FIKOM UMN Resmikan Kerjasama Dengan Universiti Teknologi Mara
Oktober 28, 2024Tangerang – Maria Advenita Gita Elmada, S.Kom., M.Kom., mendapatkan kesempatan untuk mengisi acara Conference on Social Responsibility and Sustainable Business in Malaysia. Kegiatan ini dilaksanakan pada (05/10), di Putrajaya, Malaysia.
Pada Conference ICSR 2024 mengangkat tema “Local Solutions to Global Challenges: Communicating Sustainability Initiatives to Diverse Communities”, dan berfokus dalam mengkomunikasikan secara efektif tentang keberlanjutan untuk menjawab tantangan global.
“Konferensi ini menekankan pada pentingnya menyeimbangkan antara standar keberlanjutan global dan kebutuhan masyarakat lokal, dengan eksplorasi peran komunikasi, etika, dan teknologi dalam mendukung keberlanjutan“, jelas Vita.
Vita juga memberikan pengetahuannya dari hasil riset yang baru-baru saja dibuat bersama dosen FIKOM UMN Angga Ariestya, S.Sos., M.Si. Riset ini Vita dan Angga membahas tentang “Director-Led Sustainability Communication in Companies: A Content Analysis of Director Forewords in SRI-KEHATI Indexed Companies’ 2023 Sustainability Reports”
“Riset ini mengidentifikasi bahwa banyak perusahaan masih berfokus pada strategi bisnis dan finansial, dengan tingkat integrasi keberlanjutan yang bervariasi. Saya ingin publik memahami bahwa kepemimpinan memiliki peran penting dalam membentuk narasi keberlanjutan yang kuat dan efektif, sehingga perusahaan dapat meningkatkan strategi komunikasi mereka agar lebih selaras dengan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance)”, lanjut Vita.
Selain itu itu riset yang dilakukan oleh Vita dan Angga berfokus pada laporan komunikasi strategis keberlanjutan perusahaan. Dengan menganalisis 26 laporan dari perusahaan yang masuk dalam indeks SRI-Kehati.
“Kami mengambil beberapa tema utama seperti kepatuhan, orientasi bisnis, dan pendekatan sistemik menggunakan kerangka Landrum. Riset ini memberikan wawasan tentang bagaimana perusahaan dapat menyelaraskan tujuan finansial dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan”, lanjut Vita.
Vita berharap riset ini bisa mendorong para pelaku bisnis untuk terus mengadopsi pendekatan komunikasi yang berkelanjutan yang lebih komprehensif dan integratif. Vita juga menambahkan agar para stakeholder bisnis bisa memperkuat narasi keberlanjutan dan berkomitmen lebih untuk mencapai berkelanjutan di semua aspek operasional.
By Rachel Tiffany Tanukusuma | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id