Seminar Ultigraph UMN 2021: Tips Bangun Bisnis dan Personal Branding di Industri Kreatif
Oktober 28, 2021Webinar Startalk: Mengembangkan Iklan Kreatif yang Melibatkan Audiens Startup
Oktober 28, 2021TANGERANG – Keluarga Alumni Universitas Multimedia Nusantara (KAMI UMN) bekerja sama dengan Biztatic menyelenggarakan masterclass dengan tajuk utama “Be Unique & Attractive in Workspace”. Adapun masterclass ini dibagi menjadi empat sesi, yaitu “Speech”, “Personal Branding”, “Self Construction”, dan “Marketing Communication”. Pada Selasa malam (26/10/21) ini pun telah berlangsung kelas keduanya, “Personal Branding”, dengan mengundang narasumber Yunike Haskins selaku alumni UMN dan Miss Indonesia Sulawesi Barat 2016.
Menurut Yunike, personal branding adalah sebuah proses membangun (build), menarik (attract), dan menjaga (maintain) perspektif publik tentang diri sendiri. Ia mengatakan personal branding ini sangat penting untuk mengontrol reputasi diri, memanajemen kesan orang lain terhadap diri sendiri, dan memaksimalkan jalur karier ke depannya. Untuk itu, personal branding juga mengharuskan diri untuk bisa mengenal diri sendiri.
“Apa pun karier yang kalian pilih itu akan lebih gampang banget kalau kalian sudah mengenal diri kalian sendiri. Karena mengenal diri kalian sendiri itu benar-benar akan nge-link-nya ke perspektif orang-orang melihat kalian gimana,” ungkap Yunike.
Terkait definisi itu, Yunike pun memaparkan satu per satu tips personal branding mulai dari membangun (build), menarik (attract), dan menjaga (maintain). Pertama, Yunike menguraikan secara mendetail cara membangun (build) personal branding. Hal ini terdiri dari mencari tahu latar belakang diri sendiri, kekurangan diri sendiri, kredibilitas diri sendiri, impian di masa depan, perbedaan diri sendiri dengan role model-nya, keunikan diri sendiri, dan nilai yang ingin dijadikan prinsip dalam diri sendiri.
Baca juga Masterclass Public Speaking Biztatic 2021, Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Umum
Setelah selesai mencoba untuk mengenali diri melalui hal tadi, tahap selanjutnya adalah cara untuk menarik (attract) perhatian orang lain. Hal ini dapat dilakukan dengan menampilkan dan mempromosikan diri sendiri melalui berbagai keterampilan yang dimiliki. Adapun keterampilan ini juga dapat diasah dengan mengikuti berbagai komunitas, pelatihan, ataupun organisasi. Selain mengasah keterampilan baru, Yunike mengatakan hal ini pun dapat membantu kita mendapatkan koneksi baru dengan orang lain. Di sisi lain, Yunike juga menekankan pentingnya untuk memiliki sikap yang baik dan menjadi pendengar yang baik.
“Otomatis orang-orang yang positif lebih gampang di-approachable-nya. Cheerful, ramah, dan lain-lain. Orang jadi penasaran juga buat kenalan dengan kamu. Selain itu, kita juga harus jadi temen-temen yang baik juga. Kita juga harus bisa jadi a good listener,” kata Yunike.
Terakhir adalah cara menjaga (maintain) personal branding yang sudah dibangun. Beberapa tips dari Yunike, antara lain menjadi relevan dengan terus mengikuti informasi terkini, meningkatkan keterampilan secara terus-menerus, menjaga koneksi dengan orang lain secara daring dan luring, dan selalu memiliki sikap yang positif. Ia pun berpesan untuk tidak menjadi palsu (fake) dengan diri sendiri supaya segala sesuatu dapat dilakukan dengan nyaman. Selain itu, ia juga menyarankan untuk mengambil setiap peluang yang ada dan tidak takut terhadap kegagalan.
“Kalau kalian sudah build, attract, and maintain, yang selanjutnya dapat kalian lakukan adalah renovating. Analoginya seperti membedah rumah. Tetap changing sesuai dengan tren karena kalau kalian terus di situ-situ saja, ya being outdated,” papar Yunike.
By Melinda Chang | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id