CAPAIAN KINERJA TRIDHARMA
PRODI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
2023
PENDIDIKAN
- Jumlah mahasiswa baru
Jumlah mahasiswa MIKOM pada saat awal sebanyak 16 orang dan kini sebanyak 65 orang.
IDENTIFIKASI AKAR MASALAH :
-
- Jumlah mahasiswa MIKOM meningkat namun masih dibawah daya tampung. Sebagai program studi baru, MIKOM masih perlu untuk meningkatkan brand awareness sebagai program studi pasca sarjana yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan program studi lain sejenis yang sudah lama.
- Untuk target mahasiswa yang sudah bekerja, lokasi kampus UMN yang mungkin jauh dari Jakarta bisa menjadi salah satu penyebabnya
TINDAK LANJUT :
-
- Intensitas promosi yang lebih gencar, khususnya melalui digital marketing, dengan menonjolkan pada keunggulan program dan testimony dari mahasiswa dan lulusan
- Menawarkan MIKOM ke perusahaan sebagai program peningkatan kompetensi dan karir di perusahaan, melalui skema kerja sama dengan perusahaan (B2B)
- Membuka kelas MIKOM di Jakarta untuk menyasar mahasiswa yang sedang bekerja di Jakarta. Program ini akan dimulai pada semester ganjil 2024
- Program Internasional
MIKOM sudah berhasil menarik mahasiswa asing melalui program student exchange, namun masih sedikit mahasiswa Full time.
IDENTIFIKASI AKAR MASALAH :
-
- Promosi ke luar negeri untuk mengenalkan prodi MIKOM belum dilakukan secara intensif
- Masih perlu menciptakan keunggulan kompetitif prodi yang menjadi daya tarik mahasiswa asing
- Untuk mahasisa student exchange sudah berhasil menarik mahasiswa asing, khususnya dari University of The East, Phillipines
TINDAK LANJUT :
-
- Meningkatkan promosi ke luar negeri, khususnya ASEAN dan Timor Leste melalui digital marketing dan kerja sama dengan KBRI di luar negeri dan keduataan asing di Jakarta
- Menawarkan beasiswa khusus bagi mahasiswa asing
- Menjalin MoU dengan universitas luar negeri, khususnya di ASEAN dan Timor Leste dan meningkatkan kerja sama untuk student exchange
- Menawarkan program khusus yang menjadi keunggulan prodi MIKOM
- Kualitas Mahasiswa
Indikator ini berhasil dicapai dari rata-rata IPK lulusan sudah mencapai 3,42, melebihi target 3,2.
IDENTIFIKASI AKAR MASALAH :
-
- Keberhasilan ini didukung oleh Intensitas pengerjaan publikasi dan tesis yang tinggi serta model pembelajaran yang inovatif melalui case study, mendatangkan dosen tamu praktisi.
- Sebagai faktor penghambat, masih adanya keterlambatan pengumpulan tugas, UTS, atau UAS untuk mahasiswa yang sedang bekerja
TINDAK LANJUT :
-
- Menambahkan case study dan dosen tamu dari praktisi dalam setiap mata kuliah
- Prestasi Mahasiswa
Indikator ini belum sepenuhnya berhasil dicapai karena hanya ada 1 capaian prestasi
IDENTIFIKASI AKAR MASALAH :
-
- Keikutsertaan dalam lomba dan prestasi, khususnya Internasional, membutuhkan motivasi dari dosen dan keaktifan mahasiswa. Sebagai factor penghambat kesulitan mahasiswa dalam membagi waktu antara kesibukan pekerjaan dengan keterlibatan mereka dalam kegiatan di luar perkuliahan (seperti konferensi).
TINDAK LANJUT :
-
- Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penulisan dasar untuk meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah.
- Efektivitas dan produktivitas pendidikan
Indikator ini diukur dari rata-rata masa studi. Indikator ini dinilai sudah berhasil dicapai karena mahasiswa sudah mampu menyelesaikan rata-rata masa studi 1,5 tahun.
IDENTIFIKASI AKAR MASALAH :
-
- Indikator ini berhasi dicapai karena motivasi dosen pembimbing akademik, dosen mata kuliah, dan pembimbing tesis. Namun yang menjadi faktor penghambat adalah motivasi setiap mahasiswa dalam menyelesaikan studi dan kesibukan khususnya mahsiswa yang sedang bekerja.
TINDAK LANJUT :
-
- Proses bimbingan yang lebih intensif untuk memastikan mahasiswa lulus tepat waktu
- Daya saing lulusan
Indikator ini sudah berhasil dicapai dengan persentase kesesuaian bidang kerja lulusan mencapai 100%. Kinerja lulusan dinilai dari hasil survei/ feedback pengguna lulusan dengan mengacu pada 7 indikator BAN-PT & CPL
IDENTIFIKASI AKAR MASALAH :
-
- Umumnya, mahasiswa telah bekerja di bidang komunikasi sehingga setelah selesai, lulusan sudah bekerja sesuai dengan bidangnya.
- Kompetensi lulusan sudah sesuai dengan Capaian Pembelajaran. Feedback tertinggi untuk kompetensi pada indikator kemampuan berbahasa asing, etika, dan kerjasama.
- Untuk mahasiswa yang belum memiliki pengalaman kerja, berusaha untuk bekerja sesuai dengan bidang komunikasi
TINDAK LANJUT :
-
- Peningkatan peran CDC dalam memberikan informasi lowongan kerja
- Peningkatan kerja sama dengan perusahaan bidang komunikasi dalam rekrutmen
- Peningkatan kerja sama dengan perusahaan melalui program peningkatan kompetensi karyawan melalui studi lanjut di MIKOM
- Pembaruan materi kuliah seiring dengan perkembangan teknologi yang berdampak pada keilmuan komunikasi
- Suasana Akademik
-
- Banyak kegiatan akademik yang dilakukan, diantaranya Executive sharing praktisi dan pakar, sebagai dosen tamu.
- Hasil penelitian menjadi bahan ajar perkuliahan
IDENTIFIKASI AKAR MASALAH :
-
- Sudah tercapai. Setiap semester, prodi sudah mengalokasikan waktu dan anggaran untuk mengundang dosen tamu dari praktisi. Namun kerja sama dengan perusahaan masih perlu ditingkatkan
TINDAK LANJUT :
-
- Bekerjasama dengan industri dan asosiasi profesi
- Penelitian
-
- Road map penelitian sudah ada dan selaras dengan Kompetensi Dosen
- Penelitian menjadi salah satu KPI dosen
- Peningkatan jumlah penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa
- Peningkatan jumlah penelitian kolaborasi dosen dengan industri
IDENTIFIKASI AKAR MASALAH :
-
- Kemampuan menulis di jurnal Internasional bereputasi masih perlu ditingkatkan untuk bisa mencapai jurnal terindeks Scopus
- Dengan memasukkan publikasi jurnal sebagai KPI, mendorong dosen untuk aktif melakukan riset dan publikasi
- Penelitian yang didanai oleh hibah dari pemerintah atau industry masih perlu ditingkatkan
- Kolaborasi Penelitian dan Publikasi dengan Mitra Internasional masih perlu ditingkatkan
TINDAK LANJUT :
-
- Pelatihan penulisan jurnal Internasional
- Pelatihan metodologi riset kuantitatif dan kualitatif
- Pelatihan penulisan proposal hibah
- Memberikan pendampingan secara khusus melalui sesi konsultasi antara dosen dengan Penelitian LPPM
- Mewajibkan para dosen untuk dapat melakukan penelitian bersama mahasiswa (SK Keterlibatan Mahasiswa)
- Meningkatkan jumlah mitra Universitas Luar negeri bereputasi dan mendorong implementasi pada bidang penelitian.
- Pengabdian kepada Masyarakat
Sasaran berikut ini tercapai :
-
- Jumlah PkM Dosen dan Prodi sesuai target
- Sasaran PkM mencakup Pemerintah Desa, UMKM, Profesional, Perusahaan
- Pelaksanaan kegiatan PkM yang melibatkan mahasiswa
- Hasil PkM yang dapat dimanfaatkan masyarakat
IDENTIFIKASI AKAR MASALAH :
-
- Masalah masyarakat desa yang ingin dibantu tidak terdeteksi dengan akurat
- Kegiatan PkM dosen masih bersifat parsial dan belum terintegrasi sehingga dampak manfaat yang dirasakan masyarakat belum signifikan
- Masih belum banyak melibatkan mitra industri
TINDAK LANJUT :
-
- Peningkatan Program /kegiatan yang dapat diadopsi riil oleh desa, UMKM, industri
- Meningkatkan jumlah mitra PkM FIKOM UMN / Prodi MIKOM semakin banyak