Apa itu D3 Perhotelan?
D3 Perhotelan adalah program studi yang mengajarkan bagaimana sebuah hotel dioperasikan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai ilmu yang berkaitan dengan service and hospitality mulai dari Front Office, Housekeeping, Laundry, Food and Beverage Production, Food and Beverage Service, hingga Pastry and Bakery. Melalui program studi ini mahasiswa akan memahami bagaimana keseluruhan sebuah industri perhotelan bekerja.
Tidak hanya itu, D3 perhotelan UMN juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari Business Management and Entrepreneurship dan Service Marketing and Ecommerce guna menunjang hardskill mereka di bidang service and hospitality. Melalui mata kuliah-mata kuliah tersebut,mereka tidak hanya dipersiapkan untuk bekerja di dunia perhotelan tetapi juga memberikan mereka peluang untuk dapat menjadi wirausahawan dengan membuka bisnisnya sendiri di bidang service and hospitality.
Kenapa harus pilih
D3 Perhotelan UMN?
D3 Perhotelan UMN?
Program Diploma Perhotelan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memberikan titik awal yang sangat baik untuk karir Anda di industri perhotelan. Program ini menggabungkan teori dasar dengan praktik dunia nyata untuk memberi Anda gambaran menyeluruh tentang berbagai bidang perhotelan, dengan memberikan pendidikan akademis bersama dengan pelatihan kompetensi inti kejuruan. Hal ini membawa nilai dan prestise yang besar bagi para pengusaha di industri perhotelan di seluruh dunia. Selain itu, Program Diploma Perhotelan juga memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan yang diperlukan untuk ide-ide kewirausahaan mereka terkait dengan industri.
Deskripsi
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dikenal masyarakat luas dengan arsitektur bangunan yang modern dan hijau dengan aplikasi teknologi yang digunakan dalam fasilitasnya. Dengan fokusnya untuk pengembangan Teknologi Komunikasi Informasi (TIK), universitas ini telah berkembang pesat dan mengajar lebih dari 8000 mahasiswa setiap tahunnya.
Di bawah naungan Kompas Group, UMN merupakan sister company dari Santika Hotel Group. Oleh karena itu, kampus UMN melihat peluang untuk menstimulasi industri perhotelan melalui ICT. Jika dulu masyarakat melakukan transaksi dengan cara tatap muka, kini internet membuat segalanya berbeda. Para pelaku bisnis perhotelan juga diuntungkan di era ini. Banyak sekali standar yang disederhanakan berkat kecanggihan teknologi.
Universitas Multimedia Nusantara kemudian membuka Program Studi (PS) Perhotelan pertama kali pada tahun 2017. Ide pendirian PS Perhotelan ini adalah dari CEO Kompas Gramedia yang ingin memenuhi sumber daya vokasi industri perhotelan, sehingga kedepannya Indonesia akan memiliki sumber daya yang kompeten dengan keahlian di bidang industri perhotelan dan fleksibel terhadap perubahan terkait ICT(Information of Communication and Technology) dan IOT (Internet of Things).
Di UMN, PS Perhotelan berada di bawah Fakultas Bisnis. PS Perhotelan menawarkan pengetahuan dan keterampilan pada operasional bidang perhotelan di tingkat dasar, lanjutan dan pada akhirnya siap untuk kerja. Bidang-bidang tersebut meliputi operasional front desk, operasional housekeeping, pengelolaan makanan dan minuman, serta kewirausahaan dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi.
Para profesional industri dan dosen bersertifikat kompetensi akan membimbing para mahasiswa selama perkuliahan untuk mendapatkan pengalaman langsung mengenai industri Perhotelan yang didukung oleh laboratorium praktikum perhotelan yang lengkap dan modern. Para mahasiswa juga akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dengan mitra industri perhotelan yang mengintegrasi proses pembelajaran dalam kelas-kelas perkuliahan sebagai dosen tamu yang memberikan seminar dan pelatihan.
Kerjasama mitra industri juga menyiapkan program magang untuk mahasiswa PS Perhotelan untuk dilaksanakan di semester 5 dengan fokus utama pada Divisi Ruangan atau Departemen Makanan dan Minuman. Sepanjang program perkuliahan di PS Perhotelan, para mahasiswa akan menerima pengetahuan dasar yang relevan dan pelatihan berbasis teknologi, dilengkapi dengan sertifikasi kompetensi industri.
Lulusan PS Perhotelan akan memiliki peluang karir tak terbatas yang memiliki kemampuan menanggapi dan melayani kebutuhan para tamu secara detail dengan prosedur yang benar. Lulusan PS Perhotelan mampu berperan penting di berbagai posisi profesional di industri perhotelan atau menjadi wirausaha di sektor hospitality dan pariwisata yang mampu mengoptimalkan penggunaan ICT. Di akhir program, para mahasiswa akan menerima sertifikasi kompetensi yang akan memberikan penerima manfaat untuk memulai karir di industri perhotelan.
Vision & Mission
Visi
Menjadi Program Studi Perhotelan (Diploma Tiga) unggulan yang menghasilkan lulusan professional berdaya saing nasional dan internasional, memiliki keunggulan unik di bidang wirausaha dan ICT serta memiliki budi pekerti yang luhur.
Misi
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang didukung tenaga pengajar yang berkualitas dan kurikulum yang up to date dan link and match dengan dunia industrI perhotelan.
- Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan dunia perhotelan.
- Memanfaatkan ilmu dan keahlian vokasi perhotelan dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
Capaian Pembelajaran
Program Operasi Hotel memiliki empat mata pelajaran inti yang harus dicapai oleh siswa:
- Operasional Kantor Depan
Isi materi: pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan di Departemen Front Office, yang meliputi proses reservasi, check-in, check-out, room service, concierge, operator, transaksi keuangan dan administrasi hotel. - Operasi Tata Graha
Isi materi: pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan di Departemen Housekeeping, yang meliputi prosedur pemeliharaan linen, pembersihan public area dan ruang kamar, perhitungan par stock, standar kebersihan dan sanitasi, penggunaan peralatan, perlengkapan, dan bahan kimia yang digunakan untuk memelihara fasilitas hotel sesuai prosedur. - Produksi Makanan, Kue & Roti
Isi materi: pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam produksi makanan, yang meliputi makanan tradisional, kontinental, serta aneka kue dan roti, penataan makanan, dekorasi kue, pengendalian biaya, pembelian dan pengadaan barang, perencanaan menu, standar keamanan, kebersihan, dan sanitasi. - Operasional Pelayanan Makanan dan Minuman
Isi materi: pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam layanan makanan dan minuman, yang meliputi bartending (pengenalan minuman beralkohol dan wine), table set-up, dan upselling.
Capaian Pembelajaran
Mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional di bidang hospitality yang menguasai pemahaman terkait seluruh departemen di bidang perhotelan. Selain itu, mahasiswa juga dipersiapkan menjadi seorang wirausaha yang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kepentingan bisnisnya di bidang service and hospitality.
Sertifikasi
Lulusan PS Perhotelan UMN akan menerima gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Md. Par.) saat lulus dan sertifikasi kompetensi internasional dari bidang yang mereka pilih.
Kurikulum
Program Diploma Hotel di UMN terdiri dari kursus praktik perhotelan, termasuk Manajemen Divisi Kamar dan Pengoperasian Restoran, dengan kursus pengantar manajemen hotel berbasis ICT. Mahasiswa tidak hanya akan belajar tentang pengoperasian Front Office dan manajemen Housekeeping, namun juga tentang pelayanan dan produksi layanan Makanan dan Minuman, serta berbagai disiplin ilmu, termasuk bahasa asing. Program ini mempersiapkan Anda dengan pengalaman dan keterampilan praktis untuk mencapai berbagai karir di industri perhotelan.
Akreditasi
Kenapa harus pilih
D3 Perhotelan UMN?
D3 Perhotelan UMN?
Program Diploma Perhotelan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memberikan titik awal yang sangat baik untuk karir Anda di industri perhotelan. Program ini menggabungkan teori dasar dengan praktik dunia nyata untuk memberi Anda gambaran menyeluruh tentang berbagai bidang perhotelan, dengan memberikan pendidikan akademis bersama dengan pelatihan kompetensi inti kejuruan. Hal ini membawa nilai dan prestise yang besar bagi para pengusaha di industri perhotelan di seluruh dunia. Selain itu, Program Diploma Perhotelan juga memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan yang diperlukan untuk ide-ide kewirausahaan mereka terkait dengan industri.
Tabel Kredit Lulus
Kredit lulus | 110 SKS |
Program Pendidikan Akademik | Diploma |
Durasi | 3 Tahun |
Bahasa Pengantar | Bahasa Inggris |
Gelar | Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par.) |
Persyaratan Masuk
Persyaratan mahasiswa baru
- Lulus dari SMA/SMK, jurusan apapun.
- Fasih berbahasa Inggris (min. TOEIC 450).
- Sehat secara fisik dan mental.
Beasiswa Mahasiswa
Jalur beasiswa UMN diberikan bagi siswa-siswi SMA Kelas XII yang memiliki prestasi akademik, olah raga, dan kesenian pada saat di kelas XI. Selain itu, UMN memberikan kepada siswa-siswi SMA/SMK yang memiliki prestasi mendapatkan medali pada Olimpiade Sains Nasional dan Internasional.. Sebagai wujud penghargaan atas pengabdian para guru dan para karyawan/staff dalam mendidik anak bangsa, UMN memberikan beasiswa berupa pengurangan uang pangkal sebesar 50% bagi anak guru/kepala sekolah dan pengurangan uang pangkal sebesar 30% bagi anak karyawan/staff di sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta yang ingin melanjutkan pendidikan di UMN.
Seluruh mahasiswa PS Perhotelan harus mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru yang diselenggarakan oleh UMN. Setelah berpartisipasi dalam orientasi tersebut, mahasiswa akan mendapat sertifikat bukti kegiatan yang diperlukan sebagai syarat wisuda dan tugas akhir.
Perilaku dan cara berpakaian
Setiap mahasiswa harus menghormati adat, etika, dan norma yang ada di masyarakat, dengan cara:
- Memelihara reputasi PS Perhotelan UMN baik di dalam dan di luar kampus.
- Tidak mabuk atau berada di bawah pengaruh obat terlarang di area kampus.
- Tidak menunjukan perilaku bermesraan secara berlebihan di area kampus.
- Setiap mahasiswa harus menjaga kerapihan dan kebersihan area kampus dengan cara:
- Tidak mengotori area kampus.
- Tidak mencoret-coret fasilitas, perabotan, dan perlengkapan kampus.
- Tidak merusak fasilitas, perabotan, dan perlengkapan kampus.
- Tidak merokok di area kampus.
- Tidak makan dan minum di area kelas.
Setiap mahasiswa harus menjaga kesopanan dan tata cara berpakain sesuai standar PS Perhotelan sebagai berikut:
- Seragam
- Mahasiswa wajib mengenakan seragam lengkap saat datang ke kampus, terutama di area PS Perhotelan, termasuk di lab dan kantor dosen.
- Untuk semua kelas teori termasuk kelas Humaniora, UTS, UAS, kelas Praktikum Front Office dan kegiatan formal lainnya:
- Pria: memakai kaos dalam putih kerah bulat (bukan singlet), menggunakan kemeja putih lengan panjang, jas almamater, celana panjang kain biru navy (tidak ketat / skinny), sabuk hitam dengan kepala kecil, kaus kaki hitam panjang, pantofel hitam (tanpa aksesoris), dasi, dan name tag.
- Wanita: memakai pakain dalam warna netral tanpa corak/pastel, memakai kemeja putih lengan panjang, rok kain biru navy dengan panjang selutut, sabuk hitam dengan kepala kecil, pantofel hitam (tanpa aksesoris) dengan hak maksimal 3cm, stocking hitam (tidak tebal), dasi, dan name tag. Untuk siswa wanita dengan rambut panjang, rambut harus menggunakan hair net. Untuk siswa yang berhijab, menggunakan rok panjang biru navy dan hijab polos berwarna hitam/biru navy.
- Kelas praktikum tata graha:
- Pria: memakai kaos dalam putih kerah bulat (bukan singlet), menggunakan seragam housekeeping, celana panjang kain hitam (tidak ketat/skinny), name tag, pantofel hitam (tanpa aksesoris), kaos kaki hitam panjang.
- Wanita: memakai pakain dalam warna netral tanpa corak/pastel, memakai seragam housekeeping, celana panjang kain hitam (tidak ketat/skinny), name tag, pantofel hitam datar (tanpa aksesoris). Untuk siswa wanita dengan rambut panjang, rambut harus menggunakan hair net. Untuk siswa yang berhijab, hijab polos berwarna hitam/biru navy.
- Kelas praktikum tata hidang:
- Pria: memakai kaos dalam putih kerah bulat (bukan singlet), menggunakan kemeja putih lengan panjang, seragam vest, celana panjang kain biru navy (tidak ketat / skinny), sabuk hitam dengan kepala kecil, kaus kaki hitam panjang, pantofel hitam (tanpa aksesoris), dasi kupu-kupu, dan name tag.
- Wanita: memakai pakain dalam warna netral tanpa corak/pastel, memakai kemeja putih lengan panjang, rok kain biru navy dengan panjang selutut, sabuk hitam dengan kepala kecil, pantofel hitam (tanpa aksesoris) dengan hak maksimal 3cm, stocking hitam, dasi, dan name tag. Untuk siswa wanita dengan rambut panjang, rambut harus menggunakan hair net. Untuk siswa yang berhijab, menggunakan rok panjang biru navy dan hijab polos berwarna hitam/biru navy.
- Kelas praktikum kitchen, pastry dan bakery:
- Pria & wanita: memakai kaos dalam putih kerah bulat (bukan singlet), menggunakan chef jacket, celana panjang kain hitam (tidak ketat / skinny), kaus kaki hitam panjang, apron putih, topi chef, 2 kitchen towel, safety shoes hitam, kaos kaki hitam panjang. Untuk wanita, rambut harus dicepol. Jika berhijab, hijab menggunakan warna putih.
- Rambut
- Pria: rambut tidak dicat (warna natural), poni tidak melebihi alis, panjang rambut 2 cm di atas kerah, 1 cm di atas telinga, tidak berkumis, tidak berjanggut, potongan rambut rapi, dan menggunakan gel/pomade/foam.
- Wanita: rambut tidak dicat (warna natural), potongan rambut rapi. Untuk kelas praktikum, rambut panjang harus dicepol dengan hair net.
- Potongan rambut harus selalu rapi dan kebersihan rambut terjaga dengan baik.
- Penggunaan rambut wig atau ekstensi bukan untuk alasan kesehatan tidak diijinkan.
- Rapikan rambut sebelum masuk kelas.
- Poni rambut tidak boleh menutupi mata/ di atas alis.
- Aksesori rambut sederhana dan berwarna gelap.
- Kuku
- Kuku tidak boleh lebih panjang dari ujung jari.
- Kuku palsu dan nail arts tidak diperbolehkan tidak diperbolehkan di setiap kelas praktikum.
- Hanya cat kuku bening atau alami yang diperbolehkan di kelas teori.
- Kuku jari harus bersih, terpotong rapi, dan terawat dengan baik.
- Sepatu, Kaus Kaki dan Stocking
- Hanya boleh menggunakan kaus kaki dan stocking berwarna hitam.
- Menggunakan pantofel saat kelas teori.
- Sol sepatu non-selip untuk menghindari kecelakaan kerja.
- Tidak bersandal, bagian depan sepatu tidak terbuka dan tidak bertali.
- Sepatu disemir sebelum perkuliahan.
- Sabuk
Hanya menggunakan sabuk berwarna hutam dengan kepala kecil.. - Make up
- Seluruh mahasiswa memelihara kesehatan kulit, menghindari makanan berminyak dan berhati-hati dengan alergi yang dimiliki.
- Mahasiswi menggunakan make up natural yang berwarna cerah dan segar, tidak menggunakan lipstick berwarna gelap atau make up berlebihan.
- Jewelry
- Cincin pernikahan/pertunanangan diperbolehkan.
- Hanya satu cincin tambahan lainnya diperbolehkan.
- Anting diperbolehkan tapi tidak lebih dari satu di setiap telinga. Anting tidak diperbolehkan untuk digunakan di wajah (seperti hidung, bibir, alis, dsb) selama di kelas perkuliahan.
- Model anting sederhana dan berukuran kecil.
- Anting berwarna perak atau emas.
- Kawat Gigi
Hanya kawat gigi transparan dan berwarna perak yang diperbolehkan. - Kacamata dan lensa kontak
Hanya frame kacamata berwarna hitam, coklat atau silver yang diberbolehkan. Lensa kontak tidak berwarna. - Tattoo dan tindikan.
Tindikan badan dan tattoo yang terlihat tidak diperbolehkan. Tindikan di lidah atau wajah tidak diperbolehkan di lingkup PS Perhotelan.
PASS (Professional Attitude Scoring System) digunakan untuk menilai perilaku siswa dalam lingkungan kampus. Penilaian akan berdasarkan tiga aspek yang meliputi keterampilan akademik dan perilaku, professional grooming, dan keterampilan sosial. Semua siswa akan mendapatkan nilai nol di awal perkuliahan dan setiap minggunya, dosen akan mengisi nilai PASS tersebut melalui aplikasi UNION. Siswa akan mendapat nilai minimum nol dan maksimum 100. Di setiap mata kuliah Perhotelan, bobot nilai PASS sebesar 20% dari total nilai akhir.
Pembimbing akademik ditunjuk untuk membimbing siswa dalam suatu kelas atau angkatan. Pembimbing akademik akan menyelenggarakan bimbingan akademik minimal 3 kali dalam satu semester untuk mengkaji permasalahan akademik. Bimbingan aakdemik biasanya diadakan di awal semester, sebelum ujian tengah semester, dan sebelum ujian akhir. Mahasiswa dapat berkonsultasi mengenai permasalahan akademiknya setelah membuat janji dengan pembimbing akademiknya. Untuk masalah yang lebih berat, pembimbing akademik dapat merujuk mahasiswa untuk berkonsultasi pada psikolog yang ditunjuk oleh universitas.
Mahasiswa semester 1 sudah dapat bergabung dengan himpunan kemahasiswaan. Periode keanggotan himpunan adalah satu tahun. Siswa PS Perhotelan dapat mengikuti kegiatan himpunan sebanyak dua kali, di tahun pertama dan kedua, dan dapat mendaftar di bulan agustus atau september setiap tahunnya. Proses rekrutmen akan mencakup tahapan tes khusus dari himpunan mahasiswa sebelumnya, termasuk wawancara dan presentasi program kerja. Siswa disarankan untuk berpartisipasi aktif dalam himpunan kemahasiswaan untuk pemenuhan poin SKKM mereka.
Berikut ini adalah berbagai kegiatan berkala di PS Perhotelan.
Semester ganjil | a. Kuliah Umum (Studium Generale)
b. Executive sharing c. Beauty class d. Hotel Visit &Table manner e. IP Presentation f. Final Project Briefing g. Final Project Exhibition h. Campus Visit i. Community Service j. Competition |
Semester genap | a. Executive Sharing
b. Seminar Magang c. Briefing Magang d. Industrial Visit e. Uji Kompetensi f. Hotel Festival g. Community Service h. Partisipasi kompetisi internasional |
Program magang di PS Perhotelan bersifat wajib. Setiap siswa harus melaksanakan program magang satu kali di semester lima. Mahasiswa dapat memilih mau magang di bidang Room Division atau Food and Beverage. Prosedur dan persyaratan untuk magang tertulis di Buku Panduan Magang yang dapat diunduh di MY UMN dan akan dijelaskan di briefing magang.
SKS Tugas Akhir PS Perhotelan dilaksanakan di semester enam. Tugas akhir adalah proyek individual yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan di bidang perhotelan dan tercermin dalam bentuk pameran produk dan proposal bisnis. Prosedur dan persyaratan dari Tugas Akhir dijelaskan di Buku Panduan Tugas Akhir.
Fungsi laboratorium di PS Perhotelan:
- Penyediaan sarana prasarana perkuliahan praktikum
- Penyelenggaraan pelatihan dan pengembangan keterampilan operasional perhotelan dengan pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan industri demi tercapainya target kualitas keterampilan vokasi.
Laboratorium praktikum di PS Perhotelan terletak di Gedung D, lantai 3. Lab digunakan untuk kegiatan perkuliahan siswa PS Perhotelan, pengerjaan tugas kelompok/mandiri mata kuliah, kegiatan media kampus, kegiatan kemahasiswaan, dana tau kegiatan resmi kampus lainnya. Berikut adalah laboratorium yang ada di PS Perhotelan:
Lab | Fungsi |
Front Office | Fasilitas Mata Kuliah Front Office Operation 1 (HO111) and Front Office Operation 2 (HO211). |
Housekeeping | Fasilitas Mata Kuliah Housekeeping Operation 1 (HO121) and Housekeeping Operation 2 (HO222). |
Laundry | Fasilitas Mata Kuliah Housekeeping Operation 2 (HO222). |
Prasanti Restaurant & Bar | Fasilitas Mata Kuliah Food and Beverage Service Operation 1 (HO431) dan Food and Beverage Service Operation 2 (HO531). |
Kitchen | Fasilitas Mata Kuliah Food Production 1 (HO441) dan Food Production 2 (HO541). |
Pastry & Bakery | Fasilitas Mata Kuliah Pastry and Bakery Operation (HO442) dan Food Styling (HO542). |
Chocolate Room | Fasilitas Mata Kuliah Pastry and Bakery Operation (HO442) dan Food Styling (HO542). |
Computer | Fasilitas Mata Kuliah Front Office Operation 1 (HO111), Front Office Operation 2 (HO211), online UTS dan UAS |
Berikut adalah peraturan dan ketentuan yang harus dipenuhi di area PS Perhotelan:
- Pengguna
Pengguna laboratorium Perhotelan adalah seluruh staf dan siswa UMN yang telah memiliki ijin penggunaan dari Kaprodi Perhotelan secara tertulis. - Prosedur
Tidak ada siswa yang bisa masuk ke laboratorium dan ruang dosen tanpa ijin. Jika tidak ada dosen atau staf admin, siswa dilarang masuk ke dalam ruang dosen.
Untuk menggunakan lab atau ruang kelas di PS Perhotelan, siswa harus memberikan proposal kegiatan terlebih dahulu kepada koor lab dan meminta ijin kepada Kaprodi Perhotelan. Tidak diperbolehkan menggunakan berbagai fasilitas lab perhotelan tanpa adanya ijin. Jika diketahui siswa menggunakan fasilitas lab perhotelan tanpa ijin, maka siswa akan dilaporkan ke DEM (Dewan Etik Mahasiswa) dan sanksi akan diberikan setelah siding.
- Jam Operasional
Jam operasional PS Perhotelan adalah jam 8 pagi hingga 5 sore. Setelahnya, AC tidak berfungsi dan seluruh area akan ditutup untuk umum.
- Kewajiban
- Pengguna lab wajib membaca dan mematuhi peraturan lab.
- Pengguna lab harus menjaga kebersihan area.
- Pengguna lab harus berhati-hati dalam penggunaan lab dan fasilitasnya.
- Pengguna lab wajib mengembalikan seluruh fasilitas lab ke tempatnya semula, merapikan dan membersihkannya setelah digunakan.
- Pengguna lab dilarang merokok, makan atau minum di lab Perhotelan, kecuali area lab restoran dan bar.
- Pengguna lab meletakan tas dan gadget di loker yang telah disediakan.
- Seluruh siswa PS Perhotelan harus menggunakan seragam yang disesuaikan dengan kebutuhan lab.
- Selama ujian praktikum, siswa PS Perhotelan dipersilahkan membawa peralatan dan bahan tambahan dengan resiko dan tanggung jawab masing-masing.
- Hanya yang bersedia mematuhi aturan tersebut yang diperbolehkan menggunakan lab PS Perhotelan.
Kurikulum PS Perhotelan memiliki aspek filosofi, sosiologi, psikologi, sejarah, dan yuridis. Semua aspek tersebut mengacu pada Standar Nasional Permendikbud No. 3 tahun 2020, Capaian Pembelajaran yang dibuat oleh Asosiasi Hildiktipari, SN Dikti Pasal 9 ayat 2, KKNI Level 5 (Perpres RI No.8 tahun 2012), visi misi UMN, Fakultas Bisnis, dan PS Perhotelan, serta hasil FGD baik dengan alumni dan praktisi di industri perhotelan.
Profil profesional lulusan adalah karakter yang diharapkan dimiliki oleh lulusan setelah 2 tahun lulus dari PS Perhotelan hingga 3-5 tahun bekerja di industri.
- Menjadi profesional yang mampu beradaptasi dan berkolaborasi dengan dinamis, berinisiatif, memiliki integritas, dan memiliki kepribadian berdasarkan nilai agama, moral, norma, dan etika baik di tempat kerja maupun lingkungan sosial.
- Menjadi profesional yang berdaya saing dan berkompetensi prima dalam operasional pelayanan kantor depan, tata graha, tata hidang, dan atau tata boga di industri hospitaliti.
- Menjadi profesional yang berjiwa kreatif, memiliki daya juang, memiliki jiwa kepemimpinan, dan mampu berpikir kritis dalam operasional industri hospitaliti atau pengelolaan kegiatan usaha mandiri.
- Menjadi profesional yang mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara aktif dan asertif baik secara tertulis maupun lisan.
- Menjadi profesional yang mampu mengoptimalisasi penggunaan perangkat elektronik sesuai perkembangan teknologi terkini dalam pemecahan masalah dalam industri hospitaliti atau kegiatan usaha mandiri.
No. | Kode ELO | Kata Kunci | Deskripsi |
1. | ELO – A | Hotel Operations Knowledge | Lulusan memiliki pemahaman konsep teoretis di dalam sebuah operasional hotel khususnya di bidang kantor depan, tata graha, penyediaan jasa makanan dan minuman serta pengolahan makanan, kue dan roti, sesuai prosedur yang berlaku di industri/tempat kerja dan standar sanitasi, kebersihan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam operasional hotel. |
2. | ELO – B | Hotel Operations Professional Skills | Lulusan memiliki kompetensi dan keterampilan prosedural dan kegiatan operasional perhotelan khususnya di bidang kantor depan, tata graha, penyediaan jasa makanan dan minuman serta pengolahan makanan, kue dan roti, sesuai standar hotel bintang lima dan standar sanitasi, kebersihan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam operasional hotel serta memenuhi batas kepatutan survei kepuasan pelanggan di dalam suatu simulasi kerja. |
3. | ELO – C | Basic Hotel Knowledge | Lulusan memiliki pemahaman terhadap konsep teoretis dan kompetensi dasar secara umum tentang kepariwisataan, perhotelan, pemasaran, keuangan, SDM dan kesehatan lingkungan. |
4. | ELO – D | Entrepreneurship | Lulusan memiliki keuletan dan mampu berpikir kreatif (out of the box) dalam menciptakan peluang bisnis dengan melakukan tahapan analisa trend dan identifikasi potensi pasar dengan alat analisis baku sederhana dalam sebuah proposal bisnis di bidang hospitaliti. |
5. | ELO – E | Technology Literacy | Mampu memahami konsep penggunaan perangkat elektronik dan teknologi beserta penggunaannya pada pengelolaan operasional hotel dan atau kegiatan usaha mandiri. |
6. | ELO – F | Lifelong Learning | Lulusan memiliki kemampuan berkolaborasi, berinisiatif, beradaptasi, berpikir kritis, menunjukkan sifat kepemimpinan serta menginternalisasi semangat belajar demi pengembangan kompetensi diri. |
7. | ELO – G | Communication Skills | Lulusan memiliki kemampuan berkomunikasi secara asertif, persuasif, efektif, dan profesional yang digunakan saat bekerja dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, secara lisan maupun tertulis. |
8. | ELO – H | Human Literacy | Lulusan mampu menunjukkan integritas dan profesionalitas sesuai dengan Global Code of Ethic of Tourism serta berkepribadian Indonesia yang menjunjung tinggi nilai agama, Pancasila, moral, norma, dan etika baik di tempat kerja maupun lingkungan sosial. |
Berdasarkan desain kurikulum PS Perhotelan, prospek karir yang berkaitan dengan operasional hotel antara lain:
- Front Office Supervisor
- Floor Supervisor
- Housekeeping Supervisor
- Room Inspector
- Laundry Supervisor
- Food & Beverages Supervisor
- Waiter/s
- Bartender
- Cook
- Demi chef de partie
Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, kurikulum PS Perhotelan juga dapat memiliki prospek karir di ruang lingkup yang lebih luas sesuai kompetensi utama, contohnya:
Front Office |
Housekeeping | F&B Service |
Receptionist
Front Desk Agent GRO Operator Concierge Bell boy Secretary Trainer/Instructor Consultant |
Housekeeper
Room Boy Butler Laundry Trainer/Instructor Consultant
|
Barista
Bartender Sommelier Trainer/Instructor Consultant
|
F&B Production | Managerial |
Celebrity chef
Patissier Food Stylist Food Photographer Cuisine journalist Food Reviewer Gourmet Trainer/Instructor Consultant |
Entrepreneur
Purchasing staff Procurement staff Marketing staff Sales staff PR staff Finance Staff Human Resource Staff Consultant |
Semester 1
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | MK Prasyarat | Wajib/Pilihan | SDG | |
Teori | Prak | ||||||
1 | UM163 | Civics | 2 | – | Compulsory | 4 | |
2 | UM142 | Bahasa Indonesia | 2 | – | Compulsory | 4 | |
3 | HO151 | Professional English 1 | 2 | – | Compulsory | 4 | |
4 | HO111 | Front Office Operation 1 | 2 | 2 | – | Compulsory | 4 |
5 | HO121 | Housekeeping Operation 1 | 2 | 2 | – | Compulsory | 4 |
6 | HO158 | International Hospitality Industry | 2 | – | Compulsory | 4 | |
7 | HO456 | Hygiene, Safety, and Sanitation | 2 | – | Compulsory | 4, 3, 6 | |
8 | HO159 | Introduction to Multimedia Technology | 1 | 1 | – | Compulsory | 4 |
TOTAL CREDIT SEMESTER 1 | 20 |
Semester 2
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | MK Prasyarat | Wajib/Pilihan | SDG | |
Lect. | Lab | ||||||
1 | UM 142 | Pancasila | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
2 | UM 152 | Religion | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
3 | HO 441 | Food Production 1 | 2 | 2 | – | Compulsory | 4, 12 |
4 | HO 431 | F&B Service Operation 1 | 2 | 2 | – | Compulsory | 4, 12 |
5 | HO 442 | Pastry and Bakery Production | 2 | 2 | – | Compulsory | 4, 12 |
6 | HO257 | Principles of Management | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
7 | HO 252 | Principles of Hotel Accounting | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
TOTAL CREDIT SEMESTER 2 | 20 |
Semester 3
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | MK Prasyarat | Wajib/Pilihan | SDG | |
Lect. | Lab | ||||||
1 | HO 154 | Consumer Behavior | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
2 | HO551 | Business Communication | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
3 | HO 451 | Professional English 2 | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
4 | HO 211 | Front Office Operation 2 | 2 | 2 | – | Compulsory | 4 |
5 | HO 222 | Housekeeping Operation 2 | 2 | 2 | – | Compulsory | 4 |
6 | HO 454 | Purchasing and Procurement | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
7 | HO352 | Service Marketing | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
8 | HO 543 | Menu Planning | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
9 | HO 455 | Cost Control | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
TOTAL CREDIT SEMESTER 3 | 22 |
Semester 4
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | MK Prasyarat | Wajib/Pilihan | SDG | |
Lect. | Lab | ||||||
1 | HO 256 | Report Writing | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
2 | HO 541 | Food Production 2 | 2 | 2 | – | Compulsory | 4, 12 |
3 | HO 531 | F&B Service Operation 2 | 2 | 2 | – | Compulsory | 4, 12 |
4 | HO 542 | Food Styling | 1 | 2 | – | Compulsory | 4, 12 |
5 | HO 457 | Entrepreneurship | 2 | 2 | – | Compulsory | 4, 9 |
6 | HO 458 | Hospitality E-Commerce | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
7 | HO 555 | Ethical Business Management | 2 | 0 | – | Compulsory | 4 |
TOTAL CREDIT SEMESTER 4 | 21 |
Semester 5
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | MK Prasyarat | Wajib/Pilihan | SDG | |
Lect. | Lab | ||||||
1 | HO561 | Professional Business Ethics | 0 | 3 | HO111, HO 121, HO 441, HO 431, HO 442, HO 211, HO 222, HO 541, HO 531, HO 542 | Compulsory | 8 |
2 | HO562 | Industry Experience | 0 | 7 | HO111, HO 121, HO 441, HO 431, HO 442, HO 211, HO 222, HO 541, HO 531, HO 542 | Compulsory | 8 |
3 | HO563 | Industry Model Validation | 0 | 7 | HO111, HO 121, HO 441, HO 431, HO 442, HO 211, HO 222, HO 541, HO 531, HO 542 | Compulsory | 8 |
4 | HO564 | Evaluation and Reporting | 0 | 3 | HO111, HO 121, HO 441, HO 431, HO 442, HO 211, HO 222, HO 541, HO 531, HO 542 | Compulsory | 8 |
TOTAL CREDIT SEMESTER 5 | 20 |
Semester 6
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | MK Prasyarat | Wajib/Pilihan | SDG | |
Lect. | Lab | ||||||
1 | HO652 | Final Project | 6 | 0 | HO 457, HO 561, HO 562, HO 563, HO 564 | Compulsory | 1, 2, 3, 8, 9, 10 |
TOTAL CREDIT SEMESTER 6 | 6 |
- UCSI Malaysia
- Taylor’s University Malaysia
- Notre Dame Marbel University, Philippines
- CITIS Kompas Gramedia
- Modena Indonesia
- Archipelago Internasional
- Kawan Lama Sejahtera
- Santika Indonesia
- Century Park Hotel Jakarta
- Hotel Ciputra Jakarta
- Le Meridien Jakarta
- Parador Hotels & Resorts (PT Paramount Management International)
- Pullman Jakarta Central Park
- Ritz Carlton Kuningan Jakarta
- Santika Premiere ICE BSD
- Novotel Tangerang
- Oakwood Hotel & Residence Surabaya
- Renaissance Bali
- The Westin Jakarta
- Episode Hotel Gading Serpong
- Intercontinental Jakarta Pondok Indah
- Sultan Hotel & Residence Jakarta
- Notre Dame of Marble University
- Universiti Teknologi MARA, Malaysia
- Universiti Teknologi MARA, Malaysia
- Universiti Teknologi MARA, Malaysia
- Centre for Research and Innovation in Tourism (CRiT)
- PT Indotama Sentosa Lestari
- Reine des Mers
- Indonesian Chef Association
- Gramedia
- Kelompok Sadar Wisata Kampung Wisata Keranggan (Ekowisata Keranggan)
- Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan
- Desa Serdang Wetan
- Desa Lengkong Kulon
Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.
Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik
Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.
LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN
Rekapitulasi Penelitian Internal - Perhotelan
PkM-Dana Mandiri dan PT Internal
PkM-Pembiayaan Dalam Negeri Di Luar PT
Rekapitulasi Hak Cipta 2021
Rekapitulasi Hak Cipta 2019
Rekapitulasi Hak Cipta 2018
Achievement Lecturer
Academic Achievement Students
Non-Academic Achievement Std
D3 Perhotelan
Untuk menunjang proses belajar-mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.