Terakreditasi B

Berita terkini

Keunggulan Program Studi

Dewasa ini, kota-kota di Indonesia menuju konsep Smart City mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan lainnya. Smart City merupakan konsep kota yang cerdas dengan mengintegrasikan informasi dan komunikasi teknologi (ICT) dan Internet of Things dalam mengelolah aset kotanya. Selain itu, pada tahun 2016, sebanyak 150 Juta penduduk Indonesia telah terhubung ke Internet, dan rata-rata penduduk Indonesia memiliki lebih dari 1 ponsel pintar. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia telah bergerak menuju kelas masyarakat cerdas (Smart Society).

Untuk mendukung perkembangan Smart Society, Smart City, maupun Internet of Things, maka program studi Sistem Komputer (SK) UMN berfokus pada Teknologi dan Sistem Cerdas atau Smart Systems and Technologies.

Teknologi dan Sistem Cerdas menggabungkan fungsi penginderaan, komunikasi/konektivitas, dan kontrol untuk mendeskripsikan dan menganalisis situasi, hingga membuat keputusan berdasarkan data yang tersedia secara prediktif atau adaptif.

Sesuai dengan fokus yang dipilih, yakni Smart Systems & Technologies, Program Studi Sistem Komputer UMN memiliki beberapa laboratorium untuk penelitian dan pengembangan sistem & teknologi cerdas; di antaranya adalah Laboratorium Sistem Embedded, Laboratorium Sistem Mikroprosesor, dan Laboratorium Sistem Cerdas (Smart Room).

Selain itu, untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang jaringan komputer, Program Studi Sistem Komputer UMN juga memiliki beberapa laboratorium jaringan komputer dengan teknologi terkini didukung oleh perusahaan internasional ternama seperti Cisco, Huawei, dan Mikrotik. UMN merupakan Huawei Authorized Networking Academy (HANA) yang pertama di Indonesia dan Cisco Networking Academy.

Sistem Komputer Video Profile

Tujuan Fakultas ICT

  1. Menyiapkan SDM Indonesia yang kompeten, terampil dan mampu bekerja dalam
    bidang ICT (Information and Communication Technology).  
  2. Menghasilkan lulusan dengan dasar teoritis dan praktis di bidang ICT untuk siap melanjutkan studi, siap dalam bekerja maupun menjadi seorang  teknopreneur.
  3. Menghasilkan lulusan dengan standar kompetensi yang diakui secara internasional.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang ICT yang menjadi keunggulan UMN. 
  5. Membangun masyarakat yang melek terhadap teknologi ICT melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Peminatan Prodi Sistem Komputer

  • Smart Systems and Technologies
  • Jaringan Komputer Terapan (CISCO)
  • Keamanan Komputer & Jaringan (CEH)
  • Database Lanjutan (ORACLE) dengan dua pilihan Administrator dan Developer
  • SAP
  • Pengembangan dan Pemrograman Game Digital.

Menjadi Fakultas Teknologi Informasi & Komunikasi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer, berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

Menjadi Program Studi Strata Satu Sistem Komputer unggulan yang menghasilkan lulusan kompeten di bidang Mobile Embedded System, berwawasan internasional, berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum up to date yang link and match dengan dunia industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan Teknologi Informasi & Komunikasi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi, untuk mendukung kinerja organisasi.
  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan teknologi terbaik yang didukung kurikulum dan tenaga pengajar terbaik.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Sistem Komputer serta mendukung proses belajar-mengajar.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan di bidang Sistem Komputer yang bermanfaat bagi pengembangan dunia industri, pemerintah, dan masyarakat.

Kurikulum

Mahasiswa Program Studi Sistem Komputer akan dilengkapi dengan pengetahuan yang mendalam mengenai organisasi dan arsitektur komputasi, organisasi dan arsitektur pengingat, Sistem Operasi (termasuk di dalamnya Linux dan Windows serta basis piranti lunak yang bekerja pada sistem operasi tersebut), Bahasa Pemrograman, Algoritma, Implementasi Hardware, Pemrograman Modular pada FPGA, Membangun Device Drivers, Pengembangan Web, Sistem Terdistribusi.

Prospek Karir

Computer System Engineer/System Developer, Network Engineer/Administrator, Software/Hardware Engineer, Embedded System Engineer, System analyst, Interface Designer, Research Assistant, Akademisi, Technopreneur

Studi Lanjut

Lulusan prodi SK UMN bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Lulusan bisa mengambil master degree di bidang Computer Engineering, Information Technology, Data Communication, Mechatronics, Electronics Engineering.

Persyaratan Masuk

Lulusan SMA jurusan IPA
Lulusan SMK jurusan Teknik Komputer, Teknik Informatika, Teknik Komputer Dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak.

Gallery Video Sistem Komputer

back to home