Sistem Informasi UMN Kembangkan SDM Analis Big Data Bersama Cloudera

Sistem Informasi UMN Kembangkan SDM Analis Big Data Bersama Cloudera

Sistem Informasi UMN bekerja sama dengan Cloudera mengembangkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang analisis big data lewat program BASE yang diluncurkan Kamis (24/4) di Jakarta

Sistem Informasi UMN bekerja sama dengan Cloudera mengembangkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang analisis big data lewat program BASE yang diluncurkan Kamis (24/4) di Jakarta.

Program Studi Sistem Informasi (SI) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menjadi salah satu partner  Cloudera, perusahaan yang memfokuskan diri pada Big Data untuk mengembangkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang analisis big data. Kerja sama ini disahkan dalam acara launching program Big Analytics Skill Enablement (BASE) di Jakarta, Kamis (23/3).

Program BASE ini diluncurkan karena adanya kesenjangan antara sumber daya manusia yang paham akan pengolahan big data dengan permintaan perusahaan. Padahal banyak masalah perusahaan yang bisa dicarikan solusinya melalui analisis data.

Program Studi Sistem Informasi UMN berupaya menjadi salah satu wadah untuk melahirkan bibit-bibit unggul ahli analis Big Data. Diharapkan melalui kerja sama dengan Cloudera melalui program BASE ini UMN bisa menjadi penyumbang ahli-ahli analis Big Data profesional untuk perusahaan di dalam dan luar negeri.

(Baca juga: BCA & UMN Sepakati Joint Research di Bidang ICT)

“Cloudera memahami bahwa SDM dari analis big data awalnya pasti berasal dari kampus. Peran kampus sangat luar biasa untuk menghasilkan tenaga kerja di bidang ini. Melalui kerja sama ini, program studi Sistem Informasi UMN mendapatkan benchmark untuk menciptakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan global karena kurikulum yang didesain UMN bukan hanya dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan lokal Indonesia semata. Selain itu, lewat kerja sama ini diharapkan semua ilmu yang didapat oleh mahasiswa up to date dan sesuai dengan standari industri. Dengan demikian, mahasiswa menjadi lebih kompetitif di dunia kerja sekaligus memperkecil gap antara kebutuhan industri dan kemampuan mahasiswa,” ungkap Wira Munggana selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi UMN.

Program Studi Sistem Informasi UMN nantinya mendapatkan materi serta lisensi software dari Cloudera yang akan digunakan dalam kurikulum pembelajaran peminatan Big Data. Materi dan lisensi ini dapat dipergunakan secara bebas oleh dosen, asisten dosen maupun mahasiswa Sistem Informasi UMN.(*)

by: Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

two × four =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × one =