Mahasiswa UMN Aplikasikan Ilmu untuk Masyarakat Keranggan

Mahasiswa UMN Aplikasikan Ilmu untuk Masyarakat Keranggan

kuliah kerja nyata Universitas Multimedia Nusantara UMN LPPM

Peserta Kuliah Kerja Nyata Universitas Multimedia Nusantara (UMN) beserta dengan para dosen pembimbing dan masyarakat serta lurah Kelurahan Keranggan dalam pembukaan KKN yang dilaksanakan pada Senin (17/7)

Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), sebanyak 6 mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bermaksud untuk mengabdikan keilmuan yang mereka miliki untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat khususnya di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan. Diharapkan melalui proyek-proyek kerja yang dilaksanakan sejak 10 Juli – 11 Agustus, mereka  dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama usaha kecil dan menengah yang ada di sana.

Keenam mahasiswa tersebut adalah Gabriel Ramachrisna Prapaska (Akuntansi), Vanni Rahmi Putri (Jurnalistik), Fatimah Utami Wulandari (Public Relations), Mahardika Pramudya (Manajemen), Thalia Sari Landi (Sistem Informasi), dan Linda Soegiarto (Public Relations). Dalam KKN ini, mereka akan mengerjakan beberapa program kerja yang terbagi ke dalam empat bidang, yaitu bidang lingkungan, ekonomi, pendidikan, dan sosial.

Adapun dalam bidang lingkungan, para mahasiswa ini bertujua untuk mengajak masyarakat lebih peduli dengan kebersihan lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah dengan memberikan penyuluhan mengenai pembuangan sampah. Nantinya, para  mahasiswa akan menyediakan bak-bak pembuangan sampah yang akan diletakkan di pinggir-pinggir jalan kelurahan.

Lalu, di bidang ekonomi, masyarakat terutama dalam hal ini para pengusaha UMKM Kelurahan Keranggan akan diajak untuk belajar mengenai penghitungan keuangan sederhana dan membuat pembukuan sederhana. Hal ini dinilai penting untuk meningkatkan usaha dan bisnis yang sedang dijalankan.

Dalam bidang pendidikan, mahasiswa dan dosen UMN menggagas mengenai kampung inggris. Ini dimaksudkan agar masyarakat lebih melek Bahasa Inggris. Hal ini sejalan dengan visi Kelurahan Keranggan menjadi Kampung Eko Wisata Industri. Para peserta kampung inggris ini pun nantinya tak hanya diajarkan mengenai Bahasa Inggris saja tetapi juga mengenai digital marketing untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mempromosikan produk-produknya.

Terakhir, di bidang sosial, keenam mahasiswa UMN ini berupaya untuk menata kembali taman bacaan yang ada di Kantor Keluraha Keranggan. Diharapkan melalui hal ini, minat baca masyarakat akan semakin meningkat.

KKN ini disambut positif oleh warga Kelurahan Kranggan. Agus Muhdi selaku Lurah Kelurahan Keranggan menerima dengan baik kegiatan ini. Ia berharap hal ini memberikan manfaat besar bagi kemajuan warga Kelurahan Keranggan. “Semoga ke depannya kerja sama ini bisa berlanjut dan berjalan dengan baik, terutama mengenai keberadaan kampung inggris,” ungkapnya.(*)

By : Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika Sistem Informasi Sistem Komputer Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id