Networking, Kunci Sukses Jurnalis Lepas
April 28, 2015CNN Indonesia Goes to UMN: Bagi-Bagi Ilmu Soal Jurnalisme Online
April 30, 2015Iklan yang baik tentulah iklan yang berhasil menggugah masyarakat untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Namun, dalam praktiknya, hal ini tidaklah mudah dilakukan. Dibutuhkan kombinasi ide unik yang diramu dengan konsep serta eksekusi yang matang. Wilhan Budiman dan Bernadeth Natasha, mahasiswa tingkat dua Desain Komunikasi Visual (DKV) UMN berhasil membuktikan bahwa mereka mampu melakukannya.
Dalam Bango Visual Design Competition yang digagas oleh DKV UMN dan DKV Binus, keduanya diminta untuk membuat sebuah desain visual untuk materi iklan kecap Bango. Bertemakan Kuliner Indonesia, mereka harus menghasilkan karya yang mampu merepresentasikan kecap Bango sebagai kecap yang paling pas menjadi paduan berbagai varian makanan khas Indonesia. Hasilnya? Dengan bermodal ide dan kreativitas yang tinggi, mereka berhasil mengalahkan 200 peserta lainnya.
Wilhan Budiman sebagai juara 1 di dalam kompetisi ini mengusung ide yang terbilang cukup unik. “Iklan yang saya buat bermaksud merepresentasikan cita rasa yang dapat dihasilkan oleh kecap Bango. Saya mevisualkannya dengan membuat ilustrasi makanan kuliner Indonesia yang seakan meledak keluar dari botol kecap,” tukasnya.
Sedangkan di sisi lain, Natasha berusaha menghadirkan simbolisasi Indonesia melalui wayang yang memegang nampan berisi makanan dan sebotol kecap Bango. “Wayang itu adalah salah satu simbol Indonesia dan saya rasa bisa merepresentasikan Indonesia dengan baik. Selain itu, makanan yang ada di nampan saya buat sebagai siluet. Maksudnya adalah kecap ini tidak hanya cocok untuk satu jenis makanan tertentu saja tetapi bisa untuk berbagai jenis makanan Indonesia.”
Keduanya mengakui bahwa keikutsertaannya dalam lomba ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Campaign Design. Oleh sebab itu, awalnya baik Wilhan maupun Natasha tidak berharap akan keluar sebagai juara. Namun, tanpa disangka ternyata karya mereka berdua berhasil mencuri hati para dewan juri.
“Kaget begitu tahu karya kami keluar sebagai pemenang. Wilhan juara satu dan saya juara dua. Saya berharap dengan prestasi ini nama UMN menjadi lebih terdengar gaungnya di luar sana. Ternyata, mahasiswa DKV UMN bisa membuat karya yang bagus-bagus,” kata Natasha. Tak hanya itu saja, Wilhan pun berharap prestasi ini menjadi batu loncatan supaya ke depannya mereka dapat menjadi desainer handal.
Dalam pengumuman juara sekaligus penyerahan hadiah pada Senin, (27/4) lalu di Kampus UMN, Wilhan sebagai juara pertama berhasil mendapatkan Laptop HP Pavilion 14-vo39TX dan Natasha sebagai juara kedua mendapatkan Laptop Lenovo z40-75.
Selamat, Wilhan dan Natasha! Jangan berhenti mengukir prestasi, ya.(*)
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi | Manajemen | Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id