Majukan Generasi Muda Melek Data, Kuasai Coding untuk Hadapi 2023
Desember 8, 2022Perdana! Prodi Film UMN Bikin Film Interaktif Berbasis VR360
Desember 9, 2022
TANGERANG – Prodi Desain Komunikasi Visual UMN menggelar “Student Business Expo 2022” pada 8 Desember – 9 Desember 2022 di Function Hall UMN, Gading Serpong, Tangerang. Program ini terdiri dari pameran, voting, dan business pitching.
“Student Business Expo 2022” merupakan bagian dari rangkaian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Magang Kewirausahaan. Melalui dukungan UMN dan industri, program ini memfasilitasi mahasiswa Prodi DKV UMN untuk menciptakan bisnisnya sendiri.
“Dengan adanya program magang terbaru ini, mahasiswa [DKV UMN] diberikan stimulus untuk tidak hanya mengembangkan potensi sebagai professional designer tapi juga sebagai creative entrepreneur,” jelas Fonita Theresia Yoliando, S.Ds., M.A. selaku Ketua Prodi DKV UMN.
Sejumlah aspek kolaboratif turut menjadi capaian inovasi bisnis karya mahasiswa DKV UMN di program ini. Fonita menyebut setidaknya ada tiga aspek utama, yakni bisnis bernuansa Desain Komunikasi Visual (DKV), nusantara, dan Information and Communication Technologies (ICT).
Fonita menyebut ada lebih dari 70-an booth bisnis yang tampil di “Student Business Expo 2022”. Puluhan booth itu menyajikan inovasi bisnis dari mahasiswa DKV UMN di bidang kreatif, entertainment, pendidikan, merchandising, food and beverages (F&B), dan lain-lain.
Mahasiswa DKV UMN 2019, James Michael merupakan salah satu peserta yang ikut antusias di dalam program magang kewirausahaan ini. Ia menciptakan bisnis bernama “Daur Experimental Laboratory” – sebuah bisnis fesyen berkelanjutan. Ia berharap bisnis ini dapat memberikan dampak bagi masyarakat, khususnya lingkungan.
“Kita punya visi mau menciptakan siklus produk fashion yang lebih baik. Kita menggunakan alternatif material,” jelas Jason.
Pengunjung di dalam pameran ini pun berkesempatan memberikan suara (voting) terhadap karya bisnis mahasiswa DKV UMN. Selanjutnya, sepuluh karya bisnis mahasiswa terbaik akan mengikuti acara Pitching & Awarding Night untuk diseleksi lebih lanjut. Adapun Klikdaily dan Ogilvy ikut terlibat menjadi panelis dalam proses ini.
Fonita berharap proyek bisnis dari mahasiswa DKV UMN ini terus berkembang alias tak berhenti sampai di sini. Menurutnya, program ini menjadi langkah awal untuk menciptakan “snowball effect” yang bermanfaat bagi masyarakat.
“[Semoga] mahasiswa dapat lebih melek terhadap apa yang harus dipersiapkan, potensi dan risiko yang perlu diketahui, serta pentingnya proses legalitas dan konsep yang kuat dalam menjalankan bisnis,” lanjut Fonita.
Sebagai informasi, program “Student Business Expo 2022” berhasil diwujudkan berkat hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kemendikbud Ristek RI pada Agustus 2022 lalu. Selain itu, sejumlah pihak turut mendukung realisasi program ini, seperti Kementerian Hukum dan HAM; Kementerian Koperasi dan UMKM; serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kota Tangerang.
Sebelumnya, Prodi DKV UMN juga telah aktif mengembangkan dan mewujudkan potensi bisnis mahasiswanya. Hal ini diupayakan melalui beragam kegiatan sebagai berikut.
- Program Inkubasi bersama Co&Co Space, Bujang Rimba Agency, Pickerstore, Chocloud, Dentsu Creative, PT Multimedia Digital Nusantara, dan ATC.
- Program Mentoring bersama sembilan praktisi dari tiga rising start-up yaitu, Dreambox, Duckie Land, Humanika Artspace, disertai oleh Skystar Ventures.
by Melinda Chang | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika | Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id