Metamorfosis pada UCIFEST ke-11
April 29, 2020Belajar Menggunakan Adobe Lightroom Bersama Webinar FSD UMN
Mei 4, 2020
TANGERANG- Universitas Multimedia Nusantara melalui Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) UMN mengadakan Webinar yang bertajuk “Personal Branding in Social Media”. Webinar yang diselenggarakan pada Rabu (30/4) ini membahas mengenai bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk keperluan personal branding.
Webinar ini menghadirkan narasumber Lolita Lavietha, M.Si. selaku dosen Digital Strategic Communication& Data Analytics FIKOM UMN yang berpengalaman sebagai Content Strategist kampanye brand dan politik. Acara webinar ini dimoderatori oleh Angga Ariestya, M.Si. selaku dosen Koordinator International Communication & Global Issue FIKOM UMN.
Dalam beberapa sesi webinar, ada beberapa subtopik yang dibahas yaitu upaya memanfaatkan media sosial untuk pengembangan karier dan jejaring, serta tips praktis menggunakan media sosial untuk berbagai tujuan personal branding. Lolita sebagai membicara mengungkapkan bahwa personal branding memiliki makna yaitu apa yang orang lain katakan atau pendapat orang lain terhadap diri seseorang.
Lolita menyampaikan beberapa cara untuk mempertahankan personal branding adalah dengan cara aktif di sosial media. Cara lain yang bisa dipakai adalah mengadvokasi perusahaan dengan menampilkan ketertarikan yang tulus pada konten yang diposting perusahaan dan tempat bekerja atau kampus.
Lolita juga mengungkapkan membangun personal branding juga bisa dilakukan dengan memberikan pendapat.
“Memberikan pendapat tentang sesuatu memang mudah, tapi kadang yang susah adalah bisa menuangkan pendapat ke dalam bentuk konten orisinil. Terlibat dengan orang lain di media sosial juga dapat memperluas jaringan,” ungkap Lolita.
Lolita tidak hanya menjelaskan tahapan personal branding namun juga membagikan komponen yang membentuk personal branding.
“Personal Branding memiliki banyak komponen di dalamnya yaitu identitas, persepsi, capaian, brand, ekosistem, jaringan dan konten.” ungkap Lolita.
Webinar ini dibuka untuk umum. Salah satu peserta webinar, Audrey Mayshianie siswa kelas 12 SMA mengungkapkan ketertarikannya dengan materi yang dibawakan Lolita.
“Sangat bermanfaat karena banyak ilmu yang didapat yang berguna untuk personal branding saat kuliah nanti. Harapannya semoga ada acara seperti ini lagi dalam jangka waktu dekat.”
Seminar dihadiri oleh kurang lebih 430 orang peserta. Pada akhir sesi dibuka sesi tanya jawab yang dibuka di kolom chat zoom. (ABA/RK)
*by Adonia Bernike Anaya – Universitas Multimedia Nusantara News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id