Manajemen
Apa itu Manajemen?
Program studi Manajemen UMN ada untuk mempersiapkan para calon manajer profesional dan technopreneur muda dalam menghadapi pesatnya perkembangan industri di Indonesia dan dunia yang banyak dipengaruhi oleh kemajuan di bidang teknologi, informasi dan komunikasi (ICT). Kini, banyak startup dan e-commerce bermunculan dan memberikan sumbangan yang besar bagi perekonomian nasional bahkan dunia. Oleh sebab itu, penting bagi para calon manajer profesional dan technopreneur muda memiliki wawasan dan pemahaman mengenai ICT agar dapat membaca peluang pasar, meningkatkan serta menumbuhkan bisnis mereka.
Kenapa harus pilih
Manajemen UMN?
Manajemen UMN memiliki keunggulan, antara lain menyajikan kurikulum perkuliahan yang up-to-date dengan perkembangan industri yang ada untuk mengasah hard skill mahasiswa serta mengenalkan industri langsung sejak dini kepada mahasiswa melalui Executive Sharing, Plant Visit, dan Business Visit.
Selain itu, keberadaan inkubator bisnis UMN, Skystar Ventures, memampukan lulusannya menjadi technopreneur handal. Melalui program inkubasinya seperti penyediaan funding, workspace, kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ide bisnis, serta mentoring, mahasiswa Manajemen nantinya diharapkan mampu melahirkan startup mapan berbasis teknologi dan internet sejak di bangku kuliah.
Tabel Akreditasi
Akreditasi Nasional |
Akreditasi Internasional |
Tabel Kredit Lulus
Kredit lulus | 145 SKS |
Program Pendidikan Akademik | Sarjana Strata 1 |
Durasi | 4 Tahun |
Bahasa Pengantar | Bahasa Indonesia |
Gelar | Sarjana Manajemen (S.M.) |
Visi & Misi
Visi
Menjadi Program Studi Strata Satu Manajemen unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang manajemen dan bisnis berbasis Information and Communication Technology (ICT) dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.
Misi
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung tenaga pengajar berkualitas, didukung tenaga pengajar professional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan industri.
- Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan manajemen dan bisnis berbasis ICT.
- Memanfaatkan ilmu manajemen dan bisnis dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
Educational Philosophy of Undergraduate Program In Management
Educational philosophy of university were based on the principles of caring, credible, competent, competitive, customer delight, the philosophy of transcendental humanism which is the spirit of Kompas Gramedia Group and the spirit of nationhood, Multimedia Nusantara University provides space for students to become intellectuals who are humanists, ready to face change, compassionate, have a smart and creative global perspective. noble character and beneficial to stakeholders, the development of science, and society.
Aligned to educational philosophy of university called 5C Values (Caring, Credible, Competent, Competitive and Customer Delight), Undergraduate Program in Management had been designing an educational philosophy called “Holistic and Contextual Learning”. Holistic and Contextual Learning process is becoming an instrument on how our program could be delivered and implemented in students’ learning process. It is clearly reflects the implementation of educational philosophy of university which balances the students’ academic achievement with noble characters.
Studi Lanjut
Lulusan program studi Manajemen UMN bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Lulusan bisa mengambil master degree di bidang Ekonomi, Manajemen, Business Administration (M.BA.)
Persyaratan Masuk
- Lulusan SMA jurusan IPA, IPS
- Lulusan SMK Akuntansi, Bisnis, dan Keuangan
Peminatan Prodi Manajemen
Entrepreneurship
Tujuan
Peminatan Business didesain untuk menyiapkan mahasiswa menjadi entrepreneur dengan memanfaatkan kemajuan Information and Communiation Technology, memiliki jiwa kreatif yang tinggi, memiliki kemampuan melihat peluang dan melakukan analisis pasar serta menjalankan bisnis. Mahasiswa akan mempelajari mulai dari pengembangan ide bisnis dengan cara mengidentifikasikan peluang yang ada, melakukan riset pasar, melakukan analisis pesaing, validasi ide, pengembangan ide, mengatasi hambatan, melakukan pitching ide bisnis sampai dengan memulai bisnis. Mahasiswa juga akan mempelajari karakteristik kesuksesan dari bisnis keluarga sehingga dapat dikembangkan menjadi lebih professional.
Prospek Karir
Entrepreneur, Technopreneur, Sociopreneur, Greenpreneur, Womanpreneur
Marketing Management
Tujuan
Mempelajari cara pengelolaan marketing strategy dan marketing program yang unik serta mampu mengimplementasikannya di dunia bisnis, sesuai dengan kondisi pasar terkini dan mampu memanfaatkan segala keunggulan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di dunia bisnis yang dinamis.
Mata kuliah peminatan: brand management, e-marketing, service marketing, integrated marketing communication, marketing research.
Prospek Karir
Technopreneur, Marketing & Brand Manager, Marketing Communication Manager, Product Development Manager, Media Planner, Account Executive, Market Researcher
Financial Management
Tujuan
Mempelajari cara pengelolaan marketing strategy dan marketing program yang unik serta mampu mengimplementasikannya di dunia bisnis, sesuai dengan kondisi pasar terkini dan mampu memanfaatkan segala keunggulan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di dunia bisnis yang dinamis.
Mata kuliah peminatan: brand management, e-marketing, service marketing, integrated marketing communication, marketing research.
Prospek Karir
Technopreneur, Marketing & Brand Manager, Marketing Communication Manager, Product Development Manager, Media Planner, Account Executive, Market Researcher
Human Capital Management
Tujuan
Mempelajari cara pengelolaan sumber daya manusia berbasis kompetesi secara terintegrasi mulai dari job analysis, attracting, developing, maintaining human resource, serta industrial and labor relationship, sehingga diharapkan human capital mampu menjadi strategic planner bagi manajemen perusahaan dalam mencapai company’s goal.
Mata kuliah peminatan: training & development, performance management, organizational management, change management, human capital research
Prospek Karir
Corporate HR (GA, Legal, Recruitment), Employee Relation & Labor Specialist, Compensation & Benefits Specialist, Learning & Organization Development Trainer
Operation Management
Tujuan
Manajemen operasional mengubah resources menjadi produk atau jasa dan membuat perencanaan, desain, pengendalian, dan meningkatkan kebutuhan akan sistem dan proses. Mahasiswa juga aka mempelajari tools dan teknik untuk menganalisis operasional dan konteks strategis dari pengambilan keputusan operasional. Perkembangan yang terjadi di dunia industri akan memperkaya mahasiswa untuk memahami manajemen operasional lebih lanjut.
Mata kuliah peminatan: quality management, advanced operation management, applied ERP, retail management, dan operation management research
Prospek Karir
Quality Control Manager, Operation Analyst, Retail Manager, Logistic Manager, Inventory & Loss Control Manager, District Operation Manager
Kenapa harus pilih
Manajemen UMN?
Manajemen UMN memiliki keunggulan, antara lain menyajikan kurikulum perkuliahan yang up-to-date dengan perkembangan industri yang ada untuk mengasah hard skill mahasiswa serta mengenalkan industri langsung sejak dini kepada mahasiswa melalui Executive Sharing, Plant Visit, dan Business Visit.
Selain itu, keberadaan inkubator bisnis UMN, Skystar Ventures, memampukan lulusannya menjadi technopreneur handal. Melalui program inkubasinya seperti penyediaan funding, workspace, kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ide bisnis, serta mentoring, mahasiswa Manajemen nantinya diharapkan mampu melahirkan startup mapan berbasis teknologi dan internet sejak di bangku kuliah.
Beasiswa Mahasiswa
Jalur beasiswa UMN diberikan bagi siswa-siswi SMA Kelas XII yang memiliki prestasi akademik, olah raga, dan kesenian pada saat di kelas XI. Selain itu, UMN memberikan kepada siswa-siswi SMA/SMK yang memiliki prestasi mendapatkan medali pada Olimpiade Sains Nasional dan Internasional.. Sebagai wujud penghargaan atas pengabdian para guru dan para karyawan/staff dalam mendidik anak bangsa, UMN memberikan beasiswa berupa pengurangan uang pangkal sebesar 50% bagi anak guru/kepala sekolah dan pengurangan uang pangkal sebesar 30% bagi anak karyawan/staff di sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta yang ingin melanjutkan pendidikan di UMN.
Persyaratan Masuk
- Lulusan SMA jurusan IPA, IPS
- Lulusan SMK Akuntansi, Bisnis, dan Keuangan
Mahasiswa diharuskan untuk mengikuti bimbingan akademik minimal 3 kali per semester. Jadwal bimbingan akademik akan diberikan oleh dosen pembimbing akademik masing-masing. Buku bimbingan akademik harus dibawa pada saat melakukan bimbingan akademik dan harus ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik.
Continuing Education Department (CED) adalah program pengembangan pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. Kami memiliki berbagai program dalam kursus bahasa, pengembangan manusia, Pusat Pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, dan program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, serta masyarakat dan profesional.
Mahasiswa dianjurkan mencari sendiri perusahaan / instansi penerima kerja magang yang sesuai dengan fokus Program Studi Manajemen. Informasi lowongan kerja magang dapat diperoleh dari mahasiswa-mahasiswa lain, media sosial, job fair, iklan di media cetak ataupun elektronik dan juga dapat menghubungi staf di Career Development Center (CDC) UMN.
Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Program Sarjana Strata-1 (S-1) di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa harus menyusun, mempresentasikan, dan mempertahankan skripsi, di hadapan dewan penguji skripsi, sesuai dengan ketentuan program studi. Penyusunan skripsi dilakukan secara perorangan dan dibimbing oleh dosen pembimbing yang dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing tersebut.
Sehubungan dengan mulai berlakunya New Normal, maka UMN akan melangsungkan sistem pengajarannya sesuai dengan Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/sipers/A6/VI/2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 Bab Sistem Pembelajaran di Lingkungan Perguruan Tinggi.
Informasi Pengumuman untuk Mahasiswa Aktif
- Informasi Pembimbing Skripsi dan Magang Periode Semester Genap 2020/2021 (click here)
- Informasi Sosialisasi Kampus Merdeka I (click here)
- Informasi Sosialisasi Kampus Merdeka II (click here)
- Informasi Matakuliah Semester Antara 2020/2021 (click here)
- Informasi Kegiatan Klinik Manajemen Periode Semester Genap 2020/2021 (click here)
- Informasi Kegiatan Pembekalan Magang Periode Semester Genap 2020/2021 (click here)
Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.
Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik
Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.
LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN
PkM Independent Fund and PT Internal
PkM-Domestic Financing Outside PT
PkM-Overseas Financing
Rekapitulasi Hak Cipta 2022
Rekapitulasi Hak Cipta 2021
Rekapitulasi Hak Cipta 2020
TESTIMONI
“Saya diberikan banyak kursus terkini. Teori yang diberikan juga diimplementasikan dalam tugas yang diberikan. Program magang dan sertifikasi juga membuat lulusan lebih siap memasuki dunia kerja. Hal ini juga didukung dengan fasilitas yang disediakan, seperti BI Corner dan galeri investasi yang memberikan banyak pengetahuan praktis tentang ekonomi.”
Jong Yodananta
Manajemen UMN 2015 | Business Analyst di PT Bank Central Asia, Tbk
SERTIFIKASI
Information Literacy
Information literacy atau literasi informasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki individu dalam menentukan, mencari, mengelola, mengevaluasi informasi secara efektif dan efisien. Pelatihan ini terbuka bagi Mahasiswa aktif UMN. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: library.umn.ac.id
Peminatan saya di Manajemen Operasional banyak sekali mempelajari konsep baru tentang implementasi di dunia nyata itu harus seperti apa, bagaimana penyelesaian yang tepat untuk setiap problem yang muncul. Selain itu, setiap dosen pengajar di UMN itu punya karakteristik yang berbeda dalam mengatasi perilaku mahasiswanya yang beragam.
Evi Indani
Alumni Operation – Management 2015
Head of Finance & Accounting di PT Maha Baja Sejahtera
Manajemen
“Untuk mempersiapkan technopreur dan manajer profesional yang memiliki kompetensi demikian, program studi Manajemen menyusun kurikulum yang up to date dengan industri untuk mengembangkan hard skill mahasiswa. Selain kuliah secara formal, ada pula Executive Sharing, Plant Visit, Business Visit untuk membantu mengenalkan mahasiswa kepada industri yang sebenarnya.”
Purnamaningsih, S.E., M.S.M.
Ketua Program Studi Manajemen