Keunggulan prodi

Program Studi Teknik Elektro UMN dibangun atas tingginya kebutuhan akan tenaga ahli dibidang teknik elektro, terutama di bidang otomasi industri, yang selama ini dunia industri di Indonesia amat bergantung pada tenaga ahli dari luar negeri. Bidang otomasi industry dibutuhkan untuk menjalankan proses produksi yang tidak bisa ditangani oleh manusia dan untuk meningkatkan produktivitas.

Teknik Elektro UMN memiliki keunggulan antara lain, membekali mahasiswanya dengan kemampuan teknis yang handal, dan memiliki kemampuan entherpreneurship yang handal, sehingga selain menjadi tenaga ahli teknis yang cakap, juga mampu menggunakan kemampuan teknis untuk menjalankan peluang bisnis. Selain itu, Teknik Elektro UMN memiliki kerjasa- sama yang erat dengan berbagai Industri terkait. Hal ini menjamin tingginya link and match antara kebutuhan Industri dengan proses pendidikan di Teknik Elektro UMN.

Peminatan Prodi Teknik Elektro

Untuk menangani proses yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia dan untuk meningkatkan produktivitas, industri akan makin banyak menerapkan proses otomasi. Program studi Teknik Elektro menghasilkan lulusan yang menguasai prinsip keilmuan teknik elektro, dan terampil khususnya dalam bidang otomasi dan robotik sehingga mampu untuk merancang proses otomasi di sebuah industri dengan memahami berbagai instrumen listrik maupun mekanik (hidrolik, pneumatic), teknik kontrol dan pemrograman komputer.

Menjadi Fakultas Teknik dan Informatika unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang teknik, rekayasa dan informatika, yang berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

Menjadi Program Studi Strata Satu Teknik Elektro unggulan yang menghasilkan lulusan kompeten berwawasan internasional, dengan fokus pada bidang Industrial Automation, berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menjadi Fakultas Teknik dan Informatika unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang teknik, rekayasa dan informatika, yang berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan bidang teknik, rekayasa dan informatika.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam pemanfaatan bidang teknik, rekayasa dan informatika untuk mendukung kinerja organisasi.
  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan teknologi terbaik yang didukung kurikulum dan tenaga pengajar terbaik yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang Teknik Elektro.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Elektro khususnya industrial automation serta mendukung proses belajar-mengajar.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan di bidang Teknik Elektro yang bermanfaat bagi pengembangan dunia industri, pemerintah, dan masyarakat.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi TE UMN dapat memiliki prospek karir pada bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Industrial Position (oil & gas company, power generator, real estate & property, public service/utility company):
    a. Industrial Automation Engineer
    b. Supply Chain expert
    c. Hardware engineer
    d. Plant engineer
    e. Instrument Engineer
    f. Project Engineer
    g. Embedded Engineer
    h. Research & Development (R&D)
  2. Academics & Researcher
  3. Consultant:
    a. Industrial Automation
    b. Instrumentation
  4. Technopreneur
  5. Goverment/Regulatory Agency

Kurikulum

Struktur kurikulum Teknik Elektro UMN memberikan pengetahuan yang luas (breadth) pada dasar kerekayasaan,problem solving, entrepreneurship, serta karakter, dan dalam (depth) pada bidang otomasi Industri. Pada tahun awal perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah inti dibidang teknik, meliputi Matematika (Kalkulus, Aljabar linear, Probabilitas Statistika, Persamaan Diffrensial, Metode Numerik), Fisika (Listrik Magnet, Statika, Dinamika, Fludida, Fisika Modern), Dasar Pemrogaman, serta dasar Teknik Elektro (Rangkaian listrik, Elektronika, Pengolahan Sinyal, Teori Kendali). Setelah itu, mahasiswa akan mendapatkan pelajaran yang mendalam dibidang Otomasi Industri, meliputi PLC & DCS, Sistem Embedded, Mekatronika, Sistem Manufacturing Flexible, dll yang akan memberikan alumni teknik elektro kompetensi yang amat dibutuhkan di dunia kerja.

Studi Lanjut

Lulusan Program Studi TE UMN memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Lulusan dapat mengambil Master Degree pada bidang:

  1. Control Engineering
  2. Electrical & Electronics Engineering
  3. Mechatronics
  4. Industrial Automation
  5. Digital Signal Processing
  6. Sustainable Energy Technology
  7. Industrial Engineering
  8. Computer Engineering

Persyaratan Masuk

Lulusan SMA jurusan IPA
Lulusan SMK jurusan Teknik Elektronika Industri, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Mesin, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Elektronika, Mekatronika, Instrumentasi.

TE2-UMN

back to home