Magister: Pengertian, Program Studi, dan Alasan Kenapa Penting Lanjut Kuliah S2
Juni 13, 2024Tips Menjaga Keseimbangan Antara Kuliah dan Karir, Work Life Balance Tetap Mengalir!
Juni 13, 2024Kenalan dengan Magister Ilmu Komunikasi UMN, salah satu pilihan gelar pascasarjana di UMN. Image by lifestylememory on Freepik
Ilmu komunikasi adalah salah satu bidang yang sedang diminati. Permintaan akan lulusan ilmu komunikasi oleh industri cukup tinggi dan terus meningkat karena berkembangnya bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Tak heran jika kamu pun saat ini terpikir untuk mengasah ilmu komunikasimu menjadi lebih dalam dengan mengambil program kuliah magister Ilmu Komunikasi. Saat ini, Universitas Multimedia Nusantara, yang merupakan bagian dari grup Kompas Gramedia, juga memiliki program studi Magister Ilmu Komunikasi.
Buat kamu yang berminat melanjutkan studi, yuk kenalan dengan Magister Ilmu Komunikasi (Masters in Communication Science) UMN telah meraih gelar akreditasi Unggul. Kita kupas tuntas salah satu pilihan gelar pascasarjana di UMN ini.
Apa itu Magister Ilmu Komunikasi (MIK) UMN?
Magister Ilmu Komunikasi UMN tidak hanya mempelajari teori komunikasi semata, tetapi juga penerapan secara praktis. Para lulusannya dipersiapkan untuk dapat menjelaskan dan memecahkan berbagai macam masalah komunikasi strategis, baik di dalam bidang komunikasi pemasaran maupun komunikasi korporasi.
Penekanan yang ada dalam pembelajaran program Magister Ilmu Komunikasi adalah pada kemampuan dalam mengantisipasi disrupsi yang ditimbulkan oleh transformasi digital yang ada di dalam industri dan masyarakat
Baca Juga: 5 Prospek Kerja Lulusan Komunikasi Strategis
Konsentrasi Magister Ilmu Komunikasi UMN
Berangkat dari penjelasan di poin sebelumnya, jurusan Magister Ilmu Komunikasi memiliki dua buah konsentrasi yang dapat dipilih oleh para mahasiswanya. Kedua konsentrasi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Komunikasi Korporasi Digital (Digital Corporate Communication)
Konsentrasi yang satu ini menitikberatkan pada pemahaman dan keterampilan pada aspek komunikasi, korporasi, manajemen, bisnis, dan teknologi digital.
Diharapkan, mahasiswa MIK yang mengambil konsentrasi ini dapat meneliti, memahami, dan mengantisipasi perubahan yang terjadi dalam industri. Selain itu, mereka juga dapat berperan aktif dalam memberikan solusi dari berbagai masalah komunikasi korporasi yang muncul seiring dengan perubahan itu.
Masalah komunikasi yang biasa ditangani oleh lulusan MIK konsentrasi Komunikasi Korporasi Digital, antara lain adalah pembangunan citra korporasi (corporate image), identitas korporasi (corporate identity), dan reputasi korporasi (corporate reputation) melalui pendekatan omni-channel dengan mengintegrasikan pengunaan media digital dan media konvensional.
2. Komunikasi Pemasaran Digital (Digital Marketing Communication)
Sesuai Namanya, konsentrasi Komunikasi Pemasaran Digital menitikberatkan pada pemahaman dan keterampilan dalam aspek komunikasi, pemasaran, manajemen, bisnis, dan teknologi digital.
Lulusan MIK yang mengambil konsentrasi ini diharapkan mampu meneliti, memahami, dan mengantisipasi perubahan yang berlangsung dalam industri dan masyarakat, serta menawarkan pemecahan terhadap berbagai masalah komunikasi pemasaran yang muncul seiring dengan perubahan tersebut.
Bagaimana cara memberikan solusi dalam komunikasi pemasaran? Sebagai contoh, melalui penyusunan dan penerapan strategi pemasaran terpersonalisasi (personalized marketing) atau penjaminan transparansi pengunaan data (data transparency) dalam pemasaran demi menjamin keamanan data privat milik pelanggan (consumer data protection).
Keunggulan program Magister Ilmu Komunikasi UMN
Baru-baru ini, jurusan Magister Ilmu Komunikasi UMN telah berhasil meraih akreditasi Unggul yang menjamin mutu dan kualitas dari jurusan ini. Lalu, selain itu apa lagi keunggulan program MIK UMN yang membuatnya berbeda dari program S2 ilmu komunikasi di universitas lain?
-
- MIK UMN memiliki sarana dan prasarana lengkap untuk mendukung perkuliahan. Misalnya saja collaborative learning, perpustakaan yang memiliki literatur yang memadai, laboratorium collabo-hub, laboratorium produksi multimedia, dan akses ke jurnal internasional. Jadi kamu tidak perlu pusing lagi jika harus mencari referensi dalam mengerjakan tugas atau karya ilmiahmu.
- MIK UMN telah menjalin kerja sama dengan lembaga riset, non-government organization (NGO), pemerintah, industri, dan inkubator bisnis Skystar Ventures untuk pengembangan kewirausahaan menuju technopreneurship.
- Tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya. Tengaga pengajar MIK UMN memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari akademisi hingga praktisi. Dijamin bakal membuat ilmu yang akan kamu dapatkan nantinya lengkap.
- Kurikulumnya up-to-date dan menekankan pada aspek komunikasi digital, inovasi, manajerial, dan budaya yang direpresentasikan.
- Sistem pengajarannya modern berbasis multimedia. Selain itu, sistem pengajarannya juga menerapkan collaborative learning, blended learning, case study, dan problem solving. Di beberapa sesi perkuliahan, akan ada guest lecturer dari praktisi yang berpengalaman di industri komunikasi.
Durasi Kuliah dan Gelar Pascasarjana Magister Ilmu Komunikasi UMN
Pada umumnya, kuliah Magister Ilmu Komunikasi UMN bisa diselesaikan dalam waktu 1,5 tahun atau dalam 3 semester. Adapun total SKS yang harus diambil berjumlah 38 SKS.
Nantinya, setelah berhasil melalui sidang tesis, maka lulusan MIK UMN akan layak untuk menyandang gelar pascasarjana M.I.Kom (Magister Ilmu Komunikasi) di belakang namanya.
Prospek Karir Lulusan Magister Komunikasi UMN
Beberapa peluang karir bagi lulusan Magister Ilmu Komunikasi antara lain adalah sebagai berikut:
- Corporate Communication Manager
- Communication Strategic Consultants
- Social Media Manager
- Digital Marketing Communication Manager
- Brand Manager
- Akademisi
- Peneliti.
Baca juga: List Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi, Mahasiswa Ilkom Wajib Catat!
Itulah penjelasan mengenai Magister Ilmu Komunikasi, salah satu gelar pascasarjana UMN. Semoga semakin meyakinkanmu untuk bergabung menjadi salah satu mahasiswa S2 UMN, ya.
Bila kamu tertarik untuk mendaftar sebagai mahasiswa program MIK UMN, kamu bisa mendaftarakan dirimu sekarang di sini.
Sumber:
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id