Skystar Ventures UMN Kick Off Batch 8 Incubation 2021 Kembali Dimulai Dengan Menghadirkan Tujuh Startup Terpilih
February 17, 2021“UMN Berbagi” Bagikan Makan Siang untuk Warga Sekitar Kampus
February 17, 2021UMN, Gading Serpong – Career Development Center Universitas Multimedia Nusantara membuka sharing session bersama Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation untuk mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2018 kelas Corporate Social Responsibility (CSR) pada Rabu,(10/02/2021) silam.
Pada Sharing Session kali ini, mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara mendengarkan pemaparan singkat dari Hanin Dhiya perwakilan dari YCAB Foundation. Akhir sesi pemaparan semua mahasiswa diwajibkan menyiapkan pertanyaan untuk sesi tanya jawab. Pandemi membuat semua orang berada di rumah dan dengan segala kemajuan teknologi, kampanye juga dilakukan secara digital yang berarti lebih mudah untuk diakses.
Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation bekerja sama dengan sosial media Facebook, membuat wadah kampanye sosial untuk anak muda yang bertajuk ‘Do Something Indonesia’. Gerakan sosial anak muda ini menyasar berumur 15-24 tahun untuk memberikan dampak terhadap sesamanya. Gerakan yang sudah menjangkau 105 juta anak muda Indonesia ini melakukan perubahan sosial melalui beberapa topik dan aksi. Konsep topik dari kampanye ‘Do Something Indonesia’ (DSI) adalah pendidikan, kemiskinan, lingkungan, penindasan dan kekerasan, bencana alam, diskriminasi dan kesehatan fisik serta mental.
“Kampanye kami berkaitan dengan terwujudnya 10 Sustainable Development Goals yang sudah ditetapkan dan menjadi tujuan kami. Kami ingin menumbuhkan kesadaran anak muda bahwa mereka dapat menjadi agen perubahan. Anak muda diharapkan dapat menjadi lebih bijak dalam beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Hanin yang juga memfokuskan kampanye yang berorientasi pada perbaikan ekosistem untuk manusia dan makhluk hidup lainnya.
Also read Liven up National Garbage Care Day, UMN Calls Talkhsow Environment
Do Something Indonesia sendiri sudah mewadahi berbagai kampanye yang sudah terlaksana sejak tahun 2020 silam. Salah satunya adalah kampanye ‘Positive Activity’. Positive Activity ini adalah kampanye yang mengajak anak muda untuk melakukan dan membagikan kegiatan positif yang dilakukan selama pandemi dengan hashtag #DirumahAja. “Kampanye ini memiliki tujuan meningkatkan kesadaran anak muda untuk mentaati anjuran pemerintah dan tetap produktif dengan tetap di rumah saja selama pandemi,” ungkap Hanin.
Kampanye lainnya bertajuk ‘Critical Thinking’ yang mengajak anak muda berpikir kritis membedakan informasi yang mereka terima dengan tujuan menjauhkan generasi muda dari disinformasi dan misinformasi. “Postingan yang mereka rasa mengandung informasi yang menyesatkan akan di-posting ulang dengan hashtag #YukLebihKritis. Semua hashtag dipergunakan agar ada tindakan dari partisipan atau tindakan ‘Call to Action’” jelas Hanin.
Kunci dari kampanye digital yang menarik adalah objektivitas, target audiens dan key massage. Objektif berbicara tentang bagaimana cara mengukur keberhasilan sebuah kampanye secara objektif. Target Audiens adalah sasaran pengguna atau pelaku yang berpartisipasi dalam kampanye. Key Message adalah tujuan yang ingin dicapai dari kampanye dan pesan yang ingin disampaikan.
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara tidak hanya diajarkan bagaimana cara membuat kampanye digital dengan ide yang menarik, tetapi diajarkan bagaimana menerapkan strategi kampanye melalui media sosial. Campaign Strategist yang baik adalah menggunakan prinsip AIDA yaitu Awareness, Interest, Desire dan Action. Awareness adalah strategi memperkenalkan kampanye kepada audiens. Interest dan Desire berbicara bagaimana konten kampanye dapat tersampaikan ke audiens melalui konten. Action adalah tindakan nyata dari kampanye. “Awareness berbicara mengenai bagaimana cara kita meningkatkan brand awareness kita, apa konsep yang ditawarkan, siapa target dari kampanye kita dan hal-hal mendasar lainnya. Interest, Desire dan Action akan sangat bergantung pada seberapa paham audiens mengenali konten dan konsep kita.” pesan Hanin.
By: Adonia Bernike Anaya – Layanan Berita Universitas Multimedia Nusantara
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id