Universitas Multimedia Nusantara dan Indonesia SIPF Tanda Tangani Nota Kesepahaman Pengembangan Galeri Investasi BEI
Februari 24, 2021Webinar Perhotelan UMN: Persiapan Menjadi Hotelier di Era Disrupsi
Maret 1, 2021Memilih profesi sebagi orang yang bergelut di bidang data science, tentu perlu mempersiapkan diri terlebih dulu agar bisa menjadi praktisi data berkompeten. Salah satu langkah awalnya adalah mempelajari sekaligus menguasai Microsoft Excel. Excel merupakan software yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft dibuat khusus untuk mencatat, menyimpan, dan mengolah data. Software ini memiliki bermacam-macam fitur, mulai dari rumus operasi hitung matematika dasar seperti penjumlahan, perkalian, pembagian dan lain sebagainya hingga rumus statistika yang sangat kompleks.
Umumnya, orang-orang yang berkecimpung di industri data akan mempelajari Excel terlebih dulu sebelum melangkah ke tingkat lanjut mengoperasikan bahasa pemrograman seperti Python dan R. Bahkan, hampir di seluruh perusahaan menggunakan Excel sebagai alat tempur mereka dalam mengolah data. Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak info selengkapnya ya!
Pengertian & Fungsi Microsoft Excel
Excel merupakan software pengolahan data yang menggunakan spreadsheet. Spreadsheet sendiri merupakan kumpulan cell yang terdiri dari baris dan kolom. Dalam satu halaman worksheet total kolom yang tersedia adalah 16384 kolom dan 1048576 baris, sehingga total cell yang ada dalam satu lembar worksheet adalah 17179869184. Kelebihan yang dimiliki Excel antara lain adalah user interface yang mudah dipahami dan dipelajari, kompatibilitas dengan berbagai sistem dan platform, memiliki formula pivot untuk mempermudah manajemen data, membutuhkan RAM dan memori lebih kecil, mendukung value basic, dan masih banyak lainnya.
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Excel merupakan software yang digunakan hampir di seluruh perusahaan. Kemudahan dan fitur yang ditawarkan Excelsd Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik, membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan, menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain sebagainya, melakukan analisis dan riset harga, mengkonversi mata uang, membuat grafik persamaan matematika, dan lain sebagainya.
Baca juga Belajar Excel : Awali Langkah Karirmu sebagai Praktisi Data dengan Belajar Excel Platinum di DQLab!
Pengertian Workbook, Bagian-Bagian Workbook, dan Fungsinya
Pada Excel terdapat isitilah workbook yang berarti buku kerja untuk melakukan manajemen data yang dapat menyimpan lebih dari satu worksheet. Istilah worksheet sendiri merupakan lembar kerja elektronik yang berisi kumpulan-kumpulan cel tempat menginput dan mengolah data. Fungsi workbook berkaitan dengan seluruh perintah yang ada pada microsoft excel. Secara default nama workbook pada Microsoft Excel adalah “Book1”. Quick Access Toolbar berfungsi untuk menampilkan perintah yang sering digunakan pada Microsoft Excel dan dapat mengurangi atau menambah perintah yang ditampilkan pada Quick Access Toolbar.
Control windows berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel, yaitu memperbesar, memperkecil, serta menutup jendela Microsoft Excel. Bagian menu bar merupakan kumpulan perintah-perintah pada microsoft Excel. Index baris atau lebih dikenal dengan baris berfungsi untuk menampilkan index baris pada Microsoft Excel yang diidentifikasi dengan angka 1 hingga 1048576. Tab Worksheet berfungsi untuk menambah atau mengurangi worksheet serta memilih worksheet yang akan digunakan pada lembar kerja.
Pengertian Ribbon dan Fungsi-Fungsinya
Pada dasarnya setiap menu bar terdiri dari ribbon. Ribbon itu sendiri adalah tempat perintah-perintah atau grup perintah yang sebagian besar dilengkapi dengan ikon perintah atau command button, dan masing-masing command button mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Seperti pada menu tab Microsoft Excel 2007 misalnya, di sana akan terlihat home, insert, page layout, formulas, data, review, dan view.
Menu home pada microsoft excel berisi perintah yang paling sering digunakan. Command group yang ada di menu home adalah clipboard, font, alignment, number, styles, cells, dan editing. Command group yang ada menu insert di microsoft excel 2007 adalah tables, illustrations, charts, links, dan text. Command group yang ada di menu page layout adalah themes, page setup, scale to fit, sheet options, dan arrange. Pada menu formulas, ada beberapa command group, antara lain function library, defined names, formula auditing, dan calculation. Pada menu data, ada lima command grup yaitu get external data, connections, short and filter, data tools, dan outline. Pada menu review dan view masing-masing terdapat tiga dan lima command group. Di menu review ada command group proofing, comments, dan changes, sedangkan di menu view ada command group workbooks view, show/hide, zoom, window, dan yang terakhir macros.
Baca juga Kelola Keuangan dan Investasimu Hanya dengan Excel, Yuk Intip Caranya!
Mulai Bergabung dengan DQLab, Belajar Excel Jadi Lebih Mudah
DQLab sebagai platform edukasi data science berbasis online hadir untuk membantu kamu yang ingin mengenal dan memperdalam ilmu data science. Tak ketinggalan, kamu pun juga bisa belajar mengenai pengoperasian Microsoft Excel bersama DQLab. Caranya mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah berikut ini ya!
- Klik “Beli” Pada Module Excel Platinum
- Klik Add to Cart
- Klik Keranjang Belanjanya
- Lanjut ke Payment Sampe Selesai
- Dapat di Beli Oleh Free dan Premium Member
By: DQ Lab
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id