Mau Jadi Data Scientist? Ini Kompetensi yang Perlu Kamu Miliki!
Juli 29, 2021Kolaborasi Skystar Ventures Dalam Program Super Girls In Tech: Mengatasi Isu Gender Inequality Melalui Tech Enabled Solution
Juli 30, 2021Tangerang – Sebanyak 11 mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bergabung dalam “GEN Z Innovator Search Program” yang diselenggarakan oleh Isobar (a Group of Dentsu Indonesia) bersama Ajinomoto. 11 mahasiswa ini dibagi dalam tiga kelompok akan menjalankan rangkaian program pendampingan ide bisnis yang dibagi menjadi tiga tahap: Trend Spotting, New Biz Ideation, dan Consultancy and Evaluation.
Kelompok pertama dari UMN terdiri dari Chiendova Kesuma, Danielle Grace, Prasasti Rahayu, dan Aldo Hasan. Kelompok kedua terdiri dari Astika Prima, Rachel Anastasia, dan Angelina Sanjaya. Kelompok ketiga terdiri dari Isabella Rosane, Victoria de Greatha, Fellicia Hennita, dan Cherie Jesslyn. Masing-masing kelompok akan didampingi oleh mentor profesional yang berasal dari Isobar.
Irwan Fakhruddin, S.Sn., M.I.Kom. sebagai Dosen Ilmu Komunikasi UMN sekaligus Koordinator Program ini dari UMN menyebutkan bahwa program ini penting dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa, mengasah soft skill dan hard skill, serta memberi pengalaman langsung dalam simulasi sesungguhnya di industri. Program ini sekaligus sejalan dengan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sedang diimplementasikan di setiap universitas di Indonesia.
“Untuk dapat mengikuti program ini, mahasiswa yang terdiri dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Manajemen, Sistem Informasi, dan Desain Komunikasi Visual diseleksi secara ketat untuk memilih masing-masing 3 mahasiswa terbaik. Setelah seleksi, mahasiswa langsung diikutsertakan dalam program GEN Z Innovator Search Program ini, dengan pola kolaboratif yang menggabungkan mahasiswa program studi berlainan dalam satu tim di bawah asistensi Isobar/Dentsu, dan tentunya klien sebagai pemilik Multinational Brand.” ungkap Irwan menjelaskan lebih lanjut terkait proses seleksi mahasiswa UMN untuk mengikuti program ini.
Kick-off program ini dilaksanakan pada Rabu (28/7) secara daring dengan mendatangkan langsung Direktur PT Ajinomoto Indonesia, Tsuneo Ono mewakili Ajinomoto sebagai Brand Owner dan Project Owner program ini. Sr. Advisor Dentsu Indonesia, Janoe Arijanto juga turut hadir bersama mentor yang berasal dari Isobar sebagai Project Leader and Mentor program ini.
Baca juga UMN Terima 20 Mahasiswa dari Program Beasiswa OSC 2020
Setelah Kick-off ini, peserta dengan didampingi mentor akan diajak untuk masuk di tahap awal program, yaitu Trend Spotting. Di tahap ini, peserta akan diajak untuk melihat dan mencari tren yang sedang ada di masyarakat meliputi kebiasaan masyarakat, pengembangan industri, inovasi produk yang berguna untuk merencanakan projek yg akan kelompok kerjakan.
Tahap kedua adalah New Biz Ideation, dimana peserta dan mentor akan merancang sebuah ide bisnis berdasarkan pengetahuan dan informasi yang didapat dari tahap sebelumnya. Di akhir tahap ini, peserta akan diminta untuk mempresentasikan projek yang mereka kerjakan.
Tahap terakhir adalah Consultancy & Evaluation, dimana peserta dan mentor akan melaksanakan pitching ide bisnis yang sudah dikerjakan di tahap sebelumnya. Ide bisnis akan dinilai oleh juri dan tiga ide bisnis akan dijalankan bersama tim dari Ajinomoto.
“Program ini penting bagi mahasiswa untuk merasakan secara langsung bagaimana industri bekerja. Mahasiswa akan belajar secara langsung bagaimana menjadi seorang profesional dalam membangun sebuah ide bisnis hingga dapat diimplementasikan dengan didampingi oleh mentor berpengalaman. Satu hal lagi, program ini juga diimplementasikan di Thailand (dengan Thammasat university) dan Filipina (De La Salle University dan University of the Asia and the Pacific), jadi mahasiswa mendapatkan learning curve sebenar-benarnya dengan real case-real client melalui program global ini.” tutup Irwan menjelaskan harapannya terhadap mahasiswa UMN yang bergabung dalam program ini.
*by Stephanus Novi | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id