Simak Banyaknya Prospek Karir Lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV)
September 3, 2022Peluang Karir Data Science Makin Menjanjikan, Mahasiswa Non-IT Bisa Jadi Talenta Data!
September 6, 2022Ilustrasi lulusan komunikasi strategis yang optimis menjalani karirnya. (Sumber : pexels.com)
Komunikasi strategis atau Strategic Communication merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand, maupun perusahaan. Sebagai bagian dari Ilmu Komunikasi, Program Studi Strategic Communication tidak hanya akan mempelajari komunikasi yang dilakukan dalam lingkup personal dan kelompok, namun juga berfokus pada komunikasi yang dilakukan oleh sebuah brand, organisasi, dan perusahaan.
Selain itu, karena dasarnya ilmu komunikasi lahir dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional, ditambah pesatnya perkembangan media di Indonesia, maka tak heran jika prospek kerja untuk para lulusannya cukup bervariasi dan terbuka lebar.
Nah, berikut dengan bekal ilmu komunikasi yang dipelajari di perkuliahan, berikut beberapa pilihan prospek karir terbaik jurusan ilmu komunikasi di Indonesia.
Public Relation
Menjadi seorang public relations secara garis besar menjalankan fungsi-fungsi organisasi atau perusahaan seperti menjalin relasi dengan media, komunitas, konsumen, industri, dan pemerintahan. Public relations juga berperan dalam perwakilan kelompok kepentingan, mediasi konflik, serta hubungan antara karyawan dan investor, maupun menjadi perwakilan organisasi dengan masyarakat.
Public Relations tidak sama dengan marketing, tetapi memiliki kaitan yang sangat erat satu sama lain, jika Public Relations bertugas mengurus seluruh kegiatan komunikasi, maka marketing berkonsentrasi pada penjualan. Kemudian dalam karirnya, seorang public relations juga berperan penting dalam mendukung pemasaran dengan membangun citra produk dan citra perusahaan, mengembangkan loyalitas, hingga mengatasi berbagai masalah pelanggan.
Berkemampuan dalam memprioritaskan dan melakukan perencanaan secara efektif, serta pengetahuan tentang prinsip bisnis, alokasi sumber daya, pemodelan SDM, dan memiliki sudut pandang serta pemahaman akan penjualan dan pemasaran merupakan beberapa tanggung jawab dari seorang public relations. Sekedar info juga, kisaran gaji untuk profesi ini ada diantara Rp.4.500.000 – Rp. 8.000.000.
Baca juga : Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Komunikasi Strategis yang Super Seru!
Copywriter
Profesi Copywriter merupakan profesi pekerjaan yang menjadi kunci pemasaran yang dilakukan perusahaan. Seorang copywriter bertanggung jawab untuk merangkai kata dan konten kreatif dengan tujuan mempromosikan atau menginformasikan suatu produk atau jasa, yang berhubungan dengan citra perusahaan atau brand tertentu.
Copywriter ini berbeda dengan content writer ya. Copywriter lebih berfokus kepada tulisan yang mampu membuat pembaca memutuskan untuk membeli, atau mampu mempersuasi konsumen. Sedangkan, Content writer lebih menekankan kepada tulisan yang informatif, dan edukatif.
Variasi dan peluang kerja copywriter cukup luas, mulai dari membuat slogan sebuah brand, sampai membuat script dialog iklan televisi, caption online shop, hingga menyusun kata-kata untuk suatu poster acara. Profesi ini cocok untuk kalian yang menyukai suasana bebas, suka belajar hal yang baru, atau untuk kalian yang kurang cocok dengan pekerjaan rutin yang sama setiap hari. Sekedar info juga, kisaran gaji untuk profesi ini ada diantara Rp.4.000.000 – Rp. 12.000.000.
Content Creator
Ilustrasi content creator. (Sumber : pexels.com)
Dengan perkembangan media digital dan digitalisasi yang berkembang di Indonesia. Banyak perusahaan, organisasi, atau individu yang berlomba-lomba memasarkan produknya secara online. Salah satunya media sosial (Instagram, Youtube, Tiktok, Twitter, dll). Dalam praktiknya sebenarnya seseorang bisa memulai membuat kontennya sendiri melalui platform internet. Nah, disinilah peran pembelajaran mengenai jurusan komunikasi strategis seperti digital marketing, SEO, analisis pasar dan tren yang akan membantu kalian. Sekedar informasi juga, meskipun di awal prosesnya sebuah content creator masih cukup sarat dengan bayaran. Namun, jika kalian menekuni profesi ini dengan passion dan strategi, kalian bisa mendapatkan kisaran pendapatan sebesar Rp.3.500.000 – Rp.5.000.000 bahkan lebih.
Marketing Communication
Seorang marketing communication bertanggung jawab menyusun dan merancang strategi–strategi komunikasi pemasaran yang tepat sesuai segmentasinya. Seperti contoh dalam kampus UMN misalnya, bagaimana bisa UMN dalam pembukaan mahasiswa baru mengirimkan pesan kalau UMN itu universitas yang keren, berkualitas. Kemudian menggunakan apa media pemasarannya, pakai sosmed dan website atau menggunakan media kompas langsung bahkan, serta cocok tidak pemasarannya seperti yang diharapkan perusahaan dalam hal ini Kompas Gramedia.
Istilah ‘4P’ dalam marketing yakni product, price, place, dan promotion ini juga akrab dan pasti akan sering kalian gunakan dalam profesi ini. Seorang Marcom, dituntut untuk memiliki kemampuan di bidang pemasaran dan komunikasi yang baik. Memiliki skill observant, suka menganalisis untuk memahami keunikan dan kekhasan produk atau jasa perusahaannya, supel, enerjik, dan open minded. Sekedar informasi dari profesi marcom ini kalian bisa mendapatkan kisaran pendapatan sebesar Rp.3.000.000 – Rp.14.000.000.
Event Organizer
Menjadi seorang Event organizer (EO) atau event planner memiliki tanggung jawab sebagai penyelenggara acara, penyusun suatu acara, pengkoordinasi semua bagian yang berperan serta memastikan semua orang menikmati acara yang diselenggarakan.
Mulai dari acara konvensi seperti wedding, birthday, opening business ceremony atau funeral, hingga rapat perusahaan. EO melakukan segala hal yang diperlukan untuk memastikan sebuah acara berjalan dengan lancar, baik itu memilih lokasi, menyediakan katering, dokumentasi foto dan video, akomodasi, transportasi, hiburan, dan vendor lainnya.
Seorang EO harus memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, mulai dari pengelolaan produksi, konsep dan dekorasi hingga acara usai, serta mendedikasikan waktu luang selama acara berlangsung untuk memberikan layanan yang tepat dan mantap ke klien.
Maka dari itu, profesi ini cocok buat kalian yang kreatif, ceria, bersemangat, percaya diri dan optimistis mengenai project-nya sambil tetap mempertimbangkan dan menanggung berbagai resiko yang muncul saat sedang mengambil langkah perencanaan ataupun saat pelaksanaan acara. Sekedar info juga, kisaran gaji untuk profesi ini ada diantara Rp.250.000 (untuk Freelance) – Rp. 3.000.000 (untuk staff EO).
Baca juga : Prospek Kerja Lulusan Jurusan Digital Jurnalistik, Content Writer Hingga UX Writer
Nah, sobat itu dia beberapa prospek karir jurusan komunikasi strategis. Sebenarnya masih banyak lagi prospek karir yang bisa menjadi referensi bagi lulusan komunikasi strategis nih sobat. Semoga beberapa prospek karir di atas bisa menjadi gambaran bagi kalian kedepannya.
Jika sobat tertarik dengan Program Studi Komunikasi strategis atau Strategic Communication di Universitas Multimedia Nusantara, kalian bisa kunjungi official website UMN. Di website tersebut banyak tersedia seputar informasi pendaftaran hingga profil kampus.
Sumber:
By Iglo Montana | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id