Magister Ilmu Komunikasi
Kenapa MIK UMN?
Magister Ilmu Komunikasi UMN
Magister Ilmu Komunikasi telah mencapai prestasi yang mengesankan, dengan meraih Akreditasi Unggul dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia (Kemenristek Dikti). Pencapaian ini menunjukkan komitmen UMN untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dengan standar akademik yang ketat, yang berfokus pada pengembangan keterampilan praktis untuk berkembang dalam industri komunikasi yang beragam dan dinamis.
Karena Studi Magister Ilmu Komunikasi mengombinasikan perspektif keilmuan dan perspektif praktis untuk mempersiapkan lulusannya dalam menjelaskan dan memecahkan berbagai macam masalah komunikasi strategis dalam bidang komunikasi pemasaran dan komunikasi korporasi.
Penekanan diberikan terutama pada kemampuan mengantisipasi disrupsi yang disebabkanoleh transformasi digital yang melanda industri dan masyarakat. Dari perpektif keilmuan, program studi ini didesain untuk memberikan pemahaman yang kuat mengenai teori, prinsip, konsep dan metode penelitian dalam bidang komunikasi strategis. Hal ini dikarenakan pergeseran dalam peran profesional yang semakin menuntut penguasaan terhadap pengetahuan strategis tingkat lanjut ketimbang sekedar keterampilan operasional.
Dari perspektif praktis, program studi ini didesain untuk membangun kemampuan mengembangkan inovasi, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan kemampuan adaptif, baik dari suatu organisasi maupun entitas komunikator strategis lainnya.
Sesuai dengan itu, program studi ini menawarkan dua konsentrasi yaitu
- Komunikasi Korporasi Digital (Digital Corporate Communication)
- Komunikasi Pemasaran Digital (Digital Marketing Communication).
Bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan internasional yang kompeten dalam komunikasi strategis digital, berjiwa kewirausahaan, serta berbudi pekerti luhur. Magister Ilmu Komunikasi UMN dapat menghasilkan profil lulusan sebagai berikut: Corporate Communication Manager, Communication Strategic Consultants, Social Media Manager, Digital Marketing, Communication Manager, Brand Manager, Akademisi, Peneliti
Keunggulan.
Magister Ilmu Komunikasi UMN
- Sarana dan prasarana yang mendukung perkuliahan, seperti: collaborative learning, perpustakaan dengan literatur yang memadai, laboratorium collabo-hub, laboratorium produksi multimedia, dan akses jurnal internasional.
- Kerjasama dengan lembaga riset, non-government organization (NGO) pemerintah, industri dan Business Incubator Skystar Ventures untuk pengembangan kewirausahaan menuju technopreneurship.
- Tenaga pengajar yang terdiri dari akademisi dan praktisi yang kompeten di bidangnya.
- Kurikulum yang menekankan pada aspek komunikasi digital, inovasi, manajerial dan budaya yang direpresentasikan.
- Sistem pengajaran yang berbasis multimedia, penggunaan collaborative learning, blended learning, case study, problem solving, dan guest lecturer dari praktisi yang berpengalaman di industri komunikasi. Universitas Multimedia Nusantara
Informasi Akademik
Visi Misi.
Visi Prodi MIK
Menjadi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi unggulan bertaraf internasional yang mampu berperan aktif mengembangkan Ilmu Komunikasi khususnya Komunikasi Strategis Digital yang berwawasan internasional, berpendekatan interdisipliner, berjiwa kewirausahaan serta berbudi pekerti luhur.
Misi Prodi MIK
- Menyelenggarakan pendidikan magister yang berkualitas dengan kurikulum yang adaptif terhadap perkembangan isu-isu global dan berkolaborasi kuat dengan berbagai sektor industri, pemerintahan, dan masyarakat.
- Melaksanakan penelitian dasar dan terapan yang berkontribusi pada pengembangan Ilmu Komunikasi khususnya Komunikasi Strategis Digital, baik secara teoretis maupun praktis.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat bidang komunikasi strategis yang dapat berkontribusi bagi pemberdayaan masyarakat
Visi Misi Fakultas
Visi Fakultas Ilmu Komunikasi
Menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang komunikasi, berbasis logika, etika, dan ICT dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.
Misi Fakultas Ilmu Komunikasi
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas (Excellent teaching) with strong industry collaboration, sesuai dengan sasaran tahap ke 2 Rencana Induk Pengembangan UMN, dengan didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan dunia industri.
- Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan keilmuan komunikasi yang berbasis ICT (Information and Communcation Technology).
- Melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang terkait dengan komunikasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi yang terpercaya dan dunia industri.
Kerjasama.
Informasi Akademik
Konsentrasi.
Komunikasi Korporasi Digital (Digital Corporate Communication)
Konsentrasi Digital Corporate Communication berorientasi pada pemahaman dan keterampilan dalam aspek komunikasi, korporasi, manajemen, bisnis, dan teknologi digital.
Dengan pemahaman dan keterampilan dalam lima aspek ini, lulusan Magister Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi ini mampu meneliti, memahami, dan mengantisipasi perubahan yang berlangsung dalam industri dan masyarakat, serta menawarkan pemecahan terhadap berbagai masalah komunikasi korporasi yang muncul seiring dengan perubahan tersebut.
Misalnya, pembangunan citra korporasi (corporate image), identitas korporasi (corporate identity), dan reputasi korporasi (corporate reputation) melalui pendekatan omni-channel dengan mengintegrasikan pengunaan media digital dan media konvensional.
Komunikasi Pemasaran Digital (Digital Marketing Communication)
Konsentrasi Digital Marketing Communication berorientasi pada pemahaman dan keterampilan dalam aspek komunikasi, pemasaran, manajemen, bisnis, dan teknologi digital.
Dengan pemahaman dan keterampilan dalam lima aspek ini, lulusan Magister Ilmu Komunikasi mampu meneliti, memahami, dan mengantisipasi perubahan yang berlangsung dalam industri dan masyarakat, serta menawarkan pemecahan terhadap berbagai masalah komunikasi pemasaran yang muncul seiring dengan perubahan tersebut.
Misalnya, melalui penyusunan dan penerapan strategi pemasaran terpersonalisasi (personalized marketing) atau penjaminan transparansi pengunaan data (data transparency) dalam pemasaran demi menjamin keamanandata privat pelanggan (consumer data protection).
Informasi Akademik
Persyaratan Masuk.
Magister Ilmu Komunikasi UMN
Persyaratan Masuk
- Isi Lengkap Formulir Pendaftaran Online
- Mengunggah (upload) dokumen di Link Pendaftaran PMB:
- Identitas diri (KTP).
- Fotokopi Ijazah S1.
- Fotokopi nilai S1.
- Sertifikat TOEFL/TOEIC min.475 yang masih berlaku.
- Surat rekomendasi dari perusahaan.
- Mengikuti seleksi ujian masuk, dengan materi:
- Tes Potensi Akademik/TPA.
- Analisa Case Study.
- Wawancara.
- Lulusan Perguruan Tinggi dari berbagai rumpun ilmu selama memenuhi persyaratan.
- Lulusan Perguruan Tinggi yang terakreditasi BAN-PT.
- Semua calon mahasiswa yang diterima diwajibkan mengikuti kelas Matrikulasi.
- Tes Toefl Prediction dapat dilakukan CED UMN
Biaya Tes: Rp. 100ribu ;
Pendaftaran hub. Call Center CED 0896 7324 7721
“Set a Plan, Start Learning and Unlock Your Potential”
Informasi Akademik
Informasi Akademik
Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.
Informasi Akademik
Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik
Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.
LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN
Informasi Akademik
TESTIMONIAL
Informasi Akademik
…This program is currently attended by professionals from varying field and nationalities, with a common goal and that is to internalize the spirit of independence, struggle, entrepreneurship, and technopreneur in the context of strategic communication to contribute to improving the quality of people’s lives through theses, publications of scientific papers and projects…
John Charles V. Andaya
Inkubator Bisnis
Skystar Ventures adalah inkubator teknologi dan ruang kerja yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group (KGG). Kami menargetkan tahap awal startups di sektor Internet, seluler, sosial, pendidikan, dan eCommerce.