Awas Salah Sangka, Ini Lho Perbedaan Branding vs Marketing
November 26, 2022Galau Pilih Jurusan Kuliah? Tonton 11 Rekomendasi Drakor Ini Biar Nggak Penasaran!
November 26, 2022Copywriting. Sumber Gambar: Photo by Semiha Deniz from Pexels
Pernah merasakan kondisi dimana kamu sudah promosi sana-sini tapi nggak ada yang beli? Pengen jualan dan usaha kamu laku di pasaran tapi sudah mengerahkan effort tapi gitu-gitu aja? Hmmm…. bisa jadi ada yang kurang nendang nih sama cara kamu melakukan kegiatan promosinya. Penasaran nggak nih caranya biar jualan kamu laku keras?
Salah satu cara yang bisa kamu aplikasikan untuk jualan di era sekarang ini adalah penerapan teknik copywriting yang memikat dan menarik perhatian calon konsumen kamu sehingga terpikat sama produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Copywriting adalah seni menjual dengan kata-kata yang dikemas dalam bentuk tulisan singkat, padat, nendang, unik, menarik dan mudah dipahami audiens untuk kebutuhan komersil. Walaupun hanya sekedar kata-kata, jangan disepelekan lho sobat UMN. Pasalnya banyak brand besar mulai mengaplikasikan teknik copywriting dalam melakukan kegiatan promosi penjualan.
Banyak kompetitor yang serupa dengan bisnis yang kamu tekuni membuat mereka harus memutar otak agar bisnis kamu terlihat unggul dan tampil berbeda dibandingkan yang lain. Ibarat meracik bumbu masakan yang punya citarasa enak dan gurih, kamu juga bisa meracik copy dengan beberapa formula berikut guys.
Oleh karena itu, teknik copywriting bisa diterapkan untuk mempromosikan suatu brand dengan tujuan menarik perhatian audiens dan diakhiri dengan suatu tindakan untuk melakukan transaksi.
Misalnya beli produk, klik button yang tersedia, daftar, download, pembayaran suatu produk, upload dan lain-lain. Buat rekan UMN yang sedang merintis bisnis ataupun yang sudah punya bisnis namun ingin memperluas jangkauan pasarnya, formula copywriting AICPBSAWN bisa menjadi salah satu solusinya.
Mau tahu apa saja komponen-komponen dalam formula AICPBSAWN? Sssttt… UMN bakal bahas tuntas terkait resep rahasia dari formula ini. Pantengin terus ya!
Formula Copywriting AICPBSAWN
Banyak pebisnis atau copywriter mungkin seringkali akrab dengan formula copywriting yang sudah umum kita kenal. Misalnya formula copywriting AIDA, ACCA, PAS dan lain-lain. Tapi, dalam bahasan artikel kali ini kita akan kupas soal formula Copywriting AICPBSAWN.
Formula copywriting AICPBSAWN merupakan formula copywriting yang menonjolkan kesan kuat dan pendekatan persuasif untuk menarik banyak audiens agar segera melakukan aktivitas pembelian produk atau jasa yang sudah ditawarkan.
Pada formula ini, terdapat 9 rumus yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa kamu. Bisa dibilang formula AICPBSAWN merupakan formula terpanjang dari yang telah ada. Padahal jika disandingkan dengan formula-formula yang sudah familiar, penyebutannya mudah diingat dan gampang untuk diucapkan. Namun berbeda dengan AICPBSAWN yang hurufnya acak dan sulit diingat. Apalagi formula ini kurang familiar dan susah disebutkan.
Padahal jika ditelisik lebih jauh, komponennya mudah kita temukan dalam aktivitas bisnis sehari-hari. Setiap langkah dalam formula AICPBSAWN memberikan penekanan tersendiri kepada calon konsumen untuk langsung melakukan pembelian. Untuk lebih jelasnya, masing-masing huruf dalam formula AICPBSAWN akan dijelaskan secara rinci sebagai berikut
Baca Juga: Kegiatan Non-Akademik Bermanfaat Untuk Mahasiswa Berkuliah
1. A = Attention
Formula AICPBSAWN dibuka dengan huruf A yang diwakili oleh Attention. Pada komponen attention, pastikan kamu membuat headline ataupun copy yang engaging dan bisa menarik perhatian leads untuk melakukan tindakan.
Dari yang awalnya masih dalam tahap menimbang-nimbang, dengan menggunakan copy yang menarik dan lebih engage bisa meningkatkan ketertarikan konsumen agar membeli produk yang kamu jual.
Contoh:
- Mau tahu rahasia dibalik wajah berkilau dan glowing seperti Girlband Korea?
- Memperkenalkan layanan internet tercepat dan anti lemot khusus buat kamu
- Berkarir sebagai data analyst tapi dari jurusan Peternakan, Emang Bisa?
2. I = Interest
Interest menunjukkan kesan dari copy yang sudah dibuat dan mendorong audiens untuk membaca iklan terus. Sampai-sampai nggak berpaling buat menengok iklan lain. Untuk menonjolkan Interest pada calon audiens maka buatlah copy agar mereka tertarik dengan penawaran yang kamu berikan.
Contoh:
- Cuman 12 ribu aja loh bestie, kamu sudah dapat paket ayam geprek + nasi + sambal matah, free es teh lagi. Hmmm yummyyy….
- Cukup sekali oles, bekas gigitan nyamuk bakal terhempas dengan lotion ini!
3. C = Credibility
Credibility atau kredibilitas memberikan sebuah jawaban atas keraguan yang dirasakan konsumen terkait kenapa kamu harus membeli produk ataupun kenapa kamu harus menggunakan jasa tersebut. Kredibilitas sangat penting dalam formula AICPBSAWN karena konsumen akan melakukan pertimbangan secara mendalam sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli atau memakai suatu produk atau jasa.
Kredibilitas dalam menyusun sebuah copy biasanya didukung dengan data, fakta, bukti kuat, testimoni dari konsumen yang sudah membeli produk ataupun jasa maupun pengalaman dari konsumen itu sendiri.
Contoh:
- Kenapa harus menggunakan jasa kita? Sejak tahun 2015, kami sudah menangani beberapa klien dari startup, perusahaan multinasional hingga NGO terkait niche konten yang kami buatkan
- Salah satu produk yang mendapatkan Top Brand Awards berturut-turut dalam produk furniture
- Lebih dari 3.000 lulusan diterima kerja dan berhasil disalurkan melalui perusahaan yang bermitra dengan lembaga kursus kami.
4. P = Prove
Selain didukung dengan kredibilitas berupa data maupun fakta, dalam membuat sebuah copy pastikan betul tidak ada janji-janji manis didalamnya. Maksudnya gimana? Pastikan dalam copy yang kamu buat juga didukung dengan bukti secara langsung yakni testimoni, rating, ataupun ulasan lengkap dari konsumen.
Prove sangat penting untuk membangun kepercayaan calon konsumen yang sudah memiliki rencana untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa dari bisnis kamu.
Contoh:
- Kualitas produknya bagus, bahannya adem, elastis, nyaman dipakai dan tidak gampang kusut. Jadinya aman dipakai untuk beraktivitas kapanpun dan dimanapun apalagi yang punya mobilitas tinggi seperti saya.
- Si M berhasil membuktikan bahwa dia bisa switch career dari pekerjaan sebelumnya yaitu seorang admin sales kini bisa menjadi seorang data analyst di salah satu instansi pemerintahan. Gimana masih nggak yakin mau coba kelas menarik dari kita?
5. B = Benefit
Selanjutnya adalah benefit ataupun manfaat yang ditawarkan dari suatu produk ataupun jasa. Dalam membuat sebuah copy penting sekali bagi pebisnis untuk menonjolkan kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan konsumen atas penawaran yang kita berikan. Manfaat yang kita jelaskan dalam copy dapat mempertegas penjelasan yang sudah dijelaskan pada tahap credibility dan prove tadi teman-teman.
Contoh:
Di kelas kali ini kamu akan banyak belajar mulai dari copywriting, ads, serta optimasi konten SEO bersama dengan expert yang ahli di bidangnya. Nggak cuma itu saja loh teman-teman. Kamu juga akan mendapatkan beberapa benefit sebagai berikut:
- Extra 3 Portfolio sekaligus
- Free E-Certificate
- Konten bisa diakses seumur hidup
- Konsultasi bersama Expert di luar jam pembelajaran
- Dan masih banyak lagi
6. S = Scarcity
Formula selanjutnya adalah Scarcity. Scarcity dalam formula AICPBSAWN mengisyaratkan kepada konsumen bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan ini sifatnya terbatas. Jadi mau tidak mau, komponen yang satu ini sangat penting keberadaannya untuk menginformasikan secara halus agar konsumen segera booking atau pesan hingga melakukan transaksi pembelian.
Contoh:
- Pendaftaran tes TOEFL Batch XVI hanya dibuka sampai pukul 19.30 WIB, segera daftar sekarang! Only limited quota
- Promo flash sale ini hanya berlaku 60 menit saja kawan. Dimulai dari jam 14.00 – 15.00 WIB
- SISA 3 JAM LAGI, segera pakai sekarang juga voucher GRATIS ONGKIR biar hemat belanjanya nih!
7. A = Action
Kalau sudah memberikan informasi bahwa penawaran produk atau jasa yang kamu berikan ini terbatas, beritahukan kepada konsumen kamu mereka harus ngapain? Informasikan kepada mereka apa yang harus dia lakukan.
Contoh:
- Jangan sampai ketinggalan promonya, langsung booking sekarang juga dengan klik link di bio instagram kita ya, kak!
8. W = Warn
Warn disini memberikan peringatan kepada konsumen terkait apa yang terjadi jika promonya tidak segera diambil atau tidak melakukan tindakan apapun utamanya dalam aktivitas pembelian. Warn dilakukan sebagai bentuk gertakan agar konsumen mulai untuk menimbang dengan cepat apakah mau diambil atau tidak?
Contoh:
- Kalau kamu tidak ambil promonya sekarang, sayang banget harganya akan kembali normal lagi.
- Ingat ya kak, hari SENIN besok kita sudah mulai kelasnya lho.
- Sayang banget hari ini pendaftaran terakhir, yakin direlain aja vouchernya?
9. N = Now
Now berarti mendorong konsumen untuk melakukan tindakan sekarang juga, tanpa ditunda-tunda. Now menunjukkan urgensi bahwa penawaran yang kamu berikan harus segera diambil oleh konsumen sebelum keduluan sama yang lainnya.
Contoh:
- Segera beli produknya sekarang, sebelum kehabisan
- Ayo kak, buruan daftar sekarang. Udah ditunggu nih sama teman-temannya yang lain.
- Buruan borong sekarang juga, penawaran terbatas.
- Pesan sekarang. Besok harga naik!
Baca Juga: Kenali Program Film & Animasi UMN
Nah, itulah tadi trik yang bisa kamu terapkan agar jualanmu laku di pasaran hanya dengan menggunakan formula AICPBSAWN. Simpan baik-baik informasinya dan jangan lupa diterapkan lho kawan. Semoga bermanfaat ya untuk tipsnya!
By Reyvan Maulid | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id