Program Studi Manajemen UMN Raih Akreditasi A Dari BAN-PT

Program Studi Manajemen UMN Raih Akreditasi A Dari BAN-PT

Setelah ditetapkannya hasil keputusan akreditasi untuk program studi akuntansi pada bulan Juli silam, kini program studi manajemen UMN turut meraih akreditasi A, sebagaimana diputuskan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan tersebut menjadikan kedua program studi Fakultas Bisnis UMN resmi memperoleh peringkat ‘sangat baik’.

Con_akreditasimanajemen

Rektorat dan tim prodi manajemen bersama dengan asesor

Peringkat tersebut menjadi sebuah kabar baik bagi Universitas Multimedia Nusantara, khususnya program studi manajemen. Kerja keras dan kekompakkan antara tim akademisi dan mahasiswa, hasil evaluasi dengan pengguna lulusan, testimonial dari alumni melalui klinik manajemen serta support dari seluruh civitas academica memberikan pencapaian yang memuaskan.

Con_akreditasimanajemen4“Hal ini menjadi penyemangat baru sekaligus langkah maju untuk kami prodi manajemen agar ke depannya bisa memiliki rencana prodi yang lebih baik dan bermanfaat untuk empat peminatan yang ada, serta dapat mencapai road map yang telah dirumuskan,” ungkap Dewi Wahyu Handayani, S.E., M.M., Ketua Program Studi Manajemen UMN.

Menurut Dewi, prodi manajemen telah memiliki road map yang diterapkan di tahun 2016 hingga 2021 yakni Excellent Teaching with Strong Industry Collaboration. Hingga saat ini, pengaplikasian excellent teaching ialah dengan melengkapi mata kuliah dengan Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) yang mendetail, memanfaatkan media e-learning, serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja dosen.

“Prodi juga memberikan lebih banyak kesempatan bagi dosen untuk melakukan pengembangan dengan mengikuti pelatihan dan pengembangan, demikian juga dengan penggunaan kurikulum 2014 yang lebih in line dan adaptif terhadap permintaan industri, diantaranya adanya matakuliah sertifikasi untuk ke-4 peminatan yang ada,” tutur Dewi.

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang dapat melatih mahasiswa untuk dapat mempraktekkan ilmu manajemen seperti pojok bursa atau galeri investasi (bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia), di mana mereka dapat melihat pergerakan pasar modal dan bertransaksi langsung, serta lab simulasi bisnis dan manajemen untuk media praktek bagi mahasiswa-mahasiswi di semester V.

Con_akreditasimanajemen2

Sedangkan unsur strong industry collaboration dikembangkan dengan kerja sama antara prodi dengan Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMA) dan perusahaan untuk menghasilkan program kerja yang dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi, problem solving dan analytical thinking di samping kemampuan kognitif, serta yang dapat memperluas networking dengan industri sehingga mahasiswa semakin siap ketika masuk dunia kerja.

Con_akreditasimanajemen5Pencapaian ini juga menjadi sebuah amanah bagi prodi manajemen serta fakultas bisnis untuk terus meningkatkan kualitas, baik dalam proses pembelajaran, penelitian serta pengabdian, seperti yang diungkapkan oleh Dekan Fakultas Bisnis, Dra. Ratnawati Kurnia Ak., M.Si, C.P.A, C.A. “Peningkatan dalam proses belajar-mengajar di kelas, kualitas dan kompetensi dosen, serta kurikulum yang digunakan supaya inline dengan dunia kerja. Begitupula dengan kualitas dari mahasiswa supaya lebih terserap dengan dunia kerja, kami meningkatkan kerja sama dengan berbagai perusahaan. Dan untuk penelitian, hasil karya mahasiswa dan dosen kami ikut sertakan dalam berbagai forum,” jelas Ratna.

Selamat kepada program studi manajemen dan keluarga besar fakultas bisnis UMN! (*)

by: Debora Thea – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer|Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

12 − 4 =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + nineteen =