Mahasiswa Prodi Informatika UMN Raih Juara Pertama Kompetisi Karya Ilmiah
Oktober 5, 2018Website Baru Fakultas Seni dan Desain UMN: Media Informasi yang Terfokus dan Detail
Oktober 6, 2018TANGERANG – Program Studi Manajemen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan Seminar bertema “Leadership Challenge in Digital Era” di Lecture Theater, P.K. Ojong-Jakob Oetama Tower UMN pada Rabu (3/10). Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini, People & Performance Director South East Asia Kraft Heinz ABC Dudi Arisandi.
Pada kesempatan tersebut, Dudi menyatakan bahwa leadership adalah sesuatu yang bisa dirasakan dan bisa dilihat. “Leadership itu sesuatu yang to see dan to feel, akan berasa. Leadership is like beauty, is hard to be find but you know when you see it,” kata Dudi.
Menurutnya, leadership adalah suatu proses bukan posisi. Adapun tiga komponen yang mempengaruhi leadership, diantaranya leader, follower dan situation. Leadership tidak dapat berjalan apabila salah satu dari ketiga komponen tersebut tidak ada.
Lebih lanjut Dudi menerangkan bahwa saat ini era digitalisasi terjadi di seluruh sektor, di mana terdapat fenomena future employment, seperti flexible working dan flexible hour. Flexible working adalah bagaimana karyawan tidak harus bekerja di kantor, namun karyawan dapat bekerja di mana saja seperti di cafe. Sedangkan Flexible hour adalah bagaimana karyawan dapat datang tidak sesuai jam kantor asalkan pekerjaannya selesai.
“Sebagai leader nantinya kalian harus siap dengan fenomena future employment. Harus siap dan fleksibel. Kalau kita ngomongin industri di era digital ya jangan kaku,” terang Dudi.
Suatu perubahan akan terjadi secara otomatis, bahkan dalam hitungan detik. Untuk itu, Dudi berharap kesiapan diri dalam menghadapi perubahan sangat diperlukan.
“(Saat) kalian menjadi leader ataupun follower, harus siap dalam menghadapi perubahan. Kalian juga harus dapat menerima saran dan terbuka terhadap kritik. Mesti siap dengan komentar-komentar dari tim,” tutup Dudi.
Di akhir seminar, Dudi mengajak peserta untuk bermain trivia secara online dan real time. Permainan ini sebagai contoh bagaimana Kraft Heinz menggunakan pendekatan digital melalui pengumpulan data.
Turut hadir dalam Seminar ini Dekan Fakultas Bisnis UMN Dr.Ir. Y. Budi Susanto, M.M. dan Ketua Program Studi Manajemen UMN Mohammad Annas, S.Tr.Par. M.M., CSCP yang membuka seminar ini dengan sambutan. (*/CRA)
By Reviana Kristin – Universitas Multimedia Nusantara News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id