UMN LibTalk: From Creative Idea to Creative Content
Januari 29, 2021Jadi Satu-satunya Perwakilan Indonesia, “Ahasveros” Karya UMN Pictures Tembus Kancah Internasional Lewat Kaboom Animation Festival 2021
Februari 2, 2021TANGERANG – Galeri Investasi Universitas Multimedia Nusantara merancang Game Saham Terlindungi (GASING) untuk mengedukasi anak SMU. GASING merupakan permainan pembelajaran saham dengan bentuk simulasi trading yang disajikan secara interaktif, edukatif, dan menyenangkan. Pemain akan mendapatkan pembelajaran teknik analisis saham, sehingga dapat mempertimbangkan risiko dan return dalam melakukan investasi saham.
Game GASING memiliki fitur pemilihan karakter/avatar dengan rumah yang dilengkapi dengan perabotan, dan modal awal yang dapat digunakan trading saham. Untuk naik level, pemain harus meningkatan skill avatar dengan pekerjaan dan jumlah profit yang didapatkan dari hasil trading. Harga saham yang ditampilkan pada permainan merupakan harga real-time yang terdapat pada IDX-Indonesia Stock Exchange dengan beberapa stock list.
Konsep game yang sudah dapat diunduh di smartphone berbasis Android yang digarap oleh anggota Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM), dosen, dan Galeri Bursa Efek Indonesia Banten. Melalui game ini diharapkan muncul kesadaran bahwa berinvestasi saham itu aman karena mendapatkan proteksi dari lembaga keuangan yang dijamin pemerintah yakni SIPF. Perancangan game ini membawa Galeri Investasi UMN meraih Juara 4 pada Business Plan Paper Competition Indonesia SIPF.
Business Plan Paper Competition Indonesia SIPF merupakan salah satu acara dari rangkaian HUT Pasar Modal ke-43. Kompetisi serupa diikuti oleh 39 Galeri Bursa Efek yang tersebar di seluruh Indonesia. Penilaian dalam lomba meliputi inovasi terbarukan, ide menarik, tidak monoton, besar anggaran sesuai kebutuhan, dan tujuan serta manfaat yang jelas. Pemenang kompetisi akan mendapat dana bantuan sebesar 15 juta rupiah, dukungan edukasi, sosialisasi, dan kerjasama yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Tujuan utama perancangan GASING adalah mengatasi keterbatasan fisik dikarenakan pandemi Covid 19 dalam melakukan sosialisasi dan edukasi pasar modal melalui pemanfaatan digital teknologi. Disamping itu, terdapat pula manfaat untuk meningkatkan jumlah investor millennial, sekaligus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Diharapkan game ini bisa dijadikan prototype yang setelah lulus uji coba dapat dipergunakan oleh pelajar SMU di seluruh Indonesia.
“Tim selanjutnya berharap lancarnya realisasi dari business plan tersebut, sehingga akan semakin memancing para calon investor untuk melakukan investasi sejak muda dengan cara baru yang menyenangkan,” ungkap Bryan Tay selaku ketua KSPM.
by Linda Febriana Purwanto – Layanan Berita Universitas Multimedia Nusantara
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id