Mahasiswa UMN Maju ke Final NUDC, Kompetisi Debat English Skala Nasional
Oktober 20, 2020Untuk Menghadapi Industri 4.0, UDL Siapkan Pendidikan Berbasis Digital
Oktober 26, 2020Keluarga Alumni Universitas Multimedia Nusantara (KAMI UMN) menyelenggarakan Webinar Alumni seri ke-2 “Alumni Skill Update” bertajuk “Personal Branding for Professional” pada Selasa (11/10). Di episode kali ini, KAMI UMN mengundang Alumni Ilmu Komunikasi 2009 UMN Stefanie, S.I.Kom., M.Si., AMPR yang merupakan Profesional Public Relations, Akademisi, Ketua KAMI UMN periode 2017-2021.
Stefanie mengungkapkan tujuan dari personal branding adalah untuk mempengaruhi persepsi publik mengenai diri kita di tengah publik maupun industri. Selain itu Stefanie mengungkapkan bahwa personal branding bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas diri dan menjadi pembeda diri kita dengan orang lain.
“Karena di dunia profesional kita memiliki kompetisi, oleh karena itu kita membutuhkan branding yang membedakan diri kita dengan orang lain di luar sana,” ungkap Stefanie.
Menurutnya untuk membuat strategi untuk membangun personal branding secara profesional yaitu dengan menguasai personal branding statement atau elevator pitch.
“Jadi ini (elevator pitch) adalah sebuah strategi untuk memperkenalkan sesuatu brand, jasa atau diri seseorang dalam waktu yang sesingkat dan seefektif mungkin seperti seolah-olah menggunakan elevator,” kata Stefanie.
Lebih lanjut, Stefanie menjelaskan strategi untuk membangun personal branding secara profesional diantaranya adalah menggunakan media sosial yang tepat dengan konten yang relevan dan konsisten, membangun koneksi serta tidak pernah berhenti untuk belajar.
“Meskipun kalian sudah lulus, kalian juga harus tetap belajar. Belajar ini tidak hanya dari kampus, tapi kalian bisa kursus yang bisa meningkatkan pengetahuan atau passion kalian,” jelas Stefanie.
Dikutip dari Forbes, Stefanie menjelaskan bahwa terdapat sepuluh golden rules dalam personal branding salah satunya adalah siap untuk menerima kegagalan.
“Jangan pernah takut untuk menerima ‘no’ dari orang lain dan apapun itu. Jadi ketika kalian menerima ‘no’ dari apapun itu kita bukan menyerah tapi mengupgrade diri kita lagi,” jelas Stefanie.
Dalam acara ini turut hadir Ketua Program Studi Strategic Communication, Inco Hary Perdana, M.Si., pada kesempatan ini Inco mendukung acara yang dilakukan oleh KAMI UMN.
“Justru keberhasilan UMN bisa kita lihat dari Alumni UMN yang di luar (yang sudah terjun langsung ke dunia industri), salah satunya dengan acara ini,” dukung Inco.
Inco juga berpesan kepada peserta webinar untuk tidak takut untuk bermimpi.
“Kalau kita punya goals atau mimpi deh kita mimpi dulu aja gapapa, nanti kamu baru bangun mimpi itu,” kata Inco.
KAMI UMN adalah wadah yang menghimpun seluruh alumni UMN untuk memberi aspirasi dan kontribusi. Kamu bisa melihat informasi Webinar KAMI UMN selanjutnya di tautan ini ya!
*by Reviana Kristin – Universitas Multimedia Nusantara News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id