Penandatanganan MoU antara Universitas Multimedia Nusantara dengan Universitas Esa Unggul
Maret 26, 2021Webinar Career Day 2021: Powerful Job Interview
Maret 31, 2021TANGERANG – Kehadiran pandemi Covid-19 telah menciptakan kebiasaan baru, yaitu pelaksanaan aktivitas yang serba digital. Dalam dunia pemasaran juga terdapat tren baru, yaitu digital marketing. CEO di Future Mediatrix, Thomas Joseph pun menjelaskan bahwa dalam memahami digital marketing diperlukan fondasi berupa digital thinking. Hal ini dibahas dalam webinar bertajuk “Digital Thinking” yang diselenggarakan oleh CDC UMN dan Kormo Jobs Google via Zoom pada Senin sore (29/3).
“Jadi, banyak sekali orang belajar digital marketing, tapi enggak tahu fondasinya. Jadi, untuk berkembang sulit karena mereka enggak paham cara kerja digital dan orang banyak takut dengan digital marketing. Padahal sebenarnya kalau kita tahu, digital marketing itu semakin mudah, semakin manusiawi,” ungkap Thomas.
Digital marketing adalah upaya pemasaran yang memanfaatkan media digital. Thomas pun mengatakan terdapat dua saluran yang paling sering digunakan untuk digital marketing, yaitu Search Engine Marketing dan Social Media Marketing. Thomas menjelaskan bahwa kedua hal ini memiliki perbedaan fungsi. Menurut Thomas, search engine berfungsi membantu audiens untuk menemukan situs secara organik saat sedang aktif mencari. Sementara itu, social media membantu audiens untuk menemukan kita sebagai konten kreator, walaupun audiens sedang tidak aktif mencari.
Dalam kesempatan ini, Thomas juga memberikan beberapa tips untuk meningkatkan trafik, baik melalui search engine maupun media sosial. Terkait search engine, Thomas memaparkan bahwa kita dapat membuat page title yang berbeda dengan menyesuaikan konten di setiap halaman situs, memperbaiki page authority – mengunggah konten dengan konsisten, orisinal, dan berkualitas – dan membuat back link.
“Back link ini ibaratnya web itu manusia. Otomatis web yang bagus adalah web yang diberikan rekomendasi oleh orang lain atau website lain. Semakin banyak orang yang rekomen, kita semakin dipercaya. Tapi, bukan cuman itu, siapa yang kasih rekomen juga penting,” jelas Thomas.
Baca juga Sharing Session CDC UMN: Wujudkan Aksi Nyata dengan Kampanye Berbasis Digital
Kemudian untuk media sosial, Thomas hanya memberikan tips optimasi Instagram. Salah satu yang dipaparkan Thomas adalah dengan memanfaatkan algoritma rekomendasi berantai. Beberapa cara pemanfaatan rekomendasi berantai di Instagram, antara lain membuat konten dengan topik yang konsisten, membuat konten yang dapat menarik influencer, mem-follow akun influencer yang memiliki konten serupa dengan akun kita, dan mengajak influencer untuk berkolaborasi setelah ia mengikuti akun kita.
Terakhir, Thomas juga memberikan rumus untuk membuat konten yang menarik di Instagram. Rumusnya adalah 3H (Hero, Hub, Help). Hero content ini dapat berupa trending topic, sesuatu yang kerap dibagikan oleh audiens (shareable), dan sesuatu yang mendorong interaksi dengan audiens (call to action). Sementara itu, hub content adalah konten yang dapat menjelaskan siapa kita.
“Lalu, help adalah konten-konten yang bermanfaat dan bisa membantu target audiens kita. Help content ini harus lebih banyak karena ini banyak dibutuhkan,” jelas Thomas.
Sebagai informasi, webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari “UMN Virtual Career Day 2021”. Acara “UMN Virtual Career Day 2021” merupakan kegiatan rekrutmen atau bursa kerja yang diselenggarakan secara daring oleh CDC UMN bersama Kormo Jobs App by Google Indonesia. Acara ini diramaikan oleh lebih dari 100 perusahaan yang tersebar di wilayah DKI Jakarta dan Tangerang. Tidak hanya rekrutmen magang dan full time, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai webinar yang menghadirkan beragam pembicara dari praktisi perusahaan. Acara rekrutmen dan webinar ini dilaksanakan mulai dari 29-31 Maret 2021.
by Melinda Chang – UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id