Selisik Forensik Linguistik: Penanganan Konflik Komunikasi
Agustus 3, 2020Menjadi Pertama Kali, Mahasiswa Arsitektur UMN Raih Dana Hibah Kemendikbud
Agustus 10, 2020TANGERANG – Perpustakaan UMN bekerja sama dengan Gramedia Digital Nusantara dan Career Development Center (CDC) UMN mengadakan Webinar Series #GDNTalks “Important Guides For Job Seeking During Pandemic”, guna membantu teman-teman yang baru lulus atau mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan di tengah pandemi.
Mencari pekerjaan, bagi lulusan tahun 2020 akan sedikit berbeda dari lulusan-lulusan biasanya. Pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan yang bertransformasi. Salah satunya dalam sistem bekerja yang dilakukan secara daring. Perubahan sistem kerja juga mempengaruhi proses penyeleksian calon pekerja.
Pada webinar kali ini, GDNTALKS menghadirkan dua praktisi Human Resources (HR) yaitu, Utamy Laksita Ningsih seorang HR Strategic Business Partner Manager di Kompas Gramedia dan Dio Rizky Anamia Regional HR Manager dari ZenRooms. Kedua praktisi HR ini datang dari dua macam perusahaan yang berbeda, korporasi dan startup.
Meski berbeda perusahaan, kedua praktisi HR ini memiliki kesamaan dalam menentukan kualifikasi pencari kerja, yaitu selalu menekankan bagi para pencari kerja untuk melakukan riset terhadap pekerjaan ataupun perusahaan sebelum melamar pekerjaan.
Dio menyarankan 3 hal bagi para fresh graduates atau pencari kerja: do research and read the requires skill, hal ini akan membuat para calon pekerja lebih mengenal dan siap akan pekerjaan yang dipilih; have a good attitude and be nice to everyone, bersikap baik dan sopan terhadap semua orang sangat penting dalam melamar pekerjaan; dan normalize internship before full time job, menormalkan magang setelah lulus kuliah juga dibutuhkan, karena selain menyiapkan diri untuk bekerja di waktu penuh, juga membuat para calon pekerja lebih memahami posisi dan tanggung jawab saat bekerja.
Selain tiga saran tersebut, Dio juga memaparkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan di masa pandemi ini, seperti orang yang memiliki self-leadership, minimal supervision, resiliensi, dan juga orang yang dapat berkomunikasi dengan baik secara virtual.
Untuk para mahasiswa, Dio dan Utami juga terus menekankan berulang kali untuk membangun portofolio kerja yang baik, dengan mengikuti berbagai organisasi, acara, atau proyek. Selain untuk menghasilkan portofolio, bergabung dalam kepanitiaan dan proyek-proyek khusus juga membuka jaringan untuk mahasiswa lebih mengenal banyak orang.
Tips terakhir bagi calon pencari kerja dari Utami adalah personal branding atau citra diri. Membangun citra diri yang baik di lingkungan masyarakat adalah hal yang penting. Personal branding dapat dimulai dari mengunggah hasil kerja atau portofolio kita ke laman atau situs-situs pencarian kerja. Selain itu, penting bagi calon pekerja untuk menghindari bad personal branding, seperti meminimalisir penyebaran ujaran kebencian di akun media sosial pribadi.
“Bersikap baik bukan berarti fake atau tidak menjadi diri sendiri, tapi lebih ke arah menebar kebaikan dibandingkan kebencian,” tutup Utami dalam webinar bersama GDNTalks kali ini. (JN/SN)
By Junelia Novi – Universitas Multimedia Nusantara News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id