Mahasiswa Manajemen UMN Raih Best Paper di Konferensi Internasional

Mahasiswa Manajemen UMN Raih Best Paper di Konferensi Internasional

Gregorius Ternando Kariady Malatanang (kedua dari kiri), Mahasiswa Manajemen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berprestasi di konferensi internasional ISCOMBUS 2017 yang diselenggarakan di Yogyakarta, Kamis (23/3).

Gregorius Ternando Kariady Malatanang (kedua dari kiri), Mahasiswa Manajemen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berprestasi di konferensi internasional ISCOMBUS 2017 yang diselenggarakan di Yogyakarta, Kamis (23/3).

Mahasiswa Manajemen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menunjukkan prestasinya dalam Konferensi Internasional International Student Conference on Management and Business Studies (ISCOMBUS) 2017 di Yogyakarta pada Kamis (23/3) lalu. Dalam acara, paper Gregorius Ternando Kariady Malatanang (Manajemen, 2013) yang berjudul “The Analysis of Effect of Professionalism and Rewards towards Job Satisfaction and It Implications to Organizational Commitment; Study On Millennial Workers in E-Commerce Industries in Jabodetabek Area” terpilih menjadi Best Paper.

Paper ini meneliti tentang tingkat komitmen organisasi (loyalitas) yang dimiliki Gen Y (Millennial) Workers khususnya millennial workers yang bekerja di industri e-commerce di Jabodetabek. Berdasarkan hasil penelitian paper ini, perusahaan e-commerce juga diberikan pendekatan-pendekatan yang ideal untuk dapat memikat komitmen millennial serta cara meningkatkan profesionalitas, pemberian rewards yang tepat dan cara meningkatkan kepuasan kerja mereka.

(Baca juga: Generasi Milenial Optimis Hadapi MEA)

Nando sendiri mengakui penelitian ini penting dilakukan sebab di masa sekarang generasi millennial sedang memasuki dunia kerja. Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan perkembangan e-commerce tertinggi di dunia. Namun demikian, hasil penelitian Delloite tahun 2016 menunjukkan sebanyak 62% generasi milenial di Indonesia akan meninggalkan pekerjaan organisasinya dalam kurun waktu 5 tahun mendatang.

Gen Y di Jabodetabek memiliki karakter yang open-minded dan outspoken sehingga mereka tidak takut untuk menyampaikan idenya dan memiliki inisiatif yang tinggi. Selain itu, Gen Y haus akan tantangan dan tidak sabaran sehingga ingin meraih posisi setinggi. Karenanya, loyalitas bukan pilihan utama tetapi karierlah yang lebih penting untuk para Gen Y sehingga bila mendapatkan karier yang lebih baik di tempat lain besar kemungkinan Gen Y bisa pindah. Dengan demikian penting bagi perusahaan-perusahaan e-commerce yang merupakan perusahaan favorit Gen Y segera mengantisipasi fenomena ini agar tidak kehilangan karyawan-karyawan terbaik mereka,” jelas Nando.

Pria yang saat ini sedang menempuh magang di Corporate Human Resource – Kompas Gramedia mengaku tidak menyangka papernya akan keluar sebagai Best Paper. Bisa dikatakan ini merupakan pengalamannya pertama kali mengikuti lomba paper internasional dan juga membuat jurnal dalam Bahasa Inggris. “Konferensi ini bisa dikatakan menantang karena sejak awal konferensi hingga saat membawakan paper semua dilakukan dalam Bahasa Inggris,” ungkapnya.

Pengalaman ini diakui Nando memberikan kesempatan besar baginya untuk menguji kemampuan riset serta public speaking. Ia berharap melalui prestasinya ini, UMN bisa diperkenalkan pula ke universitas negeri dan swasta lainnya. “Saya juga berharap ke depannya banyak teman-teman mahasiswa UMN yang bisa mengikuti kegiatan seperti ini dan bisa membanggakan almamater. Tidak bisa dipungkiri mengikuti kegiatan ini bisa memberikan banyak keutungan seperti mendapatkan networking, mengenal orang-orang baru, serta mendapatkan kesempatan berharga,” kata Nando lagi.

Selamat Nando atas prestasinya. Teruslah menjadi kebanggan bagi almamater, persada, dan sesama.(*)

by: Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

7 + nine =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − six =