Jurusan Computer Science: Pengertian dan Prospek Karirnya
Juli 1, 2023Apa Saja Perlengkapan Kuliah Maba yang Harus Dipersiapkan?
Juli 1, 2023Digital marketing dan jurusan kuliahnya. Photo by rawpixel.com at Freepik
Apa itu Digital Marketing? Seperti namanya, digital marketing adalah sebuah strategi atau upaya untuk mempromosikan suatu produk atau jasa memlalui segala jenis media digital, baik menggunakan internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung. Seperti yang bisa kita lihat beberapa waktu belakangan ini, semakin banyak orang yang membeli suatu barang atau jasa melalui media digital. Pengguna Internet yang mencapai 59,5% di seluruh dunia turut memicu pertumbuhan platform e-commerce dan transaksi online lainnya. Tidak mengherankan kemudian digital marketing menjadi cara pemasaran yang sangat efektif.
Banyak perusahaan yang mulai yang memberikan porsi budget iklan lebih banyak di dunia digital. Mereka memaksimalkan kampanye-kampanye iklannya di sana.
Kepopuleran digital marketing membuka banyak lahan pekerjaan baru yang bersentuhan dengan ranah ini. Peluang karirnya pun terbuka lebar. Tak heran, semakin banyak pula mahasiswa yang ingin menjadi seorang digital marketer yang andal dan kompeten di bidangnya.
Profesional yang bekerja di bidang digital marketing berpotensi mendapatkan gaji tinggi. Gaji rata-rata para digital marketer adalah Rp7.100.000. Namun, hal ini kembali lagi kepada industri, perusahaan, serta posisi para digital marketer itu bekerja.
Jurusan Kuliah untuk Para Digital Marketer
Lantas, jika ingin menjadi seorang digital marketer, jurusan apa saja yang bisa diambil oleh mahasiswa? Inilah 4 jurusan kuliah yang layak kamu pertimbangkan jika nantinya ingin terjun dalam dunia digital marketing.
Manajemen
Dalam digital marketing, penguasaan ilmu bisnis juga diperlukan untuk meningkatkan performa perusahaan termasuk dalam hal meningkatkan penjualan. Itulah sebabnya sebelum terjun ke dalam industri digital, kamu juga perlu belajar di program studi yang terkait dengan bisnis seperti Manajemen. Di program studi manajemen dan belajar soal proses dan strategi bisnis digital, kamu akan bisa belajar menganalisis pasar, menentukan target market, serta mengembangkan strategi hingga akhirnya produk perusahaanmu mampu menarik konsumen di target market itu.
Prospek karir: Manajer Pemasaran Digital, Konsultan Bisnis, Manajer Pemasaran Produk, Perencana Bisnis Berkelanjutan, Analis Manajemen Bisnis.
Baca Juga : Lengkap! 25 Istilah Digital Marketing, Marketer Perlu Catat
Sistem Informasi
Dalam jurusan Sistem Informasi, kamu bisa mempelajari ilmu gabungan antara ilmu teknologi informasi dan bisnis. Kamu akan belajar menciptakan dan membangun sistem yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengelola sebuah bisnis. Lalu, melalui data-data yang diperoleh, kamu bisa mempelajari bagaimana menganalisis, mengolah, dan memvisualisasikannya untuk dijadikan pertimbangan oleh manajemen bisnis dalam mengambil keputusan di perusahaan.
Salah satu kampus swasta terbaik berakreditasi A, Universitas Multimedia Nusantara, memiliki jurusan Sistem Informasi. Di jurusan yang berfokus pada mahadata ini, kamu bisa memilih beberapa peminatan, seperti Big Data Specialist, IT Governance Specialist, Enterprise Planning Specialist, dan Database Specialist.
Prospek karir: Information System Specialist, Big Data Specialis, IT Governance Specialist, ERP Specialist, Database Specialist.
Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer
Berbicara mengenai industri digital, maka secara tak langsung akan bersinggungan dengan dunia permrograman. Maka, jika ingin terjun dalam industri digital, tak heran jurusan yang paling bersinggungan langsung adalah jurusan yang terkait dengan bidang komputer dan teknologi, seperti Teknik Informatika dan Teknik Komputer.
Dengan mengambil salah satu jurusan di atas, kamu akan lebih memahami bahasa pemrograman yang menjadi modal menjalani karir di industri digital. Sebab, selain memastikan sistem dapat berjalan dengan baik, kamu juga bisa menciptakan inovasi-inovasi baru.
Prospek karir: Programmer, Analis Sistem Komputer, Web Developer, Software Developer, Front End Developer, Full Stack Developer, Back End Developer, Database Administrator, Quality Assurance.
Ilmu Komunikasi
Salah satu jurusan yang akan membekalimu dengan amunisi penting sebagai digital marketer adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Dalam jurusan ini, kamu tidak hanya akan belajar cara berkomunikasi dengan orang lain saja. Selain itu, kamu juga akan belajar membuat perencaan marketing serta cara menyajikan konten yang tepat dan disukai oleh target market.
Itulah sebabnya, kemampuan berkomunikasi dan menyampaikan ide merupakan keahlian penting dan menjadi salah satu ujung ombak dalam digital marketing. Perusahaan membutuhkan perantara dan medium yang tepat untuk menyampaikan produk dan jasa yang dijualnya kepada konsumen secara tepat dan kreatif.
Prospek karir: Manajemen Pemasaran, Telemarketer, Content Writer, Copy Writer, Email Marketer.
Baca Juga : Mahasiswa Bisa Manfaatkan Data-Driven Digital Marketing untuk Sosial Media
Demikianlah pengertian dan 4 jurusan kuliah yang bisa kamu pilih jika ingin terjun dalam dunia digital marketing. Berminat untuk mendaftar menjadi mahasiswa jurusan Manajemen, sistem Informasi, Informatika, Teknik Komputer ataupun Ilmu Komunikasi UMN? Akses informasi dan pendaftarannya di sini. Kamu juga bisa mengirimkan email ke [email protected] untuk bertanya-tany mengenai jurusan yang kamu sukai. Mari bergabung dan mulai karirmu di masa depan bersama UMN!
Sumber:
Writtern by Grace Natali | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id