Persiapan Mahasiswa Berkarir Menjadi Praktisi Data, Incaran di Era Digital
Februari 17, 2022UMN Consulting Mempresentasikan Penelitian Mereka Tentang Gaya Hidup dan Kebiasaan Belanja Gen Z
Februari 21, 2022TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Consulting bekerja sama dengan JEO Kompas.com meluncurkan artikel perdananya bertajuk “Menilik Gaya Gen Z Berbelanja”. Artikel yang dirilis pada Sabtu (29/1/22) ini merupakan proyek penelitian garapan dosen manajemen UMN Elissa Dwi Lestari, dosen manajemen UMN Nosica Rizkalla, dan peneliti profesional Astri Wulandari Lelono.
“Saya bergabung dengan proyek penelitian gen Z karena terbukanya kesempatan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMN untuk melakukan riset industri, di mana UMN Consulting merupakan mitra. Dari situ saya memasukkan proposal penelitian sebagai researcher untuk ‘White Paper Project UMN Consulting’ dengan topik ‘Generation Z Life Style and Consumption’,” kata Elissa.
UMN Consulting adalah lembaga penelitian independen yang memfasilitasi kepakaran Universitas Multimedia Nusantara supaya semakin dekat dengan kebutuhan praktis. Elissa mengungkapkan kolaborasi bersama UMN Consulting ini menjadi pengalaman berharga. Melalui proyek ini, ia dan timnya mampu menghasilkan penelitian yang berdampak dan berkontribusi secara nyata untuk industri.
Penelitian “Menilik Gaya Gen Z Berbelanja” ini berfokus pada tujuh hal, antara lain konsep diri, nilai, aspirasi, hobi, kebiasaan konsumsi, preferensi belanja, dan preferensi merek. Dari aspek-aspek tersebut, Elissa dan timnya ingin menjawab pendekatan yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola bisnis untuk menjual produk ke generasi Z.
“Secara khusus, kenapa penelitian ini bermanfaat karena generasi Z merupakan kelompok konsumen terbesar di masa depan. Karena secara populasi, mereka telah menggeser millenial,” jelas Elissa.
Baca juga 11 Mahasiswa UMN Bergabung dalam “GEN Z Innovator Search Program”
Diwawancara secara terpisah, Manager UMN Consulting Albertus Magnus Prestianta mengatakan bahwa generasi Z memang menjadi fokus utama dari target penelitian di UMN Consulting. Menurutnya, generasi muda selalu mempunyai cara dan gagasan yang segar untuk menghadapi tantangan zaman. Karena itu, ia berpendapat generasi Z menarik untuk menjadi fokus penelitian. Meskipun demikian, ia mengatakan hal tersebut tidak menutup peluang riset di bidang lainnya di UMN Consulting.
“Sebenarnya tidak hanya gen Z, peluang riset lain mungkin dilakukan sesuai kepakaran UMN Consulting. Namun, kami menaruh fokus utama pada generasi muda,” kata Abeng, sapaan akrabnya.
Oleh karena itu, UMN Consulting juga membuka diri dalam pengembangan penelitian dan analisis di bidang lingkungan, teknologi, ekonomi-sosial masyarakat, peluang bisnis, media, dan generasi muda. Adapun tiga jasa yang secara spesifik ditawarkan oleh UMN Consulting, antara lain market research, competitive analysis, dan brand development. Untuk mewujudkan hal itu, UMN Consulting membuka peluang mitra kepada seluruh civitas akademik di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), dan jejaring UMN Consulting.
Berdiri sejak 2021, UMN Consulting juga telah bekerja sama dengan berbagai klien, seperti pemerintah, UKM, dan berbagai industri. Abeng berharap UMN Consulting ini dapat berdampak bagi kemajuan industri, masyarakat, dan pemerintah melalui pengetahuan dari hasil penelitian.
Sahabat UMN dapat mengeklik tautan https://jeo.kompas.com/shopee-atau-tokopedia-mana-yang-juara-di-hati-gen-z untuk membaca artikel penelitian perdana oleh UMN Consulting. Selain itu, Sahabat UMN juga dapat mengunjungi Instagram @umn_consulting ataupun https://taplink.cc/umn_consulting untuk mengenal dan mengetahui informasi terkini oleh UMN Consulting.
*by Melinda Chang – Universitas Multimedia Nusantara News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id