Akibat Langsung Perubahan Sosial bagi Arsitektur

Akibat Langsung Perubahan Sosial bagi Arsitektur

con_perubahanarsiMemahami Arsitektur secara tak langsung mewajibkan mahasiswa untuk memahami pula perubahan yang terjadi pada lingkungan sosial, kultur, dan teknologi yang ada. Pemahaman ini dibutuhkan agar saat membuat desain bangunan, para calon arsitek muda ini tidak hanya akan asal dalam membuat rancangan melainkan membuatnya berdasarkan fakta-fakta yang ada.

Oleh sebab itu, pada Senin (20/3) program studi Arsitektur Universitas Mutimedia Nusantara (UMN) mengadakan kuliah umum berjudul Kultur, Teknologi, Perubahan Sosial, dan Arsitektur Akibatnya yang akan dibawakan oleh arsitek sekaligus pendiri Sonny Sutanto Architect, Ir. Sonny Sutanto, M. Arch., IAI di Student Lounge UMN. Dalam kuliah umum ini Sonny mengupas tuntas mengenai perubahan sosial, teknologi, dan budaya masyarakat sejak zaman dahulu hingga sekarang yang berakibat besar pula pada perubahan arsitektur.

Sonny memberikan beberapa contoh pergeseran tersebut. “Perubahan yang terjadi pada kultur akan berpengaruh juga pada bangunan. Misalnya saja bentuk-bentuk yang tadinya khusus digunakan untuk di gereja pada zaman berikutnya bisa juga digunakan untuk bangunan biasa. Inilah awal dari zaman postmoderismen. Perubahan seperti ini tidak bisa dihindari,” katanya.

Sonny juga menceritakan tentang Menara Eifel yang menjadi tonggak bersejarah bagi bangunan arsitektur modern. “Ini merupakan monumen engineering pertama karena di sinilah baja pertama kali diproduksi dan digunakan secara massal. Penghitungan struktur bangunan dari baja pun pertama kali dilakukan. Akhirnya, mendesain dan membangun suatu bangunan tidak lagi dilakukan secara trial & error,”  papar Dosen Luar Biasa Universitas Indonesia ini lebih lanjut.

Diharapkan melalui kuliah umum ini, para mahasiswa Arsitektur UMN bisa mengenal dan memahami konsep-konsep Arsitektur serta bagaimana menyikapi perubahan Arsitektur yang akan terjadi di masa yang akan datang.(*)

by: Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

13 − 6 =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + nine =