TF

Tujuan Fakultas Teknik dan Informatika (FTI)

  1. Menyiapkan SDM Indonesia yang kompeten, terampil dan mampu bekerja dalam bidang teknik, rekayasa dan informatika.
  2. Menghasilkan lulusan dengan dasar teoritis dan praktis di bidang teknik, rekayasa dan informatika untuk siap melanjutkan studi, siap dalam bekerja maupun menjadi seorang teknopreneur.
  3. Menghasilkan lulusan dengan standar kompetensi yang diakui secara internasional.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang teknik, rekayasa dan informatika yang menjadi keunggulan UMN.
  5. Membangun masyarakat yang melek terhadap teknologi melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Keunggulan prodi

Program Studi Teknik Fisika merupakan disiplin keilmuan rekayasa yang memiliki peran penting dalam mempelajari diversitas gejala fenomena fisika melalui bekal fondasi kemampuan matematika, sains murni, dan dasar rekayasa yang mapan. Berdasarkan kriteria akreditasi ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology), Teknik Fisika tergolong dalam General Engineering, yang memberi makna bahwa cakupan keilmuan Teknik Fisika sangatlah luas.

Seiring dinamika perkembangan keilmuan, Teknik Fisika terbagi menjadi beberapa kompetensi yang integratif, yaitu Instrumentasi and Kontrol; Fisika Bangunan (Lingkungan Binaan); Manajemen Energi; dan Komputasi and Proses Material. Dari kompetensi-kompetensi tersebut, kompetensi Teknik Fisika yang relatif dirasakan belum begitu dominan terekognisi namun memiliki urgensi yang sangat penting untuk saat ini, yaitu spesifikasi Teknik Fisika dalam bidang manajemen energi.

Lulusan Teknik Fisika pada spesifikasi manajemen energi akan memiliki keahlian khusus dalam mengidentifikasi permasalahan sistem energi baik pada skala bangunan maupun industri. Melalui pemanfaatan aspek-aspek fisika bangunan, seperti HVAC, sistem pencahayaan hingga sistem pemanfaatan energi lainnya, lulusan Teknik Fisika akan mampu memberikan solusi rekayasa tepat guna dalam upaya efisiensi energi serta perancangan bangunan ramah lingkungan berkelanjutan.

Atas dasar konsern tersebut, Program Studi Teknik Fisika UMN (TF UMN) akan memiliki fokus di bidang teknologi dan rekayasa manajemen energi serta fisika bangunan sebagai kompetensi utamanya. Hal ini juga turut menjadi salah satu bentuk keunikan yang membedakan Program Studi TF UMN dengan Program Studi Teknik Fisika serupa di perguruan tinggi lain.

Perlu diketahui bahwa UMN memiliki satu gedung, yaitu New Media Tower, yang mendapatkan predikat sebagai Juara Pertama Gedung Hemat Energi pada Penghargaan Efisiensi Energi Nasional 2013 dan Juara Pertama Energy Efficient Building kategori Tropical Building pada ASEAN Energy Award 2014. Sehingga, mahasiswa TF UMN akan memiliki kesempatan emas dalam memanfaatkan New Media Tower sebagai sarana mempelajari gedung hemat energi secara langsung.

Peminatan Program Studi

a. Simulasi energi dalam gedung/bangunan
b. Audit dan konservasi energi
c. Sistem monitoring konsumsi energi berbasis ICT

a. Analisis sistem termal gedung/bangunan
b. Perancangan, simulasi dan analisis tata pencahayaan

Otomasi Smart Green Building/Smart Room

Menjadi Fakultas Teknik dan Informatika unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer, berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

Menjadi Program Studi Strata Satu Teknik Fisika unggulan yang menghasilkan lulusan kompeten berwawasan internasional dengan fokus pada bidang manajemen energi, yang berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum up to date yang link and match dengan dunia industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan Teknologi Informasi & Komunikasi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi, untuk mendukung kinerja organisasi.
  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan teknologi terbaik yang didukung kurikulum dan tenaga pengajar profesional yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang Teknik Fisika, khususnya bidang manajemen energi dan fisika bangunan.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Fisika khususnya efisiensi energi bangunan serta mendukung proses belajar-mengajar.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan di bidang Teknik Fisika yang bermanfaat bagi pengembangan dunia industri, pemerintah, dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghematan energi dan penggunaan energi ramah lingkungan.

Kurikulum

Pedoman kurikulum Program Studi TF UMN, dibangun berdasarkan pemodelan penalaran capaian pembelajaran yang secara sistematis tersusun sebagai berikut:

TF data

Dari pemodelan penalaran tersebut, kurikulum 2016 Program Studi TF UMN terbagi atas beberapa bobot kategori yaitu:

BOBOT-KURIKULUM-TF

Total beban studi yang dijalankan mahasiswa Program Studi TF UMN selama 8 semester adalah minimal 144 sks, dengan mata kuliah wajib: 132 sks dan mata kuliah pilihan: 12 sks. Mahasiswa diwajibkan mengambil minimal 2 mata kuliah pilihan per semester (semester 6 dan semester 7) sesuai dengan peminatan kompetensi dan topik pengerjaan tugas akhir.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi TF UMN dapat memiliki prospek karir pada bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Industrial Position (oil and gas company, power generator, real estate and property, public service/utility company):
    a. Building Manager
    b. Health, Safety and Environment (HSE) Engineer
    c. Instrument Engineer
    d. Project Engineer
    e. Research and Development
    f. Safety Officer
  2. Consultant
    a. Building Optimization
    b. Energy Eficiency Building Specialist
  3. Renewable Energy Engineer
  4. HVAC Engineer
  5. Lighting Designer, Simulation and Analyzer
  6. Building Acoustic Desginer
  7. Academics and Researcher
  8. Technopreneur
  9. Goverment/Regulatory Agency

Studi Lanjut

Lulusan Program Studi TF UMN memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Lulusan dapat mengambil Master Degree pada bidang:

  1. Energy Management
  2. Sustainable Energy Technology
  3. Energy and Power Engineering
  4. Environmental Building Design
  5. Mechanical Engineering
  6. Computation Science Engineering
  7. Electrical and Electronics Engineering
  8. Control Engineering
  9. Applied Physics

Persyaratan Masuk

Lulusan SMA jurusan IPA
Lulusan SMK jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Mesin, Teknik Komputer, Teknik Elektronika, Mekatronika, Instrumentasi.