Siapkan Diri Menjadi Data Scientist Profesional dengan Kenali Kompetensi Ini
Juli 8, 2021IMOVICCON 2021 Angkat Topik “Visual Storytelling in Digital Society”
Juli 9, 2021Aktivitas memperkenalkan brand dengan tujuan agar produk bisa dikenal baik dan luas oleh masyarakat merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap perusahaan. Dalam dunia bisnis, aktivitas ini biasa disebut dengan istilah marketing yang berarti pemasaran. Mengikuti perkembangan teknologi dari zaman ke zaman, kata digital pun turut disematkan pada kegiatan marketing ini sehingga orang mengenalnya dengan sebutan digital marketing. Menagapa? Sebab, kebanyakan perusahaan kini lebih banyak dan senang melakukan pemasaran melalui sejumlah platform yang terhubung dengan jaringan internet.
Dari sekian banyak banyak platform yang tersedia di dunia maya, media sosial menjadi alat yang paling banyak digunakan dalam digital marketing. Hal ini lantaran media sosial dianggap sebagai platform yang dimiliki oleh hampir setiap orang. Dengan begitu, iklan yang diluncurkan akan lebih mudah dan cepat dijangkau oleh target konsumen. Aktivitas ini akan lebih maksimal, jika didukung oleh ilmu data science. Nantinya, data science berperan dalam memahami kinerja industri pemasaran sebelum menerapkan teknik-teknik digital marketing. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah mengetahui alat digital marketing apa yang paling tepat untuk memasarkan produknya. Kali ini DQLab akan bahas apa saja manfaat penggunaan data science dalam digital marketing. Simak informasinya yuk!
1. Memahami Perilaku Pelanggan
Selain pengertian di atas, digital marketing juga dapat diartikan sebagai aktivitas membangun koneksi melalui jaringan yang terus berkembang dan tersebar luas, seperti melalui apapun yang tersambung dengan jaringan internet. Dengan adanya bantuan dari tenaga data scientist, perusahaan dapat mengetahui letak pasar yang tepat untuk produknya. Data science juga bisa dimanfaatkan untuk memahami perilaku pelanggan/user. Misalnya, pada website tertera keyword sepatu pria dan sepatu putih. Selang beberapa hari, data scientist akan menganalisis berapa orang yang memilih keyword sepatu pria dan sepatu putih. Dengan menerapkan metode ini, perusahaan bisa mengetahui keyword mana yang merepresentasikan preferensi pelanggan dengan keyword yang paling banyak dicari.
Baca juga Mengenal Profesi Data Scientist
2. Menekan Biaya Marketing
Pada perencanaannya, marketing dilakukan semata-mata guna mendorong Return on Investment (ROI) terbesar dengan menekan angka biaya pengeluaran. Namun pada praktiknya, seringkali tidak sesuai dengan perencanaan. Pengeluaran justru melebihi anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini terjadi akibat strategi pemasaran yang kurang matang. Oleh sebab itu, dalam hal ini data science sangat dibutuhkan untuk membuat model pengeluaran yang dapat membantu memanfaatkan pengeluaran secara lebih baik dengan menganalisis data pengeluaran. Sehingga, marketer dapat menyalurkan rencana keuangan dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan keuntungan.
3. Memprediksi Konten Menarik
Selain mendatangkan 2 keuntungan tersebut, pemanfaatan data science dalam marketing juga dapat membantu perusahaan untuk memahami informasi di pasar. Caranya adalah dengan bantuan model prediksi berbasis data yang sangat kompleks. Setelah memahami apa yang diinginkan dan diharapkan pelanggan, kemudian perusahaan mulai untuk membangun dan mengenalkan kampanye.
Jika perusahaan berhasil memahami keresahan pelanggan, perusahaan dapat membuat konten seputar keresahan tersebut dengan cara yang unik. Sehingga, konten yang dihasilkan cenderung lebih bisa mengambil hati audiens. Ciri-ciri konten yang baik di antaranya yakni mudah dipahami, asli, dan dapat ditindaklanjuti.
Baca juga Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!
4. Belajar Data Science Lewat Kursus Online? Bisa!
Belajar secara mandiri adalah salah satu bentuk pemanfaatan perkembangan teknologi. Kini, ilmu pengetahuan tidak hanya bisa didapatkan melalui pendidikan formal, kamu bisa mendapatkannya dari sejumlah tempat kursus, bahkan berbasis online. DQLab salah satunya. Kamu bisa belajar di sini dengan mengerjakan sejumlah modul yang telah disediakan. Modul tersebut bisa kamu akses secara gratis yang bisa kamu pelajari sendiri dengan bantuan fitur Live Code Editor yang sudah DQLab sediakan.
*by Annisa Widya Davita – DQLab
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id