Batik Ekspresif nan Kreatif Karya Mahasiswa UMN

Batik Ekspresif nan Kreatif Karya Mahasiswa UMN

con_uasbatik

Ada yang berbeda dari ujian akhir semester (UAS) Batik kali ini. Tak hanya pameran karya batik biasa namun kali ini 4 kelas mata kuliah Batik menyuguhkan sebuah fashion show yang menampilkan batik-batik buatan mahasiswa. Karya-karya batik tersebut beraneka ragam, mulai dari baju, rok, dress, kap lampu, tirai jendela, bahkan hingga senapan batik.

Karya-karya ini dibuat dengan kerja keras serta kreativitas dari 200 mahasiswa kelas Batik. Bukan hal yang mudah karena mereka diwajibkan membuat batik-batik tersebut dari nol. Selembar kain putih diwarnai dan dipola sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah batik kontemporer yang bisa menarik hati.

Salah satu karya yang ditampilkan dalam UAS Batik yang dilaksanakan Rabu (11/1) lalu di Lobby UMN adalah Virtual Native Beach. Kelompok yang terdiri daru Andika Dewangga Harlan, M. Abdi Amir, Rifal Alfian, Alfian Rizki Fauzi, Muhammad Fiari Agung, dan Willy Brodus L. Reynaldi ini menyajikan sebuah tirai batik yang bernuansa laut.

Agung mengakui inspirasi membuat tirai ini didapatkan dari kesukaan anggota kelompok pada laut. “Laut memberikan nuansa yang santai dan menenangkan. Oleh karena itu, melalui batik virtual native beach ini kami juga ingin membawa nuansa santai dari pantai kepada orang-orang yang melihatnya,” papar Agung.

Antusiasme dari para mahasiswa mata kuliah Batik diakui Itta Ernawati selaku dosen pengampu mata kuliah ini sangatlah besar. “Saya memutar otak agar mata kuliah ini terasa menyenangkan untuk dikerjakan. Saya bertanya pada mereka apa yang mereka senang untuk lakukan. Saya yakin lewat hobi atau kesukaan mereka itu akan timbul suatu kreativitas yang bisa dituangkan dalam media batik. Saya tidak membatasi apa yang harus mereka buat, saya hanya mengarahkan dan ternyata hasil karya yang ditampilkan anak-anak sangat memuaskan,” kata Itta.

Ia meyakini bahwa apabila sebuah kreativitas tidak dibatasi namun tetap pada koridor yang tepat akan tercipta karya-karya yang luar biasa. Terus berkarya teman-teman Fakultas Seni dan Desain UMN!(*)

by: Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

17 − 10 =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + seven =