Animation Screening Day: Ajang Apresiasi Karya Mahasiswa Animasi

Animation Screening Day: Ajang Apresiasi Karya Mahasiswa Animasi

con_animationappday
Program Studi FTV (Film dan Televisi) mengadakan acara Animation Screening Day yang diadakan di Summarecon Digital Center pada Rabu (22/2). Dalam acara ini, diputarkan animasi hasil karya Ujian Akhir Semester dan Tugas Akhir para mahasiswa peminatan Animasi. Diharapkan melalui ajang ini, hasil karya tersebut mendapat apresiasi pula dari khalayak.

“…dari setiap kelas itu divoting 10 video terbaik oleh mahasiswa langsung, sehingga total ada 50 film yang terkumpul,” tutur Dominika Anggraeni selaku dosen mata kuliah Animation Fundamental. Selain 50 film animasi 2D, 10 film lainnya berasal dari Ujian Akhir Semester mata kuliah Narrative Animation Production dan Tugas Akhir.

Selain pemutaran film, dalam acara ini terdapat penyerahan sertifikat kepada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Animation Fundamental. Ada 4 kategori Award yang diberikan dalam lomba ini. Best Story, Best Visual, Best Short, dan Audience Choice Award.

Adanya award yang diberikan kepada mahasiswa membuat mahasiswa ini berkarya lebih baik di semester berikutnya. “Saya ke depannya ingin bikin film yang level up,” papar Thalita Ken Ludyana yang memenangkan dua award sekaligus yaitu Best Short kelas B dan Audience Choice Award.

“Saya ingin membuat film animasi 2D action dan kalau berhasil ingin menunjukkan kalau sebenarnya animator 2D juga dapat berkarya tidak cuma 3D,” sambungnya.

Film animasi Thalita sendiri berjudul ‘A Little Friend’ yang menceritakan kisah seorang anak kecil yang miskin dan kesepian. Saat anak itu berjalan melewati pertokoan, ia melihat anak perempuan yang sebaya dengannya namun menggunakan pakaian yang lebih bagus. Ia ingin berteman dengan anak itu. Namun anak kecil itu mengurungkan niatnya karena malu. Saat berjalan pulang, anak kecil  itu terjatuh. Beruntungnya anak kecil itu, anak perempuan yang dilihatnya di dekat pertokoan menolongnya. Hal kecil itu membuat anak kecil yang miskin itu sadar bahwa pertemanan dapat terjadi tanpa memandang status dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Berikut adalah nama- nama pemenang award yang diberikan saat Animation Screening Day dilaksanakan:

Kelas A

Best Story – Lobang (I Gusti Ngurah Jayanta)

Best Visual – First Friend (Ika Andiyaningsih)

Best Short – Chasing The Cat (Nada Kamilia)

 

Kelas B

Best Story – Paper Glide (Flaviana Elisa Harlim)

Best Visual – Insomnia (Rizki Ghazhali)

Best Short – A Little Friend (Thalita Ken Ludyana)

 

Kelas C

Best Story – The Thundering Hee Haw (Johanna Febriany)

Best Visual – [ ] (Flora Lim)

Best Short – Milk (Garnish Muhammad)

 

Kelas D

Best Story – The Tower Guardian (Ade Puma)

Best Visual – Presage (Joshua Raphael)

Best Short – Curioused (Mario Saputra)

 

Kelas E

Best Story – The Flower and The Bee (Aldrino Samuel)

Best Visual – Impression (Denise Taslim)

Best Short – A Ride with You (Audrey)

 

Audience Choice Award – A Little Friend (Thalita Ken Ludyana).(*)

by: Livia Kristianti – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

one + twelve =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 6 =