Pentingnya Sustainability dalam Arsitektur Modern

Pentingnya Sustainability dalam Arsitektur Modern

con_kuliahtamuarsiAda yang berbeda dengan kuliah pengantar Arsitektur UMN hari ini. Mereka kedatangan dua dosen tamu yang merupakan arsitek profesional, Rika Sjoekri, S.T., IAI dan Aditya Wirawan Fitrianto, S.T., IAI. Keduanya pun berbagi pengalaman mengenai dunia arsitektur serta prospek karier lulusan arsitektur dalam kuliah umum yang dilaksanakan pada Kamis (15/12) ini.

Dalam sesi sharingnya Aditya yang juga menjadi Ketua Bagian Badan Pelestarian dalam IAI menyebutkan bahwa profesi arsitek tidak melulu bicara soal desain. Desain penting tapi lebih penting apabila arsitek juga memperhatikan aspek ligkungan.

“Mendesain sebuah bangunan tidak bisa dipisahkan dengan aspek sustainability. Saat sebuah bangunan berkelanjutan, maka ia akan menjadi bangunan yang juga ramah terhadap lingkungan sekitarnya. Penting bagi seorang arsitek tidak hanya memperhatikan desain tetapi juga kelangsungan kehidupan lingkungan sekitarnya dan bagaimana dampak bangunan yang ia desain terhadap lingkungan tersebut,” paparnya.

Tak hanya itu, ia juga menggarisbawahi akan pentingnya seorang arsitek belajar dan memahami alam sekitar. Baginya, lingkungan sekitar banyak memberikan pelajaran dan input yang tidak dapat diberikan di bangku kuliah.

“Dalam kuliah Arsitektur, ada ekskursi. Di sana kita akan banyak belajar mengenai bangunan yang ada di luar, tidak hanya secara teori yang kita dapat di bangku kuliah. Salah satu contoh pelajaran yang saya dapatkan dari hal ini adalah mengenai desain bangunan tahan gempa. Saat melakukan ekskursi di salah satu daerah di Indonesia  saya belajar bagaimana kayu dipergunakan sebagai bahan bangunan sehingga saat gempa bangunan tersebut malah akan mengikuti goyangan gempa dan tidak rusak,” jelasnya.

Dalam perkuliahan umum ini pula para mahasiswa Arsitektur UMN diperkenalkan dengan berbagai organisasi penting arsitek yang ada di Indonesia dan bisa diikuti saat sudah menjadi arsitek. Beberapa di antaranya adalah IMA, TKI, dan IAI. Para dosen tamu ini pun mengingatkan pentingnya mengambil sertifikasi SKA apabila ingin terjun sebagai arsitek profesional.(*)

by: Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

twelve − 4 =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × five =