Profil ::

launching-umn-sejarah-banner_2

2005
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mendapat izin Menteri Pendidikan Nasional RI untuk beroperasi pada 25 November 2005. UMN berjalan dalam naungan Yayasan Multimedia Nusantara yang didirikan oleh Kompas Gramedia.

2006
Nusantara yang didirikan oleh Kompas Gramedia. Pada 20 November 2006 keberadaan UMN diumumkan (resmi) di Hotel Santika oleh Dr. Ir Dodi Nandika, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional.

2007
Kuliah perdana angkatan pertama dilaksanakan pada 3 September 2007, dengan mengangkat tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Menyongsong Era ICT.” Guna menyukseskan kuliah perdana, UMN mendatangkan dosen tamu seperti Prof. Dr. Ir. Mohamad Nuh (Menteri Komunikasi dan Informasi), Dr(Hc) Jakob Oetama (Pendiri Kompas Gramedia), Roy Suryo (Pakar telematika), Dra. Puspita Zorawar, M.PsiT (Pakar Komunikasi dan Psikologi).

2009
Pada tahun 2009 dua gedung UMN di Scientia Garden diresmikan oleh Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA selaku Menteri Pendidikan Nasional.

2011
Di tahun 2011, UMN mulai membangun gedung ketiganya. Gedung bernama New Media Tower ini diresmikan pada tanggal 28 September 2012. Konsep hemat energi yang diusung oleh New Media Tower membawanya keluar sebagai juara pertama Energy Efficient Building kategori Tropical Building pada ASEAN Energy Award 2014 dan juara pertama kategori gedung baru hemat energi dalam ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2013.

2013
Skystar Ventures, inkubator bisnis UMN lahir pada 12 Desember 2013. Melalui Skystar Ventures diharapkan UMN dapat mencapai visi untuk melahirkan enterpreneur di bidang teknologi (technopreneur).

2016

Program Studi Baru
Empat program studi baru Universitas Multimedia Nusantara mulai beroperasi.

  • Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Fisika berada di bawah naungan Fakultas Tenik dan Informatika.
  • Program Studi Arsitektur berada di bawah naungan Fakultas Seni dan Desain.
  • Peminatan Sinematografi dan Animasi yang sebelumnya berada di bawah Program Studi Desain Komunikasi Visual menjadi program studi tersendiri, yaitu Program Studi Film dan Animasi.

Skystar Ventures
Pada bulan November 2016, Skystar Ventures dinobatkan sebagai inkubator bisnis terbaik kategori Pendampingan dan Pembinaan terhadap Tenant dari Kemenristekdikti dalam ajang Indonesia Innovations & Innovators Expo (I3E) 2016.

2017
Pengembangan Fasilitas
Guna memperlengkapi perkembangan UMN yang demikian pesat, UMN kembali membangun sebuah gedung berkonsep hemat energi pada Januari 2016. Pada tanggal 27 Januari 2017, dilakukan topping off untuk Tower 3 UMN.

Program Studi Baru
UMN kembali membuka 2 program studi baru, yaitu D3 Perhotelan dan Multimedia Journalism. Multimedia Journalism sebelumnya merupakan salah satu peminatan dari Program Studi Ilmu Komunikasi.

back to home