Gathering Buka Bersama BEM 2017 2

Dalam kegiatan ini, BEM UMN mengundang BEM dari Universitas-universitas lain di Tangerang, yaitu STTC Sekolah Tinggi Teknik Cendekia Islamic Village, Surya University, Matana University, dan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Gathering ini mendiskusikan pokok bahasan tentang tindakan konkret oleh BEM sebagai organisator di Kampus untuk dapat mencegah radikalisme di Indonesia, dan juga upaya bisa dilakukan oleh Aktivis kampus dalam upaya mempersatukan kembali bangsa Indonesia.

Gathering Buka Bersama BEM 2017 1

Beberapa poin yang disimpulkan ialah sebagai BEM melalui Public Relation atau PR bertugas menseleksi arus informasi yang masuk ke kalangan mahasiswa. Dalam hal ini harus mengkonfirmasi berita-berita yang mencurigakan, terdapat unsur SARA, dan berbau radikalisme. BEM harus mensaring informasi-informasi apapun dan mencegah berita hoax. Harus dibuat regulasi tertulis tentang hal ini.

Sebagai BEM harus turut menyuarakan kesatuan dan nilai-nilai pancasila dengan kampanye-kampanye yang terpadu dan terus menerus tentang luhurnya nilai-nilai Pancasila dewasa ini. Kampanye dilakukan untuk dapat menekan nilai-nilai radikal dari luar. Kampanye bisa dilakukan melalui media sosial, perlombaan, maupun kegiatan bersama dengan BEM lain se – Tangerang.

BEM harus berkoordinasi dengan universitas dengan membuat gerakan-gerakan nyata di kampus untuk mempererat kebhinekaan Indonesia.

Gathering ini kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan buka bersama.

Big Circle Andy F. Noya

Pada Jumat, 9 Juni 2017, sebanyak 15 mahasiswa UMN mendapat undangan untuk menjadi audiens di acara BIG CIRCLE di studio Metro TV. BIG CIRCLE adalah program talkshow Sociopreneurship Metro TV yang dipandu oleh Andy F. Noya. BIG CIRCLE bukan sekedar program TV, namun lebih merupakan gerakan yang mengajak kaum muda Indonesia untuk menjadi pengusaha yang memberikan  dampak sosial, yang kita sebut sebagai Sociopreneurship.  Program ini menampilkan Sociopreneur muda, innovator dan pengusaha rintisan (startup) yang bisnisnya meningkat luar biasa, para narasumber membagikan pengalamannya dalam membangun bisnis yang memberikan dampak kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya. Hal ini memberikan inspirasi dan mendorong para pemirsa, anak-anak muda Indonesia untuk turut memikirkan dan bertanggung jawab terhadap masyarakat sekitarnya.

juara-Pesta-SOLO-3-Universitas-Multimedia-Nusantara-di-Indonesia

3 judul film karya mahasiswa UMN berhasil meraih penghargaan 20 film pilihan terbaik di ajang PESTA FILM SOLO #7 2017 yang diseleksi dari total 180 judul film. Festival film tingkat umum nasional ini diselenggarakan pada tanggal 11-13 Mei 2017, dan bertempat di Teater Arena Taman Budaya Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Pesta Film Solo #7 2017 diselenggarakan oleh Kine Klub FISIP Universitas Negeri Surakarta.

Film pertama berjudul “Kancut” diwakili oleh Kevin Jonathan (00000018640 / FTV). Kemudian, film kedua berjudul “Rasuk” yang diwakili oleh sang produser Dzikri Aulia Rizaldi (00000017810 / FTV ) dan Budiman (00000018733 / FTV). Lalu ada film “Rumah” karya Novia Puspa Sari (00000018611 / FTV ).i salah satu program kerja rutin tahunan, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) UMN melakukan kegiatan studi bading ke Institut Teknoloi Bandung (ITB) dengan mengangkat tema “United to Make a Change”. Di sana, para peserta yang berjumlah 15 orang diterima dengan baik oleh HMIF ITB.
Dalam studi banding yang dilaksanakan pada Minggu (12/3) ini, diadakan sesi tanya jawab, sharing serta campus visit untuk mengetahui secara mendalam mengenai pengelolaan himpunan yang dilakukan di kampus ITB.

 

Sebagai salah satu program kerja rutin tahunan, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) UMN melakukan kegiatan studi bading ke Institut Teknoloi Bandung (ITB) dengan mengangkat tema “United to Make a Change”. Di sana, para peserta yang berjumlah 15 orang diterima dengan baik oleh HMIF ITB.

Dalam studi banding yang dilaksanakan pada Minggu (12/3) ini, diadakan sesi tanya jawab, sharing serta campus visit untuk mengetahui secara mendalam mengenai pengelolaan himpunan yang dilakukan di kampus ITB.

Berangkat dari kepedulian akan sesama, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) dan Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HIMASIKOM) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melaksanakan program Minggu Berbagi. Program kerja baru ini sendiri dilaksanakan dalam 2 batch berbeda. Adapun batch pertama dilaksanakan pada Selasa (14/3) di SD Rumpak Sinang, Tangerang.

Melalui kegiatan sosial Minggu Berbagi, HIMSI dan HIMASIKOM mendatangi sekolah-sekolah yang tidak memiliki fasilitas mmemadai bagi siswanya. Di sana, para panitia dan dosen program studi Sistem Informasi dan Sistem Komputer UMN kemudian berbagi ilmu kepada para siswa sekolah. Diharapkan melalui kegiatan ini, para generasi penerus bangsa bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dan berguna bagi masa depan mereka.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ultima Sonora (Ulson) dan Komunitas UMN Symphony Orchestra (USO) mendapat kesempatan tampil di acara Indonesia Drummer & Percussion Festival Indonesia 2017 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Mereka membawakan lagu medley Mambo Simbo, Janger, dan Yamko Rambe Yamko.

Penampilan ini berhasil memukau para penonton melalui perpaduan musik daerah dengan string chamber. Kegiatan ini sendiri berlangsung pada 30 Maret – 2 April 2017.

FGD BNN ini adalah kegiatan diskusi dari mahasiswa UMN dengan berbagai perwakilan kampus sekitar yaitu Universitas Matana, Universitas Surya, Prasetiya Mulya yang bertujuan untuk mendiskusikan upaya nyata dalam memerangi narkoba khsuusnya melalui multimedia. Diharapkan dari diskusi ini lahir upaya dan inovasi baru menangani kreativitas mahasiswa dalam menggerakkan berbagai cara untuk memerangi narkoba.

Bertemakan “Mewujudkan generasi Millenial yang aktif dan kreatif melawan narkoba”, hadir Kombes Pol Sulastiana dan wakil dari ARTIPENA (relawan dari perguruan tinggi untuk memerangi narkoba) sebagai pembicara. Kegiatan ini diprakarsai oleh kemahasiswaan dan Duta Anti Narkoba Universitas Multimedia Nusantara (UMN) 2016/2017.

Dua Jam Lebih Dekat (DUDEKA) merupakan kegiatan rutin dari DKBM ini. Di acara yang dilaksanakan pada Jumat (10/3) lalu, DUDEKA mengangkat tema “Berbagi Cerita dengan Rektor UMN”. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Ibu Ika Yanuarti, S.E. , MSF selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Ibu Hira Meidia, PhD selaku wakil Rektor I bidang akademik.

Sebanyak 110 mahasiswa menghadiri kegiatan ini dan melakukan tanya jawab dengan para Wakil rektor tersebut.

Accounting Charity (A-Chart ) merupakan program kerja tahunan di bidang sosial dari Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi ((HIMTARA). Dalam periode kepengurusan tahun ini, HIMTARA melakukan kunjungan ke Graha Lansia Marfati, Tangerang pada Jumat (17/3). Dalam kegiatan tersebut, disusun beberapa acara yang ditujukan untuk menghibur para lansia yang ada di Graha Lansia Marfati, misalnya karaoke bersama dan sharing bersama. Acara tersebut dihadiri oleh 71 mahasiswa program studi Akuntansi dan juga pihak kemahasiswaan UMN.

GEMA-ARTIPENA

Selasa 25 April 2017 lalu , sebanyak 16 mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara menghadiri deklarasi dan Studium eneral Gema Artipena dengan tajuk Tantangan Kebhinekaan dalam era Demokrasi dan Globalisasi.

Acara tersebut dilaksanakan pada pukul 08.30 s.d pukul 13.00 di Balairung Kampus Universitas Indonesia , Depok dan diikuti oleh hampir 5000 mahasiswa dari Area Jabdetabek, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Acara Studium General sendiri disampaikan oleh Bapak kapolri Jendral H.M. Tito Karnavian. Dalam kuliah umum ini Bapak Kapolri menyampaikan bahwa di era demokrasi ini pembangunan sektor ekonomi masyarakat Indonesia belum sepenuhnya tercapai. Batas antara menengak ke bawah dan menengah ke atas ditakutkan akan menjadi penyebab perpecahan bangsa. Selaras dengan harapan agar mahasiswa bisa berbicara banyak untuk pembangunan bangsa, Bapak Kapolri menegaskan bahwa di era globalisasi ini, generasi bangsa harus menjadi pionir pembangunan dengan salah satunya sehat tanpa narkba untuk lebih membangun bangsa.

Dalam acara ini juga dihadiri leh Ketua BNN Indonesia, Rektor Ui, dan Organisasi Artipena Indonesia, yaitu Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba.

Bincang Kantin adalah kegiatan rutin dari organisasi mahasiswa DKBM yang berisi diskusi dan tanya jawab dari mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan pihak kampus. Dalam edisi kali ini yang dilaksanakan pada Jumat (17/3), narasumber yang dihadirkan dari pihak kampus adalah Bapak Andrey Andoko, MSc. selaku Wakil Rektor II UMN. Ada pun tema kegiatan ini adalah “New UMN, New Opportunity”.

Kegiatan Funsport HIMSI 2017

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) UMN menggelar sebuah kegiatan olah raga bertajuk “Fun Sport 2017: Equality in Sport” yang merupakan acara perlombaan persahabatan antar mahasiswa Sistem Informasi lintas angkatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun relasi dan sportivitas mahasiswa SI melalui perlombaan futsal dan bola basket.

Pertandingan futsal dilangsungkan pada tanggal 20-22 April 2017 di Lapangan Futsal Nation Summarecon Digital Center, pada jam 18.00 sampai dengan 21.00. Kemudian untuk perlombaan bola basket digelar pada tanggal 27-30 April di Lapangan Olah Raga Universitas Multimedia Nusantara. Perlombaan futsal dimenangkan oleh grup yang terdiri dari gabungan mahasiswa SI angkatan 2014 dan 2015. Perlombaan futsal berjalan cukup fun dan lancar. Para pemenang akan diberi penghargaan berupa piala dan medali pada acara awarding ceremony tepat setelah babak final selesai dan diadakan langsung di lapangan olah raga masing-masing perlombaan.