Haris Talamati: Radio Merupakan Penyeimbang Media Baru
April 18, 2018Prodi Jurnalistik UMN Gelar Kuliah Umum Mata Kuliah Reporting Issues on Science and Technology
April 19, 2018
TANGERANG – Mempertahankan bisnis, khususnya bisnis retail di era digital membutuhkan dua hal, yaitu berubah dan kreatif. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Ranch Market Meshvara Kanjaya saat menjadi pembicara dalam Executive Sharing : Retail Journey with A Digital Core di Lecture Theatre UMN pada Selasa (17/4).
Dalam kesempatan tersebut, Meshvara menjelaskan bahwa perkembangan teknologi mengubah banyak hal dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah kebiasaan atau perilaku dari pelanggan. Menurut Meshvara penting hukumnya untuk memahami pelanggan sebelum melakukan perubahan dengan membuka diskusi bersama pelanggan.
“Masa-masa yang tepat untuk melakukan diskusi adalah sebelum Anda membuka toko, setelah membuka toko, beberapa waktu setelah Anda membuka toko, dan sebelum membuat perubahan besar terhadap toko Anda,” jelas Meshvara.
Baca juga: Executive Sharing: Just Be Yourself but Better Everyday!
Selain perubahan, kreativitas juga menjadi faktor yang penting. Merupakan hal yang mudah untuk meng-copy ide orang lain dalam era digital ini. Untuk itu, para pebisnis harus menantang diri sendiri agar lebih kreatif.
“Yang jelek itu, kreativitas Anda di-copy, lalu Anda marah dan terjebak dalam kemarahan itu. Dalam dunia digital, ide Anda bisa saja dengan mudah di-copy dan Anda harus menantang diri sendiri untuk lebih kreatif,” lanjutnya.
Lebih lanjut Meshvara menjelaskan bahwa penutupan suatu toko atau bisnis merupakan hal yang wajar. Namun untuk mempertahankannya, ada pebisnis yang merubah toko offline menjadi toko online. Ada juga pebisnis yang memilih bertahan dengan toko offline lalu menambahkan pelayanan bagi pelanggan, seperti pemesanan online.
“Penutupan toko itu sudah biasa dalam (dunia) retail. Kalau tokonya tidak menguntungkan and it keeps on dragging without any sign of improvement ya lebih baik tutup. Namun demikian berita ini menjadi sangat besar, kenapa? Di satu sisi toko offline tutup, di sisi lain toko online tumbuh sedemikian bagus,” tutupnya.
Executive Sharing merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Fakultas Bisnis UMN dengan mengundang pakar industri sebagai narasumber. Acara ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa terhadap dunia kerja professional. Dengan mengangkat tema Retail Journey with A Digital Core, Executive Sharing kali ini mendatangkan Meshvara Kanjaya selaku CEO Ranch Market. (*/CRA)
*by Alya Dwi Achyarini – Universitas Multimedia Nusantara News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id