“How to Build Your Lean Startup”: Bagaimana Berbisnis dengan Modal Kecil tapi Berdampak Besar
Maret 17, 2018Pelajari Tata Perkotaan, Mahasiswa Arsitektur UMN Kunjungi Sinar Mas Land
Maret 23, 2018Executive Sharing merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Fakultas Bisnis UMN dengan mengundang pakar industri sebagai narasumber. Executive Sharing kali ini mengambil tema Human Resources Management dengan mendatangkan Josef Bataona selaku HR Director PT Indofood Sukses Makmur.
Pada kesempatan tersebut, Josef berpesan kepada mahasiswa program studi Manajemen UMN untuk tidak mematok diri bekerja pada satu bidang saja, namun berkembanglah setiap harinya.
“Keep all option open! Jangan mematok diri bekerja pada bidang itu saja, jika ada kesempatan baik di masa depan, kita bisa melebarkan sayap untuk berkarya di bidang lain. So, Just be yourself, but better everyday! Menjadi diri sendiri saja tidaklah cukup, kita harus memastikan diri kita berkembang ke arah yang semakin baik setiap harinya,” pesan Josef saat ditemui di Lecture Theatre UMN pada Jumat (16/3).
Josef juga menjelaskan bahwa dalam era digital perusahaan harus mampu beradaptasi agar dapat bertahan. Untuk itu, perusahaan merekrut tenaga kerja yang tidak hanya memiliki kemampuan akademis dan pengalaman berorganisasi saja, melainkan juga memiliki keunikan yang membedakannya dari pelamar lain.
Saat ini, banyak perusahaan yang melakukan proses perekrutan karyawan secara online. Bahkan, model perekrutannya dapat berupa game seperti yang dilakukan oleh PT. Unilever, tempat Josef bekerja sebelumnya. Mekanismenya, pelamar mendaftarkan diri secara online. Mereka yang lolos, akan mengikuti online game assessment dan dilanjutkan dengan digital interview dan discovery centre. Training dan coaching pun dilakukan dengan gamification dan virtual internship. Dalam proses perekrutan karyawan, perusahaan menerapkan metode ULI model untuk mengukur seberapa besar risiko karyawan loyal terhadap perusahaan yang diperkirakan melalui hitungan berapa lama karyawan tersebut bertahan di perusahaan.
Baca juga: Baru Semester 1, Mahasiswa Manajemen UMN Jadi Juara 2 Kompetisi Saham Tingkat Nasional
Terkait hal ini, menurut Josef personal branding sangat diperlukan untuk membangun koneksi dalam hubungan kerja.
“Personal branding sangat diperlukan saat sedari awal melamar pekerjaan, sehingga siapa pun yang menemui kita, tidak akan pernah melupakan orang seperti apa kita. Hal ini baik untuk membangun koneksi dalam hubungan kerja,” jelas Josef.
Lebih lanjut, Josef berbagi pengalamannya sebagai pemimpin suatu perusahaan untuk membangun kedekatan emosional dengan bawahannya.
“Saya selalu menyempatkan waktu untuk menulis sendiri surat ucapan terima kasih kepada karyawan saya. Dengan begitu, mereka akan merasakan kedekatan emosional dengan atasan, sehingga mendorong mereka untuk bekerja lebih semangat lagi,” jelas Josef.
Ia menambahkan, hal-hal kecil seperti lahan parkir khusus untuk “Best Employee” atau penjemputan gratis setiap hari dengan mobil perusahaan bagi karyawan terbaik dalam bulan tersebut, dapat meningkatkan semangat kerja karyawan supaya lebih produktif.
Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Fakultas Bisnis UMN ini ditujukan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa terhadap dunia kerja professional dan membuat koneksi untuk keperluan mahasiswa bekerja setelah lulus.
“Executive Sharing dilaksanakan secara rutin untuk memperluas pengetahuan mahasiswa terhadap dunia kerja professional, serta mendorong mahasiswa belajar membuat koneksi untuk keperluan kerja setelah lulus kuliah,” ujar Dewi Wahyu Handayani selaku Ketua Program Studi Manajemen UMN.
Dewi juga berharap, ke depannya, Excecutive Sharing akan lebih sering lagi dilaksanakan dan mengundang para pakar industri yang berpengalaman di bidangnya. (*/CRA).
*by Naomi Krisanty – Universitas Multimedia News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id