Tim UESC UMN Juarai Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Universitas se-Banten

Tim UESC UMN Juarai Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Universitas se-Banten

Unit kegiatan mahasiswa UMN English Student Council (UESC) yang diwakilkan oleh Hansen (Teknik Informatika, 2014), Jesslyn (Public Relations, 2015) dan Justin (Public Relations, 2013) berhasil mengalahkan argumen lawan pada babak final dan lahir menjadi juara pertama lomba debat Bahasa Inggris tingkat universitas provinsi Banten, Kamis (24/11).

Con_uesc1

Pada lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten tersebut mengangkat beberapa topik seperti ekonomi, politik, internasional serta Indonesia dengan isu-isu yang sedang hangat di tengah masyarakat. Topik tersebut telah diumumkan sebelumnya sehingga para peserta dapat mempersiapkan diri. “Kami mencari berbagai informasi dari sumber-sumber terpercaya seperti portal berita nasional maupun internasional,” jelas Hansen.

Tak hanya topik yang telah dipersiapkan, adapula topik yang langsung diberikan saat perlombaan, seperti mengenai edukasi dan media. Untuk menghadapi hal itu, tim UESC UMN mengandalkan pengetahuan yang mereka miliki serta debating skill. Mereka berhasil mengalahkan La Tanza dan Bina Husada di babak penyisihan, Untirta di babak semi final dan bertemu dengan tim kedua dari Untirta di babak final.

Pada babak final, kedua tim berdebat mengenai bisnis online apakah harus dikenakan pajak atau tidak. “Lawan kami memilih untuk tetap mempertahankan keadaan sedangkan kami berusaha untuk mentackle mereka dengan pendapat bahwa bisnis online perlu dikenakan pajak. Strategi kami ialah membalikkan analogi mereka dengan alasan yang masuk akal untuk mengukuhkan jawaban kami,” ungkap Hansen.

Argumen yang kuat membuat lima juri yang terdiri atas dosen-dosen memilih tim UESC UMN sebagai pemenang dari lomba debat tersebut. Penghargaan tersebut diberikan di hotel Marbella Anyer, Kamis (24/11). Prestasi tersebut sekaligus menjadi kemenangan kedua UESC UMN di kompetisi ini setelah berpartisipasi di tahun lalu dan meraih juara kedua.

UESC UMN

Merupakan salah satu UKM di bidang sains dan sosial yang memiliki tiga divisi; debat, spelling bee dan scrabble. Pada divisi debat, anggota akan dilatih oleh para senior untuk dapat memiliki skill debating yang baik, yakni dengan berlatih public speaking, membiasakan berdebat dengan topik-topik yang diberikan, berlatih membuat argumen yang benar, mentackle argumen lawan serta banyak mencari informasi mengenai pengetahuan umum sehingga memiliki “power” untuk menjatuhkan point lawan dan menaikkan point sendiri.

Untuk scrabble, anggota dilatih untuk dapat menghasilkan point yang besar dalam penyusunan kata. Sedangkan untuk spelling bee, masih merupakan divisi yang baru dibentuk. Divisi-divisi yang ada pada UESC UMN disesuaikan dengan lomba-lomba yang ada untuk standard universitas dikarenakan salah satu tujuan UKM ini berdiri adalah untuk berpartisipasi dalam berbagai lomba tersebut. (*)

by Debora Thea – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer|Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia

five × 5 =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =