Threads: Inovasi Baru yang Harus Dijamah Socmed Specialist Saat Ini
September 9, 2023Mahasiswa, Coba 5 Cara Ini untuk Dapatkan Penghasilan dan Uang Tambahan
September 10, 2023UMN Digital Learning (sumber: unsplash/weshicks)
Kalian tahu kan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)? Kegiatan pendidikan formal antara peserta didik dan pengajar yang berada di lokasi berbeda dan diajarkan dari jarak jauh tanpa ruang kelas secara fisik. Peserta didik dan pengajar harus menggunakan sistem telekomunikasi interaktif agar dapat terhubung satu sama lain.
Nah di UMN ada juga PJJ yang bernama UMN Digital Learning, menerapkan sistem pembelajaran digital yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sehingga sangat cocok bagi mahasiswa yang memiliki kendala waktu dan jarak dalam belajar di perguruan tinggi.
UMN Digital Learning sangat cocok untuk Pekerja Profesional, Entertainer, Entrepreneur, Ibu Rumah Tangga.
Program Studi
Saat ini Program Studi (Prodi) yang ada di UMN Digital Learning, yaitu Strategic Communication Fakultas Ilmu Komunikasi yang mempelajari tentang segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand, maupun perusahaan.
Selain itu mempelajari komunikasi dalam lingkup personal dan kelompok, tapi berfokus juga pada komunikasi yang dilakukan oleh sebuah brand, organisasi, dan perusahaan.
Baca Juga: Perkuliahan Hybrid, Kelebihan dan Kekurangannya
Keunggulan
UMN Digital Learning menyediakan program perkuliahan yang diselenggarakan secara online sebanyak 14 pertemuan, dengan implementasi perkembangan teknologi di dunia pendidikan. Keunggulan tersebut yaitu:
1. Fleksibilitas waktu belajar
Mahasiswa dapat menyesuaikan kapan dan dimana akan belajar, dengan tetap berkomitmen dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan 11 pertemuan asinkron, 3 pertemuan sinkron, dan 2 uji kompetensi (UTS dan UAS).
2. Praktis
Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan menggunakan perangkat komputer, laptop, atau smartphone yang memiliki koneksi internet yang baik dan stabil.
3. Integrasi Learning Management System (LMS)
Melalui Biro Pengembangan Pembelajaran (BPP), UMN mengembangkan LMS yang di dalamnya sudah tersedia materi ajar, tugas, kuis, forum diskusi, ujian, dan buku teks yang mendukung proses pembelajaran.
4. Materi perkuliahan yang interaktif
Materi yang tersedia tidak hanya berupa teks, ada juga video pembelajaran berupa pemaparan dosen, ilustrasi gambar, dan kuis interaktif. Selain itu, terdapat forum diskusi yang memudahkan mahasiswa memberikan tanggapan atas topik diskusi yang disampaikan oleh dosen.
5. Kurikulum sesuai perkembangan industri
Prodi terus mengembangkan kurikulum yang diwujudkan dalam beberapa mata kuliah yang lahir untuk menjawab perkembangan tren industri komunikasi digital, seperti Growth Hacking, Digital Marketing Communication & Data Analytic, dan Social Media & Mobile Marketing Strategy.
6. Terakreditasi Baik Sekali dari BAN-PT
UMN sudah terakreditasi A “Unggul” pada tingkat universitas. Lalu UMN Digital Learning prodi Ilmu Komunikasi terakreditasi B “Baik Sekali”.
7. Kesetaraan dengan mahasiswa reguler
Mahasiswa mendapatkan hak yang sama dengan mahasiswa reguler, seperti kesempatan mendapatkan beasiswa akademik di setiap semester, keikutsertaan dalam kegiatan kemahasiswaan, peminjaman alat di laboratorium, konsultasi dengan dosen pembimbing akademik, pemberian ijazah, dan lainnya.
Baca juga: Apa Itu Kuliah Hybrid: Pengertian dan Perbedaan dengan Kuliah Daring
Kurikulum
Mahasiswa Prodi Strategic Communication akan mempelajari teori dan praktik terkait komunikasi selama masa studi, sebagai berikut:
1. Tahun Pertama
Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar teori komunikasi, pengenalan hubungan masyarakat dan periklanan, diajarkan kritis dan kreatif, serta dikenalkan dengan program-program berbasis multimedia.
2. Tahun Kedua
Mahasiswa akan belajar tentang berbagai bentuk komunikasi mulai dari lingkungan kecil (komunikasi interpersonal) sampai lingkup komunikasi massa. Sehingga mampu memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang hubungan masyarakat dan aktivitas periklanan, yang dilengkapi dengan pengetahuan tentang industri media, politik, isu global, dan analitik data digital.
3. Tahun Ketiga
Mahasiswa mendalami bidang komunikasi strategis dengan mempelajari mata kuliah Corporate Communication Management, Community Relations and Engagement, dan lainnya. Serta mahasiswa diwajibkan untuk dapat melaksanakan program magang.
4. Tahun Keempat
Mahasiswa akan melaksanakan program kewirausahaan dan mengerjakan tugas akhir.
By Annisa Maulida
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id