KOICA-Silla-UMN SelenggarakanSmart Factory Workshop & Cloud Big Data Forum
Desember 9, 2021Prodi Teknik Fisika UMN Bersama GBCI Adakan Greenship Associate Training sebagai Bentuk Komitmen Sebarkan Green Mindset
Desember 9, 2021TANGERANG – Program “GEN Z Innovator Search Program” yang diselenggarakan oleh Isobar (a Group of Dentsu Indonesia) bersama Ajinomoto mengumumkan tiga ide bisnis terbaik pada Rabu (08/12/21). Untuk selanjutnya, tiga ide bisnis terbaik ini pun akan direalisasikan ke tahap new development product.
Sebelumnya, 11 mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara yang dibagi menjadi tiga kelompok telah dikirim untuk berpartisipasi dalam program ini untuk pendampingan ide bisnis selama enam bulan. Di sini, tiga tim dari UMN ini juga bersaing dengan tiga tim dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada untuk menghasilkan ide bisnis terbaik.
Tiga ide bisnis terbaik yang diumumkan ini, meliputi “Vegemate – Plant Based Seasoning” oleh Generatione, “Sajicube” oleh Team 3, dan “Imaji” oleh Team 5. Adapun “Imaji” ini merupakan salah satu ide bisnis terbaik yang berasal dari UMN. Ide bisnis ini digarap oleh Astika Prima Nitular (Ilmu Komunikasi UMN 2018), Rachel Anastasia (Desain Komunikasi Visual UMN 2018), dan Angelina Sanjaya (Sistem Informasi UMN 2018). Mereka berasal dari lintas jurusan yang juga berkolaborasi secara langsung dengan tim di Isobar dan Ajinomoto.
Chief Executive Officer Dentsu One, Janoe Arijanto mengungkapkan pemilihan tiga ide terbaik ini bukanlah proses yang mudah. Menurutnya, ide bisnis yang ditawarkan setiap tim memiliki kualitas terbaiknya masing-masing. Kriteria penilaian tiga ide bisnis terbaik ini, terdiri dari memberikan solusi penyelesaian masalah kepada masyarakat, memberikan ide bisnis yang jelas dan kuat untuk menyelesaikan masalah, memiliki nilai kebaruan, memiliki relevansi terhadap jenama Ajinomoto, memiliki potensi untuk memperbesar pasar bisnis Ajinomoto, memberikan kemudahan untuk dieksekusi oleh Ajinomoto.
President Director PT Ajinomoto Sales Indonesia, Koichi Ozaki turut mengatakan program ini dapat menjadi peluang yang baik untuk pengembangan karier di masa depan. Ia pun berharap ide bisnis ini dapat diwujudkan secara baik. Sanada dengan itu, Irwan Fakhruddin selaku Dosen Ilmu Komunikasi UMN sekaligus Koordinator Program ini dari UMN mengatakan program ini sangat baik untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa. Hal ini terutama dalam perancangan solusi untuk jenama suatu bisnis.
“Ini sebuah simulasi yang bagus, yang modelnya itu berbeda dengan magang biasa karena mereka benar-benar menjalani sebuah program selama enam bulan. Mereka mendapatkan sesi training, mentorship, dan brainstorming langsung dengan client,” jelas Irwan.
by Annisa Maulida & Melinda Chang | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id