakan berbagai lomba, seperti membuat Intergrated Marketing Campaign (IMC), membuat Marketing Public Relation (MPR), membuat iklan dalam bentuk podcast, dan membuat e-poster.
By Melinda Chang | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id