Berita terkini

Keunggulan Program Studi

Dalam era ICT (Information and Communication Technology) dan multimedia, kahadiran Akuntan yang memiliki kemampuan dan memahami ICT sangat diperlukan. Program studi Akuntansi UMN mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi  Sarjana Ekonomi di bidang Akuntansi yang profesional dan menguasai aplikasi ICT terkait dengan akuntansi, sekaligus mampu memanfaatkan ICT untuk solusi akuntansi.

Peminatan Prodi Akuntansi

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi di bidang akuntansi dan keuangan, memahami revisi Standar Akuntansi Keuangan sesuai dengan International Financial Reporting Standard (IFRS), memiliki wawasan dan orientasi ICT dan mampu memanfaatkan ICT dalam menjalankan profesi sebagai akuntan, memiliki kemampuan melajukan eksternal audit untuk menilai kewajaran laporan keuangan perusahaan atau sebagai internal audit yang melakukan evaluasi internal dan memberikan saran untuk peningkatan kinerja perusahaan sesuai dengan aturan yang berlaku dengan memperhatikan Kode Etik Profesi Akuntan.

Kurikulum

Mahasiswa akan mendapatkan seluruh mata kuliah inti akuntansi baik Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Auditing, Sistem Informasi Akuntansi, Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, Standar Akuntansi Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, Teori Akuntansi yang dilengkapi dengan mata kuliah Manajemen, Ekonomi, dan ICT. Selain itu, mahasiswa diberikan pendalaman kemampuan di bidang auditing dengan 5 mata kuliah konsentrasi, yaitu Audit Seminar, Praktek Audit, Information System Auditing, Ethics and Corporate Governance, dan Tax Accounting.

Prospek Karir

External Auditor, Internal Auditor, Financial Accountant, Financial Analyst

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi di bidang akuntansi dan keuangan, memahami revisi Standar Akuntansi Keuangan sesuai dengan International Financial Reporting Standard (IFRS), memiliki wawasan dan orientasi ICT dan mampu memanfaatkan ICT dalam menjalankan profesi sebagai konsultan pajak, memiliki kemampuan  melakukan perhitunga dan menganalisis pemecahan masalah sehubungan dengan pemenuhan kewajiban perpajakan sebagai Wajib Pajak, melakukan rekonsiliasi fiskal dan perencanaan perpajakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kurikulum

Mahasiswa akan mendapatkan seluruh mata kuliah inti akuntansi baik Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Auditing, Sistem Informasi Akuntansi, Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, Standar Akuntansi Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, Teori Akuntansi yang dilengkapi dengan mata kuliah Manajemen, Ekonomi, dan ICT. Selain itu, mahasiswa diberikan pendalaman kemampuan di bidang perpajakan dengan 5 mata kuliah konsentrasi, yaitu Akuntansi Pajak, Praktek Perpajakan, Perpajakan Lanjutan, Perpajakan Internasional, dan Seminar Perpajakan.

Prospek Karir

Tax Auditor, Tax Consultant, Tax Specialist

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi di bidang akuntansi dan keuangan, memahami revisi Standar Akuntansi Keuangan sesuai dengan International Financial Reporting Standard (IFRS), memiliki wawasan dan orientasi ICT dan mampu memanfaatkan ICT dalam menjalankan profesi sebagai akuntan, memiliki kemampuan menjadi analis sistem informasi akuntansi dan melakukan perencanaan dan desain sistem informasi akuntansi, serta dapat mengidentifikasi tingkat pengendalian dalam sistem tersebut serta mampu melakukan audit sistem informasi.

Kurikulum

Mahasiswa akan mendapatkan seluruh mata kuliah inti akuntansi baik Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Auditing, Sistem Informasi Akuntansi, Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, Standar Akuntansi Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, Teori Akuntansi yang dilengkapi dengan mata kuliah Manajemen, Ekonomi, dan ICT. Selain itu, mahasiswa diberikan pendalaman kemampuan di bidang Sistem Informasi Akuntansi dengan 5 mata kuliah konsentrasi, yaitu Analisis Sistem Informasi Akuntansi, Pemodelan dan perancangan Sistem Informasi Akuntansi, IT Compliance and Control, Audit Sistem Informasi.

Prospek Karir

System Analyst, Information System Auditor

Menjadi Program Studi Strata Satu Akuntansi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang akuntansi berbasis Information and Communication Technology (ICT), berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas yang didukung tenaga pengajar yang professional dan kurikulum yang up to datedan link and match dengan dunia usaha.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang memberikan kontribusi di bidang akuntansi, keuangan dan perpajakan untuk menjadi centre of excellence.
  3. Memanfaatkan pengetahuan akuntansi, keuangan dan, perpajakan sebagai wujud pengabdian kepada komunitas profesi, dunia usaha dan masyarakat.

Studi Lanjut

Lulusan Program Studi Akuntansi UMN dapat melanjutkan pendidikan baik ke jenjang profesi yaitu PPAk (Pendidikan Profesi Akuntansi) maupun ke jenjang akademis yaitu S2 atau Master degree di bidang Akuntansi, Manajemen dan Business Administration di perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Persyaratan Masuk

Lulusan SMA jurusan IPA, IPS
Lulusan SMK Akuntansi, Bisnis, dan Keuangan