UMN Digital Learning (UDL) Gelar Kuliah Tamu Media Relations and Publicity Effectiveness
Juli 7, 2023UMN Tanda Tangani MoU Dengan China State Construction Fourth Engineering Division Corp
Juli 10, 2023Tangerang – Perkuliahan di pertemuan ke tujuh Mata Kuliah Introdution to Marketing Communication secara khusus mengundang Dr. Teguh Dwi Putranto, S.Pd., S.I.Kom., M.Med.Kom, dosen Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara untuk menyampaikan materi tentang Etika Periklanan. Pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, mahasiswa telah mempelajari materi-materi tentang pesan kreatif iklan hingga perencanaan media. Pengetahuan tentang Etika Periklanan kemudian menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa, karena merekalah yang nantinya akan menjadi insan-insan kreator iklan.
Etika periklanan banyak bicara mengenai isu-isu etika, lingkungan, dan regulasi tentang produksi pesan iklan. Etika periklanan mengatur tentang pesan iklan, pemeran iklan, media iklan, hingga waktu penanyangan iklan. Semua hal tersebut tercantum dalam buku Etika Pariwara Indonesia (EPI) tahun 2020 yang disusun oleh beberapa asosiasi-asosiasi yang bersinggungan dengan kegiatan produksi dan penanyangan iklan di Indonesia.
Di Indonesia sendiri, masih banyak iklan yang kerap melanggar aturan dalam Etika Periklanan Indonesia. Kesalahan yang banyak ditemui, misalnya tentang penggunaan kata “paling”, “100%”, “nomor 1”, dan kata superior lainnya. Kata superior dalam iklan harus diikuti dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini menyebabkan timbulnya kritik bahwa iklan kerap memanipulasi konsumennya.
“Menerapkan etika periklanan sama seperti kita bernapas. Ketika kita berhenti melakukannya, makan aktivitas perikalanan juga tidak akan hidup”, ujar Dr. Teguh. Oleh karena itu, dengan mempelajari Etika Periklanan, mahasiswa diharapakan untuk dapat menjadi agen dalam masyarakat yang dapat mengedukasi konsumen untuk dapat terus bersikap skeptis terhadap iklan.
By UMN Digital Learning Team
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id